Thursday , 14 November 2019
Home » Uncategorized » Mudahnya Membuat Bakwan Jagung Menggunakan Resep Bakwan Jagung

Mudahnya Membuat Bakwan Jagung Menggunakan Resep Bakwan Jagung

MasakanKeluarga.com – Makan setiap hari tanpa lauk gorengan seperti ada yang kurang. Padahal gorengan itu full minyak. Banyak kandungan kolesterolnya. Akan lebih baik jika kita menguranginya. Namun jika jenis gorengan yang kita buat adalah gorengan sehat, seperti dengan membuat resep bakwan jagung ini, maka kita masih akan mendapatkan manfaat baiknya dari jagung.

Jagung adalah salah satu jenis tanaman palawija yang banyak ditemukan baik di daerah dataran tinggi maupun di dataran rendah. Jagung ini bahkan menjadi makanan sumber karbohidrat yang bisa menggantikan nasi. Bahkan salah satu daerah pesisir di Pulau Jawa, yakni di Pulau Madura, mayoritas penduduknya menjadikan jagung sebagai makanan pokok.

Sebagai makanan pokok, jagung bisa dibuat menjadi nasi jagung. Sedangkan untuk olahan lainnya pun banyak. Cocok sebagai camilan atau jajanan, serta lauk. Seperti misalnya untuk camilan, bisa dibuat popcorn, jagung rebus, jagung bakar, merning (biji jagung yang digoreng sangrai), brondong jagung, kue jagung, dan lain-lain. Sedangkan untuk lauk pauk, maka bisa dibuat bakwan jagung.

Resep Bakwan Jagung yang sudah turun temurun

Perlu kita ketahui sebelumnya, bahwa bakwan jagung ini adalah makanan khas orang Cina. Bakwan sendiri memiliki makna daging yang berbentuk bulat, yang didapat dari kombinasi arti dari kata “Bak” (daging) dan “wan” ( bulat). Dua kata itu berasal dari Bahasa Cina.

Awal mula bakwan dikenal dan masuk ke Indonesia adalah dibawa langsung oleh orang Cina yang kemudian menetap di Indonesia. Memperkenalkan makanan yang simple namun rasanya super lezat ini tidak sulit, karena sesuai dengan lidah orang Indonesia. Kemudian bakwan dikreasikan sendiri oleh orang Indonesia dengan tidak menggunakan daging, melainkan menggunakan jagung.

Banyak orang yang juga menyebutnya dengan perkedel jagung. Padahal sebenarnya berbeda. Kalau perkedel itu adalah lauk yang berbahan dasar kentang. Sama-sama digoreng memang, dan bentuknya pun nantinya sama (hasil akhirnya).

Dari segi bumbu pun antara bakwan dan perkedel itu berbeda. Teksturnya pun nantinya juga berbeda. Perkedel cenderung memiliki tekstur yang lembut atau lunak, sedangkan perkedel memiliki tekstur yang kasar. Kalaupun sudah sangat lumat, tetap saja tidak selembut perkedel. Ini dikarenakan sifat kentang yang dibawa pada perkedel dan sifat jagung yang dibawa pada bakwan. Tetapi kebanyakan bakwan dibuat kasar, karena sensasi makan jagungnya masih dicari. Hasil akhirnya, benjolan biji jagung masih terlihat. Gurih dan manisnya jagung menjadikan rasa bakwan ini sangat enak dan khas.

Antara bakwan dan perkedel ini memiliki jodoh sayur yang sama, yakni cocok untuk sayur sop atau sayur bening. Ibu-ibu sudah paham bagaimana cara membuatnya dan tanpa melihat resep bakwan jagung pun sudah paham dan lihai. Ini dikarenakan bakwan jagung sudah diajarkan oleh ibu-ibu mereka terdahulu.

Untuk membedakan antara perkedel dan bakwan, maka bakwan dapat diartikan sebagai salah satu makanan olahan yang cenderung bisa dibuat lauk dengan campuran bahan jagung yang lumat, merica, daun brambang, telur, bawang merah bawang putih, dan terigu yang digoreng. Rasanya khas dan mengundang selera makan.

Selain cocok dengan sayur sop atau bening, bakwan jagung juga cocok untuk lauk nasi pecel, sayur bersantan, dan cocok hanya dengan nasi dan sambal saja.

Varian Resep Bakwan Jagung

Seiring dengan perkembangan jaman, maka kreativitas manusia pun semakin diuji. Di mana mereka akan terus mencoba hal yang baru. Salah satunya adalah dengan mengkreasikan makanan olahannya. Bertujuan untuk memuaskan keluarga, dan memberikan gizi lebih kepada keluarga. Karena makanan rumahan cenderung lebih nikmat, hemat, dijamin bersihnya, dan sehat.

Bakwan jagung memang dijual bebas di pasaran, namun sebenarnya, akan lebih nikmat jika dibuat sendiri. Kita bisa memastikan jenis minyak goreng yang sehat dan rendah kolesterol serta bahan-bahan alami yang aman. Berikut adalah beberapa macam kreasi resep bakwan jagung yang sangat mudah untuk dibuat. Namun akan diawali dengan resep yang umum atau tanpa variasi :

Bakwan Jagung Sederhana

Bahan (Bahan ini untuk menghasilkan kurang dari 10 buah bakwan jagung)

  • jagung 2 buah ukuran sedang
  • bawang putih secukupnya
  • merica secukupnya
  • garam secukupnya
  • penyedap ras secukupnya
  • tepung terigu secukupnya
  • 1 butir telur

Cara pembuatan:

  1. Sisir jagung pakai pisau
  2. Haluskan bumbu yang terdiri dari bawang putih, merica, dan garam.
  3. Masukkan sisiran jagung ke dalam bumbu dan haluskan dengan cobek sampai tercampur rata sedikit halus. Tingkat kehalusannya sesuai selera.
  4. Masukkan tepung terigu dan telur setelah dirasa halus
  5. Campur hingga merata.
  6. Beri penyedap rasa dan taburkan irisan daun bawang. Campur lagi.
  7. Icipi rasanya dan bakwan siap digoreng
  8. Cetak bulat kecil-kecil namun pipih dengan menggunakan sendok saat memasukkan ke minyak goreng panas
  9. Angkat jika sudah berwarna kuning keemasan.

Bakwan Jagung Udang

Bahan :

  • ¼ kg tepung terigu
  • udang cincang sebanyak 200 gram
  • telur ayam 1 butir
  • irisan daun bawang
  • 5 buah jagung manis kupas
  • bawang putih 3 siung
  • kemiri 4 butir
  • garam secukupnya
  • lada putih 1 sendok teh

Cara pembuatan:

  1. Sisir dan tumbuk kasar jagung manis yang sudah disiapkan.
  2. Haluskan bumbu lada putih, bawang putih, dan garam.
  3. Campurkan tumbukkan jagung ke dalam bumbu sampai merata, tambah juga udangnya, telur, dan tepung terigu, serta daun bawang
  4. Adonan siap digoreng dengan cetakan menggunakan sendok.

Pembuatan bakwan jagung bisa bervariasi resepnya. Ini dikarenakan banyaknya kombinasi yang bisa dicampurkan. Rasanya dijamin enak dan gurih. Goreng hingga matang dan kering, sehingga saat digigit akan terasa krispinya.

Untuk membuat resep bakwan jagung kreasi, kita bisa membaca resepnya di internet. Dijamin sangat mudah. Makan menjadi lebih semangat dan berselera.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*