Wednesday , 20 November 2019
Home » Uncategorized » Resep Ayam Bakar Dengan Aroma Segar

Resep Ayam Bakar Dengan Aroma Segar

MasakanKeluarga.com – Anda tim ayam bakar atau tim ayam goreng? Wah sepertinya sekarang nama kubupun sudah beralih ke makanan ya. Seperti tim bubur diaduk atau tim bubur tidak diaduk. Apapun itu yang kita makan semoga sehat dan baik untuk tubuh kita. Nah, kalau resep ayam bakar ini cara membatnya hampir sama dengan ayam goreng. Hanya saja tahap akhir resep ayam bakar berbeda. Jika ayam goreng kita harus menggoreng, sedangkan jika ayam bakar kita harus bakar ayamnya. Perlu kesabaran dan berhat-hati selama membakar ayam karena asap akan mengepul. Ayam bakar menjadi primadona untuk semua kalangan apalagi penikmat kuliner jalanan. Hampir di setiap jalanan jika malam hari menyajikan ayam bakar misalnya di kedai Lamongan, di kedai lesehan dan di kedai pecel lele. Asapnya yang mengepul harum membuat kita ingin segera memakannya. Lebih mantap jika menyantap ayam nasi hangat dan sambal. Simak resep ayam bakar berikut yang dijamin enak.

  1. Pilihlah bagian ayam yang Anda sukai. Misalnya jika Anda sedang menjalankan program diet, pilihlah dada yang mengandung banyak protein dan daging. Jika Anda menginginkan rasa yang lebih gurih, pilihlah bagian paha atau sayap. Paha atau sayap ini sangat nikmat karena terdapat lemak dan lapisan kulit yang biasanya disukai banyak orang. Ambillah dada atau paha atau sayap 4 potong ukuran sedang yang sudah dibersihkan. Perhatikan jangan ada bulu yang masih menempel pada kulit. Biasanya bagian sayap sulit dihilangkan bulu-bulunya sehingga perlu perhatian khusus.
  2. Siapkan bawang merah 3 siung, bawang putih 2 siung, jahe sepanjang 3 cm, kunyit sepanjang 3 cm, dan daun jeruk, ½ sendok teh garam, ½ sendok teh gula pasir. Bumbu yang disiapkan untuk tahap pertama ayam bakar memang lebih sedikit dan nantinya cairan tidak sepekat ayam goreng. Akan lebih light atau encer. Ulek atau blender bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, garam dan gula. Pastikan halus sempurna supaya mudah dalam proses penyerapan.
  3. Masukkan semua bahan ke dalam panci. Tambahkan 4 helai daun jeruk. Tuangkan 4 gelas air ukuran gelas belimbing. Masukannlah ayam sampai terendam semua bagiannya. Rebuslah dengan api sedang selama 15 menit. Merebus ayam untuk dibakar tidak perlu lama karena nantinya akan dibakar. Yang penting bumbu kuning meresap dan bisa menghilangkan bau amisnya. Setelah 15 menit, angkat dan tiriskan ayam. Hal ini supaya air tidak terlalu banyak meresap ke dalam ayam. Jika tidak ditiriskan, ayam akan banyak mengandung air dan mengurangi cita rasa saat dibakar.
  4. Untuk bumbu olesan ayam bakar, siapkan mentega sebanyak 4 sendok makan dan kecap 10 sendok makan. Larutkan bersama sampai merata. Cukup diaduk sampai merata. Jangan didekatkan dengan api.
  5. Siapkan tempat dan alat untuk pembakaran ayam. Pembakaran dilakukan di ruangan terbuka untuk menghindarai kejadian yang tidak mengenakan. Biasanya menggunakan arang dan alat pembakaran seperti pada sate supaya lebih nikmat. Tatalah arang jangan terlalu banyak dan jangan terlalu sedikit. Taruhlah 2-3 siung bawang putih yang sudah digeprek di atas arang. Hal ini dilakukan supaya aroma asap lebih harum. Bakarlah arang. Tunggulah samua arang sampai menjadi bara. Jika memanggang dengan api penuh ayam akan cepat gosong.
  6. Siapkan pemanggang kotak yang ada pegangannya sehingga mudah untuk dibolak-balik. Taruhlah ayam pada pemanggang. Oleslah dengan bumbu olesan sesuai selera. Semakin banyak bumbu oles semakin berasa ayam bakar Anda. Jangan terlalu banyak ayam sekali bakar karena akan terasa berat dan bisa jatuh jika tangan Anda tidak seimbang memegangnya. Mulailah memanggang di atas bara api. Kipas sesekali sehingga udara panas bisa menyerap ke dalam ayam. Bolak-balik sisi pemanggang dan oles lagi dengan bumbu oles sehingga matang merata. Selama kurang lebih 5 menit, ayam bakar Anda siap untuk dinikmati.

Disajikan bersama nasi hangat, sambal terasi atau sambal bawang, dan lalapan seperti mentimun, kemangi, kubis, terong. Ajak keluarga Anda untuk mempraktikan resep ayam bakar dan menikmati bersama. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*