Saturday , 7 December 2019
Home » Uncategorized » Inilah Resep Ayam Kecap yang Dijamin Nyummy!

Inilah Resep Ayam Kecap yang Dijamin Nyummy!

Resep Ayam Kecap

MasakanKeluarga.com – Resep Ayam Kecap – Berbicara soal daging ayam, pasti kebanyakan orang mengaku sudah sering mengonsumsi daging ayam dengan olahan masakan yang bervariasi. Di Indonesia sendiri, daging unggas seperti ayam bebek memang bisa dikatakan sebagai makanan favorit. Di berbagai rumah makan, restaurant dan hingga warteg sekalipun, pasti selalu menyediakan masakan olahan daging ayam dengan berbagai rasa.

Kali inipun kami akan sedikit mengulas tentang olahan daging ayam yang lezat dan mudah dibuat yakni resep ayam kecap.

Resep Ayam Kecap

Bahan-Bahan :

  • 1,5 kg daging ayam (potong sesuai selera)
  • Garam dan gula secukupnya
  • 4 siung bawang putih
  • 2 cm jahe
  • ½ butir bawang bombai
  • Daun bawang
  • Kecap secukupnya
  • Penyedap secukupnya
  • 1 butir tomat
  • 100 ml air
  • Minyak goreng secukupnya
  • Margarine secukupnya

Cara memasak

  • Goreng potongan ayam di dalam minyak panas. Goreng hingga benar-benar kering dan matang. Sisihkan.
  • Potong panjang bawang bombai dan tomat, kemudian tumis bersama margarine, jahe dan bawang putih dan bumbu lainnya secara bersamaan.
  • Masukkan daging ayam yang sudah digoreng ke dalam bumbu.
  • Aduk-aduk sebentar hingga semua bahan tercampur.
  • Tambahkan kecap manis, air, garam dan gula.

 

Manfaat Daging Ayam untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Tidak hanya di Indonesia, di seluruh dunia khususnya pertengahan zaman juga menggunakan daging ayam sebagai daging terlaris sebagai hidangan yang mantap. Di Eropa sendiri, konsumen daging ayam juga semakin meningkat dibandingkan dengan daging sapi, mungkin dikarenakan adanya isu mengenai penyakit sapi gila yang sedang marak tersebar saat itu.

Namun, kebanyakan masyarakat Eropa tidak menggunakan seluruh bagian ayam untuk diolah sebagai masakan. Mereka hanya menggunakan bagian tertentu pada ayam seperti paha dan bagian dada. Berbeda dengan masyarakat Cina yang menggunakan hampir keseluruhan bagian ayam, mulai dari kepala, leher, dada, hingga bagian kaki ayam yang biasa disebut dengan ceker.

Masakan Cina selalu memiliki aroma dan rasa yang khas. Itulah mengapa, masakan Cina selalu menjadi makanan favorit bagi masyarakat Indonesia. Apakah Anda termasuk penyuka masakan berbahan dasar daging ayam Perlu Anda ketahui bahwa banyak manfaat yang bisa diperoleh dari mengonsumsi daging ayam, diantaranya :

  1. Membantu pertumbuhan tulang dan gigi

Pertumbuhan tulang dan gigi manusia akan maksimal jika seseorang mampu memenuhi kebutuhan proteinnya secara seimbang dalam tubuh. Salah satu makanan yang mengandung protein tinggi adalah daging ayam. Akan tetapi, Anda jangan khawatir, walaupun daging ayam mengandung protein tinggi, daging ayam tidk mengandung lemak yang berlebih. Daging ayam termasuk dalam daging yang protein rendah lemak.

  1. Mencegah Resiko Osteoporosis

Selain membantu pertumbuhan tulang dan gigi, daging ayam juga dapat mencegah terjadinya pengeroposan tulang yang sering dikenal dengan osteoporosis. Mengonsumsi daging ayam yang tinggi protein serta zat fosfor dapat menjaga masa kekuatan tulang.

  1. Menjaga kestabilan hormone dan sistem peredaran darah

Kandungan fosfor yang tinggi dalam daging ayam mampu membantu sistem peredaran darah serta kinerja hormone di dalam tubuh. Oleh karena itu, sangat dianjurkan manusia untuk mengonsumsi daging ayam dalam porsi yang tepat.

  1. Menjaga metabolisme tubuh

Daging ayam juga mengandung vitamin B kompleks yang dibutuhkan tubuh sebagai penggerak metabolism tubuh. Berbagai fungsi enzim dalam tubuh bisa terjaga dengan baik jika tubuh menyerap vitamin B6 yang cukup.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Mungkin beberapa orang mengira bahwa daging ayam tidak mengandung banyak vitamin. Hal itu merupakan anggapan yang salah. Kandungan vitamin pada daging ayam sangatlah beragam. Termasuk vitamin A yang dipercaya mampu menjaga kesehatan mata. Selain itu, vitamin A juga berperan untuk menjaga kesehatan kulit.

Nah, ternyata memang banyak sekali kandungan daging ayam untuk kesehatan tubuh manusia. Lalu sebenarnya apa saja kandungan gizi yang ada di dalam daging ayam?

 

Rincian Kandungan Gizi Daging Ayam

Daging ayam mengandung tinggi protein yang disebut dengan asam amino. Mengonsumsi asam amino yang cukup dapat membantu kinerja metabolism di dalam tubuh. Di dalam 100 gr daging ayam mengandung 18 gr protein. Selain itu, ada banyak beberapa zat bermanfaat yang dikandung di dalam daging ayam (per 100 gram-nya), diantaranya :

  1. Jumlah Kandungan Energi = 302 kkal
  2. Jumlah Kandungan Protein = 18,2 gr
  3. Jumlah Kandungan Lemak = 25 gr
  4. Jumlah Kandungan Karbohidrat = 0 gr
  5. Jumlah Kandungan Kalsium = 14 mg
  6. Jumlah Kandungan Fosfor = 200 mg
  7. Jumlah Kandungan Zat Besi = 2 mg
  8. Jumlah Kandungan Vitamin A = 810 IU
  9. Jumlah Kandungan Vitamin B1 = 0,08 mg
  10. Jumlah Kandungan Vitamin C  = 0 mg

Itulah beberapa kandungan gizi daging ayam untuk setiap 100 gramnya. Beberapa kandungan gizi yang ada pada daging ayam itu, bisa Anda peroleh dengan mengonsumsi daging ayam yang diolah menjadi masakan nikmat seperti resep ayam kecap diatas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*