Wednesday , 20 November 2019
Home » Uncategorized » Resep Ayam Goreng Crispy ala KFC

Resep Ayam Goreng Crispy ala KFC

Gambar Ayam Goreng Crispy ala KFC

MasakanKeluarga.com – Ayam memang makanan yang tidak ada matinya. Apalagi ayam goreng renyah, yang punya banyak penggemar. Ayam crispy yang paling terkenal adalah dari restoran cepat saji bernama KFC. KFC sendiri restoran waralaba yang berasal dari daerah Kentuky, Amerika Serikat, didirikan oleh Col. Harland Sanders yang memulai menjual ayam gorengnya pada tahun 1939. KFC masuk di Indonesia sekitar tahun1978, dan pembukaan restorannya pada tahun1979 di jalan Melawai, Jakarta. KFc semakin populer setelah terserah di wilayah Indonesia, orang berbondong-bondong datang ke restoran cepat saji ini untuk menikmati ayam yang super renyah ini. Awalnya kemunculan KFC ini memang diperuntukkan untuk masyarakat menengah keatas, karena harganya yang tidak bersahabat, terlalu mahal untuk masyarakat yang punya gaji pas-pasan. Saking kreatifnya orang Indonesia, seiring berjalannya waktu sudah mulai banyak sekali orang yang menjual ayam crispy ala KFC. Biasanya orang yang menjual ayam crispy ini menjualnya di pinggir jalan, ada juga yang membuka restoran atau outlet kecil-kecilan, dengan berbagai macam brand, ide-ide menjual ayam crispy KFC KW cukup banyak peminatnya, dan tampilannya sekilas sama dengan ayam KFC originalnya. Dari segi rasa sech mungkin agak berbeda ya, karena bumbu yang digunakan juga berbeda jauh dengan aslinya. Ayam goreng crispy ini favorit, karena rasanya yang gurih, dagingnya juicy dan kulitnya yang super chruncy kriuk-kriuk bikinsemua orang tergoda. Tapi yang pengen buat sendiri ayam goreng crispy ala KFC ini, saya akan membagikan resepnya.

Bahan-bahan :

  1. Ayam ½ kg
  2. Air jeruk nipis 1 sendok makan
  3. Bawang putih 2 siung haluskan
  4. Merica ½ sendok teh
  5. Jahe 2 cm memarkan
  6. Garam secukupnya
  7. Telur ayam 1 butir
  8. Minyak goreng untuk menggoreng
  9. Tepung terigu 50 gram untuk pelapis kering (bahan A)

Bahan tepung B :

  1. Tepung terigu serbaguna 100 gram
  2. Tepung maizena 3 sendok makan
  3. Kaldu ayam bubuk 1 sendok teh
  4. Garam secukupnya
  5. Baking powder 1 sendok teh

Campur bahan tepung kering adonan B jadi satu, lalu ayak supaya semua bumbu tercampur rata.

Cara membuat :

  • Pertama ambil ayam ,cuci bersih lalu lumuri dengan air jeruk nipis supaya tidak amis, cuci kembali hingga bersih.
  • Kedua rendam ayam dengan bumbu bawang putih, merica, jahe dan garam, berikan sedikit air dan rendam minimal 1 jam, supaya bumbu-bumbu meresap.
  • Ketiga tiriskan ayam, gulingkan ke tepung terigu bahan A (tepung pelapis kering) lakukan satu persatu, pastikan semua permukaan ayam terlapisi tepung tipis-tipis.
  • Keempat kocok lepas 1 butir telur, lalu celupkan ayam yang sudah digulingkan ke tepung kering kering tadi, celupkan ke kocokan ayam sampai ayam habis.
  • Kelima lumuri dengan tepung bahan B sambil tekan-tekan dan cubit-cubit agar keriting. Ketok-ketok ayam sebelum digoreng, untuk membuat kelebihan tepung yang menempel di ayam.
  • Keenam panaskan minyak goreng yang akan banyak, minyak harus benar-benar panas ya, goreng ayam sampai ayam terendam hingga kering dang matang.
  • Ketujuh angkat ayam yang sudah matang, sajikan dalam piring saji, dengan tambahan saus sambal atau saus tomat sesuai selera.

Untuk resep ini adonan cair yang biasa untuk pencelup diganti dengan kocokan telur lepas lalu digulingkan lagi ke tepung, hasilnya sama-sama enak, dan bisa keriting ,renyah banget. Untuk menggoreng ayam supaya hasilnya crispy minyaknya tidak boleh pelit ya, minyaknya harus banyak supaya ayam terendam saat digoreng. Api juga harus stabil, tidak boleh terlalu besar apinya dan tidak boleh terlalu kecil. Kalau api terlalu kecil hasinya ayam akan berminyak dan kurang renyah. Jurus agar lapisan  tepung biss keriting itu sangat mudah, lapisi ayam dengan tepung lalu cubit-cubit dengan kedua tangan, sambil diangkat. Tips lagi, jangan melumuri ayam dengan tepung, jika penggorengan belum siap, misal 2 jam sebelumnya ayam sudah dilumuri tepung, lalu didiamkan saja, dijamin bakalan basah adonannya dan waktu proses penggorengan ayam tidak bisa kriuk dan crispy. Ayam yang direbus dulu juga bisa membuat lapisan tepung tidak bisa menempel pada ayam dan apabila digoreng tepungnya akan lepas. Banyak yang menganggap menggoreng ayam mentah langsung tanpa direbus takut ayamnya tidak matang, padahal asal menggorengnya tepat justru ayam mentah yang langsung digoreng akan menghasilkan ayam crispy yang empuk dagingnya dan masih juicy. Kelemahan lain jika ayam direbus dulu, justru membuat ayam crispy menjadi keras.

Sekian ya resep dan tips seputar ayam crispy ala KFC, semoga semua bisa membuat ayam goreng crispy dirumah, tanpa harus keluar rumah membeli. Jangan lupa ,mencoba resep masakan kita yang lain yang tidak kalah enak, seperti ayam goreng ala korea, ayam bumbu rujak khas jawa timur, ayam bakar kecap istimewa dan ayam bacem goreng plus sambel terasi. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*