Friday , 20 September 2019
Home » Uncategorized » Cara Membuat Jajanan Arem-Arem Ayam yang Enak dan Mengenyangkan

Cara Membuat Jajanan Arem-Arem Ayam yang Enak dan Mengenyangkan

MasakanKeluarga.com – Indonesia adalah salah satu negeri yang memiliki beragam masakan tradisional. Walaupun masakan tradisional, namun masalah rasa tidak akan kalah dengan masakan jaman sekarang. Salah satu makanan tradisional yang tetap populer dan favorit bagi beberapa kalangan masyarakat adalah arem-arem ayam. Apalagi mereka bisa membuat resep arem-arem ayam dengan mudah di rumah.

Arem-arem sendiri merupakan salah satu makanan tradisional yang identik dengan jajanan pasar. Memang kita bisa menemukan arem-arem ini dengan mudah pada pasar-pasar tradisional. Namun jika kesulitan mencarinya, kita bisa membuat sendiri resep arem-arem ayam yang enak dan lezat. Selain itu arem-arem ini juga cukup mengenyangkan dan isinya berupa ayam akan sangat bergizi bagi tubuh kita.

 

Asal Usul Jajanan Arem-arem Ayam

Jajanan ini asal mulanya dari daerah Kebumen, Solo dan daerah Jogja. Bahkan ada sebuah makna filosofi dari arem-arem ini. Makna arem-arem adalah di atas kita masih ada orang yang jauh lebih hebat. Makna ini tergambar dari komposisi arem-arem yaitu bagian luar berupa daun pisang muda yang tidak berarti apa-apa. Daun pisang akan kalah dengan isi di dalamnya yang jauh lebih enak dan lezat.

Makanan tradisional arem-arem sangat khas untuk menemani saat pagi hari kita dengan secangkir teh ataupun kopi. Sekilas memang jajanan ini sangat mirip dengan lemper karena menggunakan bahan dasar yang hampir sama dan isinya juga hampir sama. Namun resep arem-arem ayam dibuat dengan porsi yang lebih besar daripada lemper dan dengan isian berupa ayam dan sambel goreng.

Sebenarnya isi dari arem-arem ini sangat beragam sekali setiap daerahnya. Karena tiap daerah memiliki sebuah makanan khas yang menjadi ikon seperti halnya Jawa Barat dengan oncomnya. Sehingga arem-arem divariasikan dengan isi berupa oncom pedas, ditambah wortel , kentang dan bihun. Berbeda lagi dengan Jakarta. Kita akan menemui arem-arem dengan isi kekinian seperti daging cincang dan mayonais serta saos di dalamnya.

 

Bahan dan Cara Membuat Resep Arem-Arem Ayam

Nah, bagi kita yang ingin mencicipi nikmatnya jajanan tradisional ini, kita bisa membuatnya sendiri di rumah. Kita bisa menentukan sendiri apakah arem-arem akan dijadikan jajanan dengan porsi kecil atau dijadikan makanan utama dengan membuat porsi yang besar-besar. Bahan yang kita butuhkan juga sangat simpel dan mudah dicari. Berikut ini cara membuat resep arem-arem ayam :

Bahan Utama :

  • 250 gram beras putih yang sudah dicuci bersih
  • 3 gelas santan
  • 2 sendok teh garam
  • 1 helai daun pandan segar
  • daun pisang secukupnya untuk membungkus

Bahan Isi Arem-Arem

  • 1/2 gelas air
  • 2 buah cabai rawit
  • 3 buah cabai merah keriting
  • 100 gram ayam yang sudah digiling
  • 150 gram tahu
  • 1 buah wortel segar
  • 1 sendok makan minyak
  • 3 siung bawang putih
  • 2 siung bawang merah
  • 1 batang daun bawang segar
  • 1/2 sendok teh garam dapur
  • 1 sendok teh gula
  • 1 sendok makan kecap manis
  • 1 sendok teh kecap asin
  • 1/4 sendok teh merica halus

Cara Membuat Isian Arem-arem:

  1. Tahap pertama membuat resep arem-arem ayam adalah kupas lalu haluskan bawang putih dan bawang merah. Dan cincang cabai merah keriting sampai menjadi bagian kecil-kecil
  2. Lalu potonglah tahu menjadi bagian kecil-kecil dan goreng sampai setengah matang.
  3. Kupas juga wortel lalu potong berbentuk dadu kecil dan juga iris tipis daun bawang.
  4. Kemudian panaskan wajan dengan minyak goreng sedikit lalu tumis bumbu berupa semua bawang dan cabai sampai mengeluarkan aroma harum.
  5. Setelah itu masukkan ayam yang sudah digiling tadi dan tumis sampai matang.
  6. Kemudian masukkan juga tahu dan wortel, lalu tambahkan kecap manis, kecap asin, merica, garam dan gula pasir. Selanjutnya aduk semua bahan tersebut sampai benar-benar tercampur dan matang.

Cara Membuat Lontong Arem-Arem

  1. Siapkan panci khusus untuk merebus lalu masukkan santan, garam dan daun pandan bersih. Lalu rebus sampai mendidih.
  2. Kemudian resep arem-arem ayam selanjutnya masukkan beras ke panci tersebut dan aduk sampai santan benar-benar meresap dan mulai mengental.
  3. Ambil adonan secukupnya sesuai selera ukuran arem-arem dan letakkan pada daun pisang. Lalu berikan isian yang sudah kita buat tadi pada bagian dalam adonan beras tadi. Kemudian bungkus seperti model bungkus lontong.
  4. Langkah selanjutnya adalah kukus semua adonan yang sudah dibungkus tadi dengan api sedang sekitar 1 jam. Atau sekiranya sampai benar-benar matang.
  5. Jika sudah matang, angkat dan dinginkan sebelum dimakan.

Sebenarnya mudah sekali membuat resep arem-arem ayam ini. Bahkan tidak memerlukan keahlian khusus untuk memasaknya. Selain itu kita bisa menambahkan berbagai macam isi pada arem-arem sesuai dengan selera kita atau anggota keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*