Thursday , 14 November 2019
Home » Uncategorized » Resep Arem-Arem Isi Ayam Spesial

Resep Arem-Arem Isi Ayam Spesial

Gambar Resep Arem-Arem Isi Ayam Spesial

MasakanKeluarga.com – Arem-arem merupakan salah satu hidangan tradisional terbuat dari beras yang diberi isi daging ayam dan dibungkus dengan daun pisang, arem-arem ini adalah kudapan khas jawa yang banyak ditemui di daerah Jawa tengah, Jawa barat dan banyak juga ditemui di daerah ibu kota jakarta yang biasa menyebut arem-arem dengan sebutan lontong,arem-arem isiannya bebeda-beda setiap daerah ada yang isinya oseng tempe, oncom pedas ,tahu orak arik dll . Arem-arem ini mempunyai saudara kembar yaitu lemper, lemper sekilas seperti arem-arem tetapi berbeda kalau diamati dengan seksama. Lemper bentuknya lebih kecil daripada arem-arem, bentuknya lebih padat dan rasanya lebih gurih dibanding arem-arem, dan terbuat dari ketan berisi abon ayam atau sapi pada umumnya, kalo arem-arem bentuknya tidak berubah dari dulu agak besar dibanding lemper dan tidak padat. Seiring mengikuti  perkembangan kuliner yang semakin maju, arem-arem tidak hanya dibungkus daun pisang, ada juga yang dibungkus menggunakan plastik seperti lontong.  Arem-arem isi daging ayam ini biasanya disajikan untuk sarapan atau hanya untuk kudapan yang memiliki rasa enak dan sedap. Arem-arem ini biasa dijual di pasar tradisional dengan harga 2rb sampai harga 5rb tergantung isianya.Arem-arem ini sangat praktis penyajiannya, tidak perlu piring, sendok langsung saja happ…Untuk membuat arem-arem usahakan menggunakan beras dengan kualitas bagus dan pulen misalnya beras rojolele delanggu, supaya rasanya enak dan spesial. Sekedar tips saja ,supaya bungkusannya rapi dan warnanya bagus daun pisang dikukus terlebih dahulu sebelum digunakan, alangkah baiknya membungkus arem-arem menggunakan daun pisang supaya rasanya sedap dan usahakan memakai daun dari pisang klutuk tetapi kalau tidak ada tidak masalah, bisa memakai daun pisang apa saja yang dijual di pasar tradisional. Hari ini saya akan membagikan resep cara membuat arem-arem isi ayam yang lezat dan spesial, simak baik-baik ya resepnya.

Bahan-bahan :

  1. Beras pulen 250 gram (misal : beras rojolele delanggu)
  2. Santan 500 ml diambil dari ½ butir kelapa
  3. Daun salam 2 lembar
  4. Garam ½ sendok teh
  5. Daun pisang secukupnya, untuk membungkus arem-arem
  6. Lidi yang sudah dipotong atau tusuk gigi, untuk menyematkan arem-arem

Bahan Isian :

  1. Daging ayam cincang 150 gram
  2. Wortel 2 buah diiris kecil-kecil
  3. Bawang putih 2 siung
  4. Bawang merah 4 butir
  5. Cabe merah 2 buah
  6. Gula pasir 1 ½ sendok teh (sesuai selera)
  7. Kaldu ayam bubuk 1 sendok teh (optional)
  8. Daun salam 2 lembar
  9. Garam secukupnya
  10. Serai 1 batang memarkan
  11. Lengkuas 2 cm memarkan
  12. Daun jeruk purut 2 lembar

Cara membuat :

  1. Masak beras dan santan, tambahkan garam dan daun salam sampai santan meresap, aduk-aduk hingga matang. Tutup panci, biarkan nasi hingga pulen, sambil kita siapkan bahan isinya.
  2. Isiannya
  3. Haluskan bawang merah,bawang putih dan cabe sampai benar-benar halus,lalu tumis hingga harum dan matang.
  4. Lalu masukkan daging ayam cincang, aduk rata hingga berubah warna.
  5. Masukkan wortel yang diiris kotak kecil-kecil, santan dan bumbu-bumbu lainnya. Masak hingga meresap dan santan habis.
  6. Koreksi rasa, masakan dicoba rasa yang diinginkan sudah sesuai selera atau belum.

Penyelesaian :

  1. Ambil 2 lembar daun pisang, ratakan nasi secukupnya, isi dengan bahan isian ayam tadi, lalu gulung.
  2. Bungkus seperti lemper, sematkan lidi di sisi kanan dan sisi kiri agar tidak terbuka waktu dikukus, lakukan membungkus sampai adonan nasi habis
  3. Siapkan kukusan, kukus arem-arem kurang lebih 1 jam
  4. Setelah 1 jam angkat arem-arem isi ayam dari kukusan, dan arem-arem isi ayam spesial siap dhidangkan dan dinikmati.

Arem-arem mempunyai kandungan karbohidrat karena dibuat dari nasi, dsini saya akan memberikan informasi tentang manfaat karbohidrat yang dibutuhkan di dalam tubuh, ini dia manfaatnya :

  1. Mengoptimalkan fungsi protein
  2. Sumber energi tubuh
  3. Mengatur metabolisme lemak
  4. Sebagai pemanis alami dan
  5. Melancarkan sistem pencernaan

Kekurangan karbohidrat juga tidak baik lho, ada berbagai macam masalah apabila tubuh kita kekurangan karbohidrat, kadang kita sendiri tidak menyadari dan menyepelekan hal ini, ini dia akibat kekurangan karbohidrat :

  1. Bau nafas jadi tidak sedap
  2. Sering terjatuh saat olah raga
  3. Mudah marah
  4. Mudah lupa
  5. BAB tidak lancar seperti biasanya

Pastikan asupan karbohidrat dan gizi yang seimbang cukup ya , biar tubuh kita tidak mudah terkena penyakit. Usahakan setiap pagi sarapan karbohidrat, yang tidak suka makan berat , arem-arem cocok untuk mengganjal perut anda sebeum beraktivitas.

 

Tidak sulit kan membuat arem-arem isi ayam dan saya tambahkan sedikit pengetahuan kesehatan di artikel ini. O iya arem-arem isi ayam ini cocok juga yag ingin membuka usaha kuliner rumahan, saran saya kalau untuk dijual arem-arem isi ayam ini dibungkus keci-kecil , supaya lebih manis dan cantik tampilannya. Variasi untuk isian arem-arem bisa sesuai selera ya, contohnya seperti potongan tempe, kentang daging, oncom dan sebagainya. Usahakan isiannya tidak terlalu basah ya, untuk menjaga citarasa supaya tekstur arem-aremnya tidak terlalu lembek.  Selamat mencoba ya,jangan lupa juga intip resep-resep kita yang lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*