Wednesday , 26 June 2019
Home » Uncategorized » Patut Dicoba! Resep bakpao Kekinian

Patut Dicoba! Resep bakpao Kekinian

MasakanKeluarga.com – Siapa diantara Anda yang pernah mendengar kue bakpao atau ingin mengetahui resep bakpao? Pasti kebanyakan dari Anda dan seluruh masyarakat Indonesia sudah mengenal bahkan sangat menyukai cemilan ‘tembem’ yang satu ini.

Bagi mereka pecinta kue bakpao, belum tentu mempunyai keahlian untuk membuat resep bakpao yang lezat dan yummy. Sebelum membahas tentang resep bakpao yang kekinian, tahukah Anda darimana kue bakpao ini berasal? Dan bagaimana bisa sekarang ia bisa menjadi kue primadona di Indonesia?

 

Sejarah Singkat Kue bakpao

Kue bapao atau lebih sering disebut dengan bakpao merupakan salah satu jenis kue yang dipopulerkan oleh masyarakat Tionghoa kepada Indonesia. Dalam Bahasa Tionghoa, ‘Bak’ artinya daging, dan ‘Pou’ yang artinya adonan tepung. Dari arti atau makna nama kue bakpao itu sendiri, rasanya sudah bisa dibayangkan bagaimana resep bakpao dibuat.

Awal mula ditemukan kue bakpao bermula dari tentara militer Tiongkok yaitu Zhuge Lian. Pada saat itu, para tentaranya harus melewati sebuah sungai yang dianggap berbahaya. Semua warga lokal memberi saran kepada tentara untuk menyediakan sepenggal kepala sebagai syarat agar semua tentara bisa selamat saat melewati sungai tersebut.

Namun Zhuge tidak setuju. Ia memerintahkan tentaranya untuk mencari dan memburu hewan. Kemudian daging hewan yang telah diburu itu dibungkus dengan adonan tepung dan dibentuk serupa dengan kepala manusia. Sejak saat itulah resep bakpao jadi sangat popular hingga akhirnya dikenal oleh masyarakat Indonesia.

Untuk saat ini, di Indonesia bukan hanya ada resep kue bakpao dari daging sapi namun juga sudah dikreasikan dengan berbagai macam isi seperti isi kacang hijau, isi coklat, hingga isi selai berbagai macam rasa. Ingin tahu apa saja jenis bakpao yang saat ini sedang booming?

 

Jenis-Jenis Kue bakpao

Setidaknya ada 7 jenis Kue bakpao yang harus Anda ketahui, diantaranya :

  1. Shaobao : Kue bakpao yang berisi ayam atau udang cincang yang sudah dibbumbui sebelumnya.
  2. Naihuangbao : Kue bakpao yang berisi Custard manis (semacam pudding) yang berwarna kuning.
  3. Doushabao : Kue bakpao yang berisi kacang merah atau kacang hijau. Jenis yang satu ini paling banyak dijumpai di pasaran
  4. Xiaolongbao : Kue bakpao yang berisi daging. Biasanya ukuran jenis bakpao satu ini lebih kecil daripada bakpao pada umumnya
  5. Kayabaozi : Kue bakpao yang berisi selai srikaya yang lumer dan nikmat sekali saat dikunyah
  6. Yacaibo : Kue bakpao yang Berisi daging dilengkapi sayuran segar yang sudah dibumbui.
  7. Mantau : bakpao yang berisi daging cincang. Jenis bakpao satu ini bukan dikukus seperti bakpao pada umumnya, tapi digoreng.

Dari sekian banyak jenis Kue bakpao, manakah yang paling Anda suka? Ingin tahu bagaimana resep bakpao kekinian?

 

Resep bakpao

Resep bakpao yang paling banyak dicari adalah resep bakpao isi kacang hijau. Jenis bakpao satu ini memang paling diminati masyarakat Indonesia karena dari segi harga juga paling ekonomis namun dari segi rasa juga tak kalah lezat dengan Kue bakpao lainnya. Berikut ini beberapa bahan dan cara membuat resep bakpao yang bisa Anda praktekkan dengan mudah di rumah.

Bahan untuk kulit

  • 1 sendok gist
  • 75 cc air hangat
  • 50 gram tepung terigu
  • 1 sendok the gula pasir
  • 175 gram tepung terigu
  • Sedikit garam
  • 50 gram gula pasir
  • 25 cc air hangat

Untuk bahan poin a sampai dengan poin d, silahkan Anda campurkan sampai berbuih.

Bahan untuk isian

  • 125 gram kacang hijau
  • 75 gram gula pasir
  • ¼ sendok teh vanili
  • Sedikit garam

Cara Membuat :

  1. Biarkan larutan gist (poin a sampai dengan poin d tadi) selama dua jam sampai mengembang hingga sekitar 2 kali ukuran semula. Kemudian campurkan semua bahan-bahan lain. Setelah licin dan tidak lengket, diamkan adonan sekitar dua jam. Tunggu hingga adonan mengembang.
  2. Sambil menunggu adonan mengembang, buat isi resep bakpao dengan cara merebus kacang hijau sampai benar-benar lunak. Kemudian saring dan buang kulitnya.
  3. Tambahkan gula dan vanili serta sedikit garam. Rebus semua bahan isian kue bakpao sambil terus diaduk hingga mengental. Setelah dingin, Anda buat bentuk bulatan-bulatan dari adonan isian Kue bakpao tadi.
  4. Lumuri tangan dengan minyak, lalu ambil dua sendok makan adonan (yang sudah mengembang tadi) dan pipihkan. Beri satu bulatan isian di dalamnya. Dan bentuk hingga semua permukaan tertutup.
  5. Letakkan hasil adonan yang telah diisi di atas kertas yang berbentuk lingkaran.
  6. Siapkan tempat pengukus, isi air dan didihkan.
  7. Masukkan adonan yang sudah dibuat ke dalam tempat pengukus. Biarkan selama kurang lebih 25 menit.

Bagaimana? Mudah bukan membuat resep bakpao? Anda pasti bisa membuatnya di rumah sebagai camilan sehat bersama keluarga.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*