Friday , 13 December 2019
Home » Uncategorized » Ini nih Resep Ayam Kremes yang Bisa Bikin Nagih Terus!

Ini nih Resep Ayam Kremes yang Bisa Bikin Nagih Terus!

MasakanKeluarga.com – Mendengar kata ‘ayam’ pasti kebanyakan dari Anda langsung mengarah kepada berbagai macam olahan lezat berbahan daging ayam. Berbagai kreasi olahan makanan dari daging ayam selalu bisa menarik perhatian, salah satunya resep ayam kremes.
Berikut ini, resep ayam kremes yang pasti bisa membuat Anda dan keluarga ingin nagih terus karena kelezatannya.

Resep Ayam Kremes
Bahan-Bahan
· ½ kg ayam kampung (boleh hanya bagian paha atau sayap)
· 1 sachet santan bubuk dan sedikit air sebagai pelarutnya
· 2 lembar daun salam
· 2 batang daun sereh
· Gula dan garam secukupnya
· Penyedap rasa secukupnya
Bumbu-Bumbu
· 6 siung bawang merah
· 4 siung bawang putih
· Ketumbar secukupnya
· 4 butir kemiri
· 1 cm kunyit
Bahan Untuk membuat Kremes :
· 125 gram tepung sagu
· 2 sdm tepung beras
· 300 ml air kaldu rebusan daging ayam
· 1 butir telur
Cara membuat Resep Ayam Kremes:
1. Potong ayam sesuai selera.
2. Haluskan semua bumbu-bumbu resep ayam kremes.
3. Rebus ayam, bersama dengan bumbu halus, santan (yang sudah dilarutkan sebelumnya), daun sereh, garam, gula di dalam wajan. Masak menggunakan api kecil sampai semua bumbu tampak meresap.
4. Sambil menunggu ayam diungkep bersama bumbu, Anda bisa menyiapkan bahan kremesnya.
5. Campurkan semua bahan kremes.
6. Tiriskan daging ayam yang sudah matang. Siapkan minyak panas dalam wajan. Masukkkan ayam yang sudah diungkep ke dalam wajan. Goreng sebentar.
7. Setelah potongan daging ayam digoreng, masukkan ke dalam campuran adonan bahan kremes. Selanjutnya, goreng kembali hingga benar-benar matang.

Cara Memilih Daging Ayam Sehat dan Segar
Ingat, masakan yang lezat juga diperhitungkan dari kualitas bahannya. Untuk memasak ayam kremes, Anda juga harus tahu bagaimana cara memilih daging ayam yang sehat dan baik? Berikut ini ada beberapa tips memilih daging ayam yang sehat sebelum mengolahnya menjadi makanan super lezat, yaitu :

Perhatikan Kulit Luar Ayam
Daging ayam potong yang dijual di pasaran memang sekilas sama saja penampakannya. Langkah awal yang bisa Anda lakukan untuk memilih daging ayam yang segar adalah dengan menyentuh sekaligus menggosok kulit luar ayam tersebut. Anda patut curiga jika kulit ayam tersebut terasa seperti ada lapisan semacam tepung. Jika saat Anda menyentuh kulit ayam tersebut terasa ada yang tidak beres, kemungkinan daging tersebut sudah dilumuri menggunakan bahan kimia tertentu.

Perhatikan Daging Ayam
Sebelum membeli daging ayam potong, sebaiknya Anda memperhatikan apakah banyak lalat atau hewan lain yang hinggap pada potongan daging tersebut atau tidak. Jika daging ayam sepi dari ‘kunjungan’ lalat, kemungkinan ayam tersebut memang bersih dan sehat.
Selain itu, cobalah untuk menekan daging ayam potong, apabila tekstur daging kembali ke bentuk semula yang berarti kenyal, maka bisa dipastikan daging ayam tersebut sehat.
Kenali Bau Daging Ayam
Aroma daging ayam yang terlalu amis atau biasa disebut dengan anyir, Anda perlu waspada. Pilihlah daging ayam yang saat dicium dengan dekat, mengeluarkan bau khas daging segar, bukan hanya amis seperti darah.
Kenali Warna Daging Ayam
Warna daging ayam yang sehat dan segar kebanyakan adalah berwarna putih segar (bukan putih pucat) dan sedikit kemerahan.

Nah, bagaimana? Sekarang Anda sudah siap berburu daging ayam yang segar dan sehat? Jika sudah bertemu dengan daging ayam yang oke, tidak ada salahnya untuk mengolahnya menjadi makanan lezat untuk sajian bersama keluarga. Salah satunya adalah membuat resep ayam kremes. Sudah siapkah Anda untuk membuat resep ayam kremes sendiri di rumah? nikmati resep ayam kremes yang lezat bersama keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*