Wednesday , 26 June 2019
Home » Uncategorized » Cara Membuat Ayam Bacem Goreng Yang Super Lezat

Cara Membuat Ayam Bacem Goreng Yang Super Lezat

MasakanKeluarga.com – Di Indonesia ada banyak sekali berbagai macam olahan ayam yang menggugah nafsu makan kita. Salah satu olahan ayam tersebut adalah resep ayam bacem goreng yang sangat nikmat sekali. Apalagi kita bisa memadukan ayam bacem goreng dengan sambal khas Indonesia yang bisa super pedas. Pasti akan membuat kita semakin lapar membayangkannya.

Memang masyarakat Indonesia sangat khas dengan makanan serba bacem seperti tahu bacem, tempe bacem, ayam bacem dan lain-lain. Proses pembaceman ini akan membuat rasa bahan-bahan makanan tersebut jauh lebih enak dan lezat. Bahan yang dibacem sangat khas dengan rasa yang manis dan juga tekstur yang super empuk. Jadi hasil resep ayam bacem goreng akan lebih lembut saat dimakan.

Asal Usul Ayam bacem Goreng

Mungkin kita sudah cukup sering mendengar istilah bacem pada masakan kuliner khas Indonesia. Memang pada awalnya bahan yang dibacem sangat identik dengan makanan orang jawa terutama daerah Jogja. Kita bisa lihat makanan khas Jogja berupa baceman adalah Guged Jogja. Hampir semua bahan di dalam Gudeg tersebut adalah hasil baceman seperti ayam, tahu, nangka muda dan lain-lain.

Perpaduan antara rasa gurih dan manis membuat masakan bacem memang selalu dirindukan banyak orang. Kata bacem sendiri memiliki arti merupakan bahan makanan yang direbus dalam air yang sudah diberi kecap dan bumbu. Proses perebusan  semua bahan ini harus sampai benar-benar kering agar semua bumbu bisa meresap sempurna ke dalam bahan makanan.

Awal mula munculnya resep ayam bacem goreng ini berawal dari kelezatan bahan makanan seperti ayam yang sudah melalui proses bacem. Jadi akan terasa lebih nikmat lagi jika bahan makanan tersebut diolah seperti digoreng dan ditambahkan aneka bumbu pendukung lainnya. Proses pembaceman sendiri mulai terpikirkan sekitar abad kesembilan belas. Dengan bahan utama proses bacem berupa gula merah.

Karena memang pada saat itu daerah Jawa Tengah dan sekitarnya sangat khas dengan makanan-makanan yang manis. Sehingga gula merah dipilih sebagai bahan utama proses pembaceman. Selain itu pada jaman dulu daerah Solo Jawa Tengah juga terdapat banyak sekali tanaman tebu sebagai salah satu proyek tanam paksa Belanda. Sehingga harga gula di sekitar Solo jauh lebih murah dan mudah sekali didapatkan.

Bahan dan Cara Membuat Resep Ayam Bacem Goreng

Nah, bagi kita yang penasaran dengan rasa ayam bacem goreng saat ini bisa memasaknya sendiri di rumah. Karena cara membuat menu masakan yang lezat satu ini cukup mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja di rumah. Berikut ini beberapa bahan dan juga tahapan dalam membuat resep ayam bacem goreng :

Bahan :

  • 1/2 Kilogram Daging Ayam segar yang dipotong sesuai selera
  • 6 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 batang serai
  • 6 butir kemiri
  • 1 ruas lengkuas atau laos
  • 2 lembar daun salam
  • 6 sendok kecap manis
  • 3 sendok makan air asam jawa
  • 100 gram gula merah
  • 4 gelas air kelapa
  • 1 sendok teh garam dan
  • minyak goreng secukupnya

Cara Membuat :

  1. Tahap pertama membuat resep ayam bacem goreng adalah kupas dan halus terlebih dahulu bumbu seperti bawang merah, bawang putih dan kemiri. Hancurkan sampai benar-benar halus.
  2. Selanjutnya siapkan panci khusus untuk merebus lalu masukkan air kelapa tadi ke dalam panci.
  3. Lalu masukkan bumbu halus yang sudah kita buat dan tambahkan bumbu lain seperti garam, gula merah, daun salam, lengkuas atau laos, air asam jawa dan batang serai. Aduk semua bumbu tersebut sampai tercampur dengan air kelapa tadi.
  4. Langkah membuat resep ayam bacem goreng selanjutnya adalah cuci daging ayam sampai bersih lalu masukkan juga ke dalam panci tadi. Aduk sebentar agar bumbu bisa bercampur dengan daging ayam. Lalu rebus sampai semua bumbu bisa meresap ke setiap bagian dalam daging ayam.
  5. Ketika air kelapa mulai berkurang, tambahkan kecap manis dan aduk dengan perlahan agar kecap manis ikut bercampur dan diamkan sampai daging ayam benar-benar matang sempurna dan air kelapa mulai mengental.
  6. Sambil menunggu daging ayam matang sempurna, panaskan terlebih dahulu wajan dengan minyak goreng secukupnya. Usahakan menggunakan api yang sedang saja agar daging ayam tidak gosong.
  7. Setelah ayam matang, masukkan langsung ke dalam wajan penggorengan dan goreng sampai ayam tersebut berubah warna. Atau kita juga bisa menggoreng ayam bacem tersebut sampai kering, sesuaikan saja dengan selera kita.
  8. Terakhir angkat dan sajikan ayam goreng bacem dengan sambal agar lebih nikmat.

Memang jika kita menggoreng daging ayam pada resep ayam bacem goreng tidak perlu menambahkan bumbu lagi. Karena daging ayam tersebut sudah mengandung banyak sekali bumbu saat proses bacem tadi. Jadi saat daging ayam sudah matang dari proses bacem, maka bisa langsung digoreng pada wajan penggorengan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*