Tuesday , 23 July 2019
Home » Uncategorized » Kelebihan dan Kekurangan Keju yang Jarang Diketahui pada Resep cake keju

Kelebihan dan Kekurangan Keju yang Jarang Diketahui pada Resep cake keju

MasakanKeluarga.com – Resep cake keju cake makanan yang tidak asing di masyarakat, cake yang awalnya hidangan khas dari upacara keagamaan pada masa Mesir Kuno. Kini menjelma menjadi makanan lezat dan bernilai cita rasa yang tinggi. Cake terkenal pertama di daratan Eropa, setelah masa penjajahan cake dibawa oleh penjajah ke seluruh penjuru dunia. Kejadian itu menjadikan cake dikenal hampir diseluruh belahan dunia.

 

Sejarah Keju dan Resep cake keju Di Indonesia

Sama halnya dengan cake yang awal mula masuk ke Indonesia, lewat para penjajah Belanda. Keju dipercaya berasal dari Timur Tengah dan dipopulerkan ke segala penjuru dunia, dan ketika sampai di daratan Eropa keju dibawa oleh penjajah masuk ke Indonesia. Dugaan sebagian orang bahwa keju berasal dari Timur Tengah adalah, dahulu ada pengembara berkelana menggunakan kuda dengan membawa susu.

Susu dalam wadah yang dibawa setelah dibiarkan beberapa jam berubah menjadi gumpalan putih serta cairannya berwarna pucat. Setelah diteliti ternyata hal itu disebabkan oleh wadah dari perut sapi muda yang terdapat enzim bisa menggumpalkan susu. Akibat dari teriknya matahari dan gerakan pada kuda saat berjalan. Mulai dari situ pembuatan keju mulai berkembang dan disebarkan melalui bangsa Romawi.

Ternyata keju tidak hanya terdiri dari satu jenis saja, tetapi banyak jenis keju yang dikenal di belahan dunia. sekitar lebih dari 400 jenis keju dibuat masyarakat dunia, dari berbagai lapisan masyarakat atau negara. Negara penghasil keju terbesar dunia adalah Belgia, Perancis, Inggris, Belanda, Italia dan Swiss. Sedangkan di Indonesia sendiri keju awalnya dikenalkan dalam dua jenis, yaitu keju cheddar dan keju edam.

Mengenai hal tersebut di Indonesia, terkenal dengan produksi keju terbesarnya keju cheddar. Meskipun juga memproduksi jenis keju lainnya, tetapi keju cheddarlah yang terkenal di masyakarat. Sekarang masyarakat sering mencampurkan keju pada berbagai olahan makanan, seperti pada cake dengan campuran keju dan olahan minuman di Indonesia.

 

Kelebihan dan kekurangan keju pada resep cake keju

Mengkonsumsi keju mengandung banyak sekali manfaat, karena dalam keju mengandung zat fosfor, zat besi, kalium, niacin, natrium, mineral, seng, riboplavin, hialin, berbagai jenis vitamin (C, B6, B12, A, D, E, K). Berbagai jenis kandungan zat dalam keju, membuat keju menjadi olahan yang disarakan untuk dikonsumsi. Namun tetap harus memerhatikan kadar konsumsi bagi tubuh.

Manfaat keju bagi tubuh :

  1. Mampu mencegah osteoporosis
  2. Menjaga kesehatan pada gigi
  3. Mengkonsumsi keju sesuai takaran bisa menambah berat badan.

Selain memberikan manfaat, mengkonsumi keju secara berlebihan bisa membuat kesehatan tubuh menurun. Hal ini dikarenakan zat dalam tubuh yang berlebihan, berakibat pada sistem kekebalan tubuh yang menurun. Sistem dalam tubuh tidak bisa mencerna zat-zat yang berlebihan sehingga bisa menimbulkan rasa pusing dan mual.

Berikut ini efek dari mengkonsumsi keju di luar batas takaran :

  1. Mempengaruhi sistem pembuluh darah, sehingga timbul nyeri di dada, dan denyut jantung semakin meningkat.
  2. Mempengaruhi sistem pencernaan
  3. Mempengaruhi sistem pernapasan
  4. Mempengaruhi kulit
  5. Terganggunya sistem susunan saraf pusat, sistem kandung kemih, dan sistem hormonal.
  6. Mempengaruhi tulang dan otot, gigi serta mulu

Kekurangan keju, pada resep cake keju menjadikan anda berhati-hati dalam mengkonsumsi dan mencampurkan keju dalam olahan makanan anda. Keju yang bermanfaat bisa menimbulkan kerugian bagi tubuh jika tidak dikonsumsi sesuai takaran.

 

Resep Cake Keju Mudah dan Murah

Bisa membuat makanan sendiri menjadi impian semua orang, terutama bagi anda para wanita yang ingin menghemat pengeluaran dengan mencoba berbagai olahan makanan sendiri. Salah satunya dengan membuat cake keju, berikut ini resep cake keju:

Bahan

  • Telur 5 butir
  • Gula pasir 100 gram
  • Air satu sendok makan
  • Garam ¼ sendok makan
  • Emulsifier 1 sendok teh
  • Tepung terigu halus 65 gram
  • Tepung maizena 20 gram
  • Susu bubuk 15 gram
  • Margarin 100 gram
  • Pasta vanilla ½ sendok teh

Bahan olesan cake keju

  • Keju parut 100 gram
  • Buttercream 100 gram

Alat yang digunakan

  • Mixer atau bisa menggunakan pengocok manual
  • 2 loyang roti
  • Oven
  • Ayakan

Cara membuat cake keju

Adonan cake kue

Kocok air, telur, garam, gula pasir, emulfisier, tepung terigu, susu bubuk, tepung maizena sehingga tercampur rata menjadi satu. Pada tempat yang lain campurkan bahan lainnya, margarin dan vanilla setelah kedua campuran tercampur rata masukkan dalam adonan satunya.

Siapkan loyang dan siapkan oven panaskan sekitar suhu 190 derajat. Masukkan adonan ke dalam loyang yang telah dilapisi dengan kertas dan margarin. Masukkan dalam oven dengan waktu 25 menit.

Membuat isian cake keju

Setelah matang, ambil bagian dari cake keju oleskan buttercream diatasnya secara merata. Ambil lapisan yang lainnya dan letakkkan diatasnya, begitu seterusnya dan yang terakhir taburkan keju parut dibagian paling atas. Cake keju siap disajikan.

Resep cake keju yang mudah bisa dibuat oleh siapa saja, bagi ibu rumah tangga, mereka yang sedang sibuk kerja, juga oleh pelajar bisa dengan mudah membuatnya. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*