Wednesday , 20 November 2019
Home » Uncategorized » Rahasia Resep Tahu Kupat Enak

Rahasia Resep Tahu Kupat Enak

MasakanKeluarga.com – Kupat tahu atau tahu kupat mungkin terdengar asing bagi orang yang berada di luar Jawa. Nama kupat diambil dari nama ketupat yang artinya nasi yang dimasak di dalam plastik maupun daun kelapa yang direbus. Mengapa direbus bukan dikukus? Karena jika dikukus akan terdapata bagian yang masih mentah dan tidak matang secara merata. Pada umumnya menggunakan daun kelapa, tetapi lebih praktisnya memakai plastik ukuran 1 ons. Jika tidak ada ukuran plastik 1 ons bisa menggunakan plastik ukuran lainnya misalnya ukuran ¼. Tapi perlu diperhatikan penyesuaian isi berasnya. Jika memakai daun kelapa, ketrampilan Anda diuji di sini untuk membuat anyaman ketupat. Namun di pasar, ada yang menjual anyaman ketupat yang sudah jadi. Anda bisa langsung mengisinya dengan beras. Jika tidak ada anyaman ketupat, gunakanlah plastik yang bisa disegel dengan api yang kemudian diberi lubang kecil-kecil di sisi plastik. Supaya lebih nikmat, kali ini saya berbagi membuat kupat menggunakan daun kelapa. Wah terdengar enak jika kita bisa mempraktikkan resep tahu kupat. Berikut resep tahu kupat yang mudah untuk dipraktikkan.

  1. Untuk kupat, siapkan anyaman daun kelapa yang sudah jadi. Isislah wadah anyaman dengan beras setengahnya saja. Ulangi untuk wadah anyaman yang lain. Setelah banyak, rebuslah anyaman dengan posisi rapat dan pastikan tidak ada beras yang tumpah dari anyaman. Rebuslah selama 30 menit dengan api sedang. Ingat ya, direbus bukan dikukus. Semakin lama semakin bagus karena semakin tanek dan tidak keras. Pastikan semua wadah tenggelam karena air mencapai ketinggian panci. Jangan gunakan sedikit air karena air lama kelamaan akan menguap. Setelah matang, tunggulah sampai agak dingin. Jika Anda memtong kupat dalam keadaan panas, kupat akan lembek dan potongannya tidak rapi. Selain itu akan membuat pisau tumpul jika Anda memotong dalam kondisi panas. Gunakanlah pisau yang bersih. Potonglah membentuk dadu sedang besarnya sekitar 2 cm. mudah bukan?
  2. Untuk tahu, pilihlah tahu goreng. Anda memilih tahu goreng karena tekstur kulitnya yang gurih dan enak dibandingkan tahu kuning atau tahu putih yang tidak memiliki kulit. Gorenglah setengah matang tahunya. Jangan gunakan api terlalu besar dan gunakan teknik deep fry yang berarti tahu tenggelam semua dalam minyak. Jika semua bagian terkena minyak, maka akan matang secara merata. Jika api terlalu besar dan menggoreng dalam waktu yang lama, maka akan keras. Setelah matang, potonglah membentuk dadu-dadu.
  3. Untuk bumbu kupat tahu, seperti halnya bumbu pecel, bahan utamanya adalah kacang tanah. Siapkan kacang tanah sebanyak ½ kg, gula jawa 2 butir, cabai rawit 10 buah, cabai merah 4 buah, bawang merah 4 butir, bawang putih 2 butir, 1 sendok teh terasi, garam secukupnya. Pertama, gorenglah kacang tanah yang sudah dibersihkan. Gunakan teknik deep fry yang artinya semua kacang tenggelam dalam minyak. Gunakan api sedang. Sesekali di aduk untuk mencegah bagian-bagian yang gosong. Setelah agak kuning kecoklatan, angkatlah kacang. Jangan smpai kacang berwarna terlalu coklat karena sudah dalam kondisi gosong. Kacang bersifat bias matang di udara terbuka. Maksudnya, jika kita goreng sebentarpun kondisi sewaktu kacang dimakan lumayan matang meskipun sebentar.
  4. Gorenglah cabai rawit, bawang merah, bawang putih, dan terasi. Goreng sampai matang. Setelah matang, haluskan kacang dan bumbu-bumbu bersamaan. Jangan lupa gula dan garam. Boleh diblender maupu diulek tradisional. Lebih enak diulek karena cita rasanya masih terjaga. Jika diblender kadang panas pada pisau blender meubah cita rasa. Setelah semua lembut, campurkan adonan kacang denga air. Jangan terlalu encer. Lebih enak kental jika dinikmati.
  5. Untuk penyegaran, iris tipis kubis mentah. Meskipun masih mentah, kubis bagus untuk kesehatan karena mengandung enzim yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Jangan lupa dicuci terlebih dahulu.
  6. Untuk penyajian, siapkan potongan ketupat, potongan tahu, irisan kubis di dalam satu piring. Siramlah dengan bumbu kacang. Jika Anda menginginkan lebih pedas bisa menambahkan cabai bubuk. Jika Anda menginginkan yang lebih manis bisa ditambahkan dengan kecap. Selama menikmati kupat tahu, paling enak biasanya ditemani kerupuk. Tahu bisa disajikan sewaktu musim penghujan maupun musim panas. Mudah bukan membuat resep tahu kupat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*