Friday , 20 September 2019
Home » Uncategorized » Langkah Mudah Membuat Resep Ayam Bumbu Rujak Istimewa

Langkah Mudah Membuat Resep Ayam Bumbu Rujak Istimewa

MasakanKeluarga.com – Resep ayam bumbu rujak – Ayam adalah menu lauk yang paling diminati mayoritas masyarakat Indonesia baik anak-anak hingga orang dewasa. Berbagai aneka masakan ayam seperti ayam goreng biasa, kare, ayam kecap dan lain-lain pun selalu diminati di rumah makan atau restoran.
Kandungan gizi dan protein pada ayam juga bagus untuk tubuh. Mungkin anda pun termasuk seorang ibu yang ingin menyajikan menu makanan bahan ayam berbeda. Resep ayam bumbu rujak istimewa bisa menjadi pilihan lauk bersantap bersama keluarga.

Tips penting mempraktekkan resep ayam bumbu rujak istimewa
Jika anda menginginkan resep ayam bumbu rujak yang enak dan nikmat, sebaiknya memperhatikan beberapa tips penting memilih bahan utama yaitu daging ayam. Selama anda memilih daging ayam yang masih segar maka kualitas rasa ayam bumbu rujak pun bakal spesial. Jangan memilih daging ayam yang terlalu lembek. Pilih ayam yang masih kenyal atau baru saja dipotong. Kedua, pastikan pula menggunakan asam jawa yang dicampur dengan sedikit air menjadi kunci sukses rasa ayam rujak yang istimewa.
Bumbu rujak sendiri bisa diaplikasikan pada menu lain yang tak kalah enak seperti ayam bakar bumbu rujak, ikan bumbu rujak dan lain-lain. Namun, pemilihan resep ayam rujak berikut ini bakal lebih spesial dibandingkan dengan bahan lain. Tidak sama pula dengan penggunaan pada bumbu rujak buah atau rujak petis. Bumbu ini pun ditemukan di daerah Jawa Timur hingga berkembang seperti saat ini. Nah, simak bahan dan tata cara membuat resep ayam bumbu rujak istimewa berikut ini.

Bahan membuat resep ayam bumbu rujak
• Ayam segar satu ekor bisa dipotong menjadi 10-12 bagian atau sesuai dengan selera anda
• ½ liter santan kelapa yang didapatkan dari satu butir kelapa asli
• ½ sdm air asam Jawa
• 2 lembar daun jeruk
• 2 lembar daun salam
• ¼ sdt garam atau sesuai selera
• Gula merah yang disisir halus secukupnya
• 2 batang serai yang digeprek atau dimemarkan
• Minyak goreng secukupnya untuk menumis

Bumbu resep ayam bumbu rujak yang dihaluskan
Resep ayam bumbu rujak istimewa bakal memiliki rasa optimal kalau anda memilih bahan bumbu yang berkualitas seperti berikut ini.
• 4-5 siung bawang putih yang memiliki ukuran agak besar
• 8 siung bawang merah ukuran besar
• 2 buah cabai merah
• 3-4 butir kemiri yang disangrai lebih dahulu
• Jahe dipotong 2 cm dan dimemarkan
• 7 buah cabai merah keriting
Bumbu di atas bisa disesuaikan dengan selera misalnya anda bukan tipikal pecinta pedas, bisa mengurangi kuantiti cabai merah. Begitu pula sebaliknya, jika anda pecinta pedas bisa menambahkan cabai merah keriting lebih banyak lagi. Tentu cita rasa terlalu pedas tidak cocok untuk anak-anak atau orang dewasa yang memiliki permasalahan dengan lambung.

Cara mempraktekkan resep ayam bumbu rujak istimewa
Anda pun bisa mempraktekkan cara membuat resep ayam bumbu rujak istimewa di dapur sendiri dengan langkah mudah berikut ini.
1. Diamkan setidaknya 30 menit atau setengah jam potongan ayam yang telah dilumuri dengan garam dan air asam Jawa. Pastikan anda melumuri ayam dengan dua bahan tersebut secara merata.
2. Haluskan bahan bumbu resep ayam rujak istimewa yang telah disebutkan menggunakan cara tradisional atau diuleg. Penggunaan blender memang lebih praktis namun tidak bisa memberikan rasa yang optimal seperti menggunakan ulegan dan cobek.
3. Pastikan anda menumis bumbu yang telah dihaluskan tersebut menggunakan api kecil saja agar hasil maksimal atau tidak gosong. Tumis bumbu sebentar lalu masukkan serai yang dimemarkan, daun jeruk dan salam yang telah disiapkan. Tumis terus sampai keluar aroma harum.
4. Masukkan potongan daging ayam yang telah dilumuri bumbu selama tiga puluh menit tadi ke dalam tumisan bumbu. Aduk secara merata potongan ayam dan tambahkan santan kental secara perlahan.
5. Langkah terakhir mempraktekkan resep ayam bumbu rujak adalah memasukkan garam dan sisiran gula jawa sembari diaduk sebentar. Jangan biarkan santan kelapa yang masuk tadi pecah. Biarkan beberapa menit hingga potongan ayam berubah warna dan matang.
6. Masak sampai daging ayam benar-benar lunak dan memiliki rasa yang enak. Anda bisa menambahkan bumbu lain jika dirasa kurang memiliki rasa nikmat.
Langkah mempraktekkan resep ayam bumbu rujak istimewa tersebut di dapur sendiri. Ayam bumbu rujak tersebut telah memiliki cita rasa pedas sehingga anda tidak perlu menambahkan lalapan atau sambal lagi. Penggunaan santan kelapa pada pembuatan ayam bumbu rujak ini bakal memberikan rasa dan aroma yang kuat. Itulah mengapa resep kali ini lebih istimewa dibandingkan menggunakan bahan air biasa.
Nah, kini anda pun bisa menyajikan lauk pauk yang nikmat disantap saat makan siang atau makan malam bersama dengan keluarga besar. Sajikan dengan nasi putih hangat yang nikmat. Tanpa mengikuti kursus memasak pun, anda bisa menjadi seorang ahli memasak dengan mempraktekkan resep ayam bumbu rujak istimewa di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*