Wednesday , 26 June 2019
Home » Uncategorized » Belajar Resep Beef Teriyaki Khas Jepang yang Menggoyang Lidah

Belajar Resep Beef Teriyaki Khas Jepang yang Menggoyang Lidah

MasakanKeluarga.com – Resep beef teriyaki bisa menjadi referensi masakan bagi Anda pecinta aneka kuliner Jepang. Sajian beef teriyaki seolah tak bisa lepas dari lidah para penggemar kuliner Jepang yang sudah familiar dengan sajian daging sapi yang dipanggang atau dipanaskan lalu dilumuri dengan saos teriyaki. Cara penyajian beef teriyaki memang sangat khas ala Jepang karena dilihat dari resep beef teriyaki yang meliputi cara memasaknya serta bumbu yang digunakan.

Sebetulnya untuk memasak beef teriyaki juga tidaklah sulit dan bisa dikatakan cukup sederhana. Sekilas resep beef teriyaki ini Anda hanya perlu memanggang daging sapi berkualitas lalu celupkan daging tersebut pada saos teriyaki lalu panggang kembali hingga matang. Cara pemasakan daging sapi tersebut disebut ala teriyaki sehingga akan membuat daging terasa legit, manis dan bumbunya meresap.

 

Mengenal Sejarah Resep Beef Teriyaki Khas Jepang

Dibalik rasanya yang lezat dan gurih ternyata sajian beef teriyaki memiliki sejarah tersendiri. Bagi para pecinta masakan Jepang terutama beef teriyaki sebaiknya perlu mengetahui sejarah makanan yang satu ini sehingga Anda memperkaya wawasan Anda mengenai makanan khas Jepang yang satu ini.

Perlu Anda ketahui bahwa teriyaki asalnya dari bahasa Jepang. Dimana kata ‘Teri” yang mempunyai arti bersinar karena adanya kandungan gula di dalam bumbu masakan serta “Yaki” yang berarti dibakar atau dipanggang. Asal mula munculnya sajian beef teriyaki ini diperkirakan muncul pada abad ke-17. Dimana pada abad tersebut para imigran Hawai dengan berkunjung ke Jepang lalu menggunakan berbagai bahan untuk membuat sajian makanan yang akan dikonsumsi.

Berbagai bahan yang dipergunakan oleh para imigran Hawai tersebut akhirnya menemukan jus nanas yang dicampur dengan kecap sehingga menghasilkan rasa manis yang menggoda. Munculnya sajian dengan rasa manis yang lezat, menjadikan teriyaki semakin populer bagi kalangan masyarakat Jepang.

Sajian teriyaki di Negara Jepang biasanya menggunakan bahan dasar ikan yang memang hasilnya begitu melimpah di Jepang. Jenis ikan yang digunakan sebagai bahan teriyaki juga sangat beragam diantaranya marlin, trout, tongkol dan mackerel. Tak hanya dari jenis ikan, berbagai jenis daging hewan juga sering diolah dengan bumbu teriyaki seperti daging sapi, ayam, dan babi.

Perkembangan zaman menjadikan sajian teriyaki kian berkembang dan tak hanya terbatas pada ikan saja. Bahkan sajian tersebut berkembang hingga ke Indonesia dan Amerika. Di Indonesia sajian teriyaki dibuat dari bahan daging sapi atau ayam. Sedangkan di Amerika biasanya teriyaki dibuat dari bahan daging babi dan kambing. Selain itu, masing-masing negara juga melakukan adaptasi resep beef teriyaki pada saus teriyaki dengan menambahkan beberapa jenis bumbu atau rempah.

 

Belajar Membuat Sendiri Beef Teriyaki

Selain memperoleh informasi mengenai sejarah beef teriyaki, Anda juga bisa belajar sendiri membuat beef teriyaki dengan menggunakan resep beef teriyaki yang mudah dan dijamin lezat. Bahkan bagi Anda yang belum pernah sama sekali memasak beef teriyaki, dijamin bisa mempraktikkan resep beef teriyaki. Berikut ini akan dijelaskan langkah-langkah resep beef teriyaki yang bisa Anda praktikkan sebagai hidangan keluarga.

Bahan Beef Teriyaki :

  • 100 gram Paprika merah potong memanjang
  • 100 gram paprika kuning potong memanjang
  • 700 gram Daging sapi potong sesuai selera

Bahan Saus Teriyaki :

  • 6 Sendok makan kecap asin
  • 6 Sendok makan kecap manis
  • 3 sendok makan saus tiram
  • 2 sendok makan madu
  • 2 cm Jahe lalu parut
  • 4 Siung bawang putih
  • 100 gram Bawang bombai potong memanjang
  • ½ sendok the lada hitam
  • 1 sendok makan wijen

Cara memasak beef teriyaki :

  1. Langkah mempraktikkan resep beef teriyaki yang pertama adalah dengan membuat saus teriyaki terlebih dahulu. Silahkan mencampurkan semua bahan lalu aduk hingga tercampur rata. Ketika proses pengadukan, pastikan semua bahan saus sudah tercampur dan tidak ada yang masih utuh.
  2. Masukkan daging sapi yang sudah dipotong ke dalam saus teriyaki yang sudah Anda buat sebelumnya. Pastikan daging sapi terlumuri dengan saus tersebut secara merata lalu didiamkan daging sapi tersebut selama 15-20 menit hingga bumbu meresap.
  3. Panaskan wajan dengan api sedang lalu tambahkan margarin ke dalam wajan atau bisa dengan menggunakan minyak goreng secukupnya. Kemudian masukkan daging sapi yang sudah direndam saus teriyaki ke dalam wajan bersama dengan saus rendamannya.
  4. Masaklah daging tersebut hingga benar-benar matang dan empuk. Selanjutnya tambahkan paprika merah dan kuning lalu masak hingga matang.
  5. Jika semua bahan telah matang, silahkan angkat wajan lalu tuangkan beef teriyaki ke dalam piring atau mangkuk saji. Tambahkan hiasan diatas daging tersebut agar lebih menarik dan semakin menggugah selera.

Resep beef teriyaki seperti yang dijelaskan diatas tergolong praktis dan mudah untuk Anda praktikkan sendiri di rumah. Dengan belajar memasak sendiri beef teriyaki, tentu Anda tak perlu khawatir lagi jika bingung ingin memasak daging sapi tetapi dengan sajian yang berbeda ala Jepang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*