Friday , 20 September 2019
Home » Uncategorized » Cara Membuat Resep Cireng Salju Renyah Sambal Rujak

Cara Membuat Resep Cireng Salju Renyah Sambal Rujak

MasakanKeluarga.com – Resep cireng salju renyah dan tidak alot adalah resep kuliner tradisional khas Bandung yang cukup terkenal. Pada dasarnya ada beberapa kudapan khas Bandung yang tidak kalah populer di masyarakat dengan bahan dasar aci seperti cilok, cimol, tahu aci, dan tentunya cireng. Citarasa gurih yang diberikan membuatnya digilai oleh pencinta kuliner Nusantara, meskipun hanya makanan dengan bahan sederhana.

Diantara beragam jenis kuliner asal Bandung yang disebutkan diatas, salah satu yang paling mendapat perhatian yakni cireng. Perlu diketahui, cireng sendiri adalah kuliner asal Bandung ini terbuat dari bahan-bahan sederhana dan menjadi cemilan lezat untuk masyarakat Indonesia. Saat ini cireng tak hanya bisa ditemui di Bandung saja namun sudah mulai menyebar ke berbagai kota di Indonesia. Semakin populer cireng, banyak orang bereksperimen dengan cemilan ini. Salah satu variannya yang terkenal adalah cireng salju.

Lalu, apakah cireng salju itu? Dan bagaimana cara membuat cireng salju?

Cireng sendiri yakni jajanan tradisional yang bahan dasarnya adalah tepung aci atau tapioka dan dicampur saos cireng. Saos cireng sendiri ada beberapa tergantung dari selera. Resep cireng salju sendiri pada dasarnya sama dengan resep cireng lainnya, dan memiliki citarasa krispi yang lebih, lezat, serta gurih, apalagi ketika ditambah dengan sambal rujak spesial.

Jajanan tradisional ini terbilang terjangkau untuk kantong pelajar, dan bisa dibuat sendiri dirumah. Membuat resep cireng satu ini tentu akan lebih menyenangkan sebab kualitas bahan dan jumlahnya bisa kita tentukan lebih banyaknya.

 

Resep Cireng Salju Renyah Sambal Rujak

Resep cireng saljur sambal rujak bisa dibuat sendiri dari bahan-bahan yang mudah dijumpai di pasar atau pusat perbelanjaan seperti daun bawang, bawang putih, santan, dan tepung tapioka.

Untuk hasil yang maksimal, pastikan memilih tepung tapioka dengan kualitas terbaik. Baiknya tepung tapioka ditandai dengan tepung yang bewarna putih bersih tanpa ada kotoran dan aromanya tidak berbau. Pemilihan tepung yang tepat mampu memberikan citarasa cireng yang lebih krispi dan renyah. Sementara untuk meningkatkan rasa lezatnya, Anda bisa menggunakan penyedap rasa kaldu ayam.

Selain rasa cireng yang khas, sambal rujak sebagai pelengkap dengan rasa pedas dan asam membuatnya semakin nikmat disantap. Untuk itu, pada ulasan kali ini, tak hanya resep cireng, namun resep dari sambalnya akan kami sajikan.

 

Bahan Resep Cireng Salju

  • Tepung tapioka ¼ kg, sisihkan 1 sendok makan
  • Bawang putih 2 butir, haluskan
  • Santan instan ½ bungkus
  • Penyedap kaldu rasa 1 sachet
  • Daun bawang 1 batang, potong kecil
  • Minyak goreng, garam dapur dan air matang secukupnya

Cara Membuat Resep Cireng Renyah

  1. Pertama-tama sediakan wadah berukuran sedang untuk mencampur adonan cireng, masukkan kedalamnya tepung tapioka, bawang putih sudah dihaluskan, daun bawang yang di potong kecil, dan penyedap kaldu ayam aduk semua sampai tercampur sempurna, lalu sisihkan
  2. Berikutnya siapkan panci yang berisi air, nyalakan api sedang dan tunggu air hingga mendidih
  3. Setelah mendidih kecilkan api, lalu masukan santan secara perlahan sambil terus di aduk pelan hingga matang (pastikan santan tidak pecah)
  4. Kemudian masukkan santan yang sudah matang ke dalam wadah berisi adonan pada tahap pertama dan tambahkan garam secukupnya, lalu aduk sampai semua merata
  5. Saat adonan sudah dingin aduk dengan tangan atau uleni hingga kalis dan tidak lembek atau kandungan air didalamnya menguap
  6. Selanjutnya lumuri tangan anda menggunakan tepung tapioka, bentuk adonan sesuai selera dengan ukuran sedang dan lakukan hal ini sampai habis
  7. Setelah adonan selesai dicetak, siapkan penggorengan dengan api besar dan masukkan minyak goreng, ketika minyak panas kecilkan api
  8. Masukkan adonan cireng yang sudah di bentuk ke dalam penggorengan, masak hingga adonan matang, angkat dan tiriskan

 

Bahan Bumbu Rujak

  • Cabai rawit 5 biji (sesuai dengan selera)
  • Asam jawa secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • Garam dapur secukupnya
  • Terasi secukupnya
  • Air matang secukupnya

Cara Membuat Sambal Rujak

  1. Sediakan panci berukuran kecil dan didihkan air
  2. Haluskan semua bahan bumbu rujak, selanjutnya masukkan semua bumbu ke dalam air yang sudah mendidih
  3. Aduk sambal sebentar sampai bumbu matang, angkat dan sisihkan

Langkah terakhir setelah semuanya siap yakni penyajian. Untuk penyajiannya, siapkan cireng di wadah dengan tambahan sambal rujak. Sambal bisa disiramkan ataupun disediakan wadah terpisah. Tambahkan cabai pada sambal rujak jika Anda termasuk pecinta kuliner pedas.

Bagaimana? Mudah bukan mempraktekkan resep cireng salju sambal rujak? Rasa yang gurih, renyah, dan krispinya tidak akan kalah dengan yang dijual oleh penjual cireng asli Bandung. Selain bahan yang mudah, proses pembuatannya juga tidak memerlukan waktu lama.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*