Wednesday , 20 November 2019
Home » Uncategorized » Resep Ayam Goreng Menggugah Selera

Resep Ayam Goreng Menggugah Selera

MasakanKeluarga.com – Nyam nyam nyam ayang goreng. Siapa yang tidak tahu ayam goreng. Ayam goreng bahkan menjadi makanan ikonik di serial kartun karena tokohnya sangat menyukai makan ayam goreng. Semua habis dalam sekejap jika sang tokoh disajikan dengan menu tersebut. Padahal makanan sangat sederhana tapi jadi istimewa karena nikmat dan gurih. Dahulu disajikan sebagai makanan rumahan tetapi sekarang menu tersebut ada di resto dan menjadi menu utama selain ayam bakar dan ikan goreng. Di pedesaan biasanya ayam goreng disajikan dengan serundeng. Serundeng merupakan parutan kelapa yang dimasak sedemikian rupa yang rasanya manis dan gurih. Tidak jarang jika makan dengan serundeng dengan nasi putih saja sudah enak. Apalagi jika makan nasi putih, ayam dan serundengnya. Tapi beberapa orang masih bingung bagaimana resep ayam goreng. Mau tahu bagaimana cara membuat resep ayam goreng gurih? Simak caranya berikut ini.

  1. Pilihlah bagian dada atau paha untuk digoreng. Anak-anak biasanya lebih menyukai paha karena mudah dipegang dan mempunyai lengkungan untuk dipegang. Kalau Anda sedang menghindari makan-makanan yang berlemak pilihlah dada ayam yang banyak mengandung protein dan daging. Ambillah dan bersihkan 6 bagian paha atau dada. Jika Anda memilih banyak daging, pilihlah ayam sayur. Jika menginginkan ayam kampungpun tidak masalah, hanya saja perlu kesabaran untuk mengolah ayam kampung untuk matang lebih lama.
  2. Siapkan 6 butir bawang merah, 3 butir bawang putih, setengah sendok teh ketumbar, jahe kisaran 5 cm, kunyit kisaran 5 cm, garam 2 sendok makan, daun jeruk 5 helai, serai 1 batang. Jika tidak suka dengan aroma salah satu bahan bisa dikurangi sewajarnya. Haluskan semua bumbu kecuali daun jeruk dan serai. Daun jeruk dan serai sebagai penghilang aroma amis pada ayam. Anda bisa menggunakan blender untuk menghemat waktu dan tenaga.
  3. Setelah halus, masukkan bumbu ke dalam panci. Tuangkan air sebanyak 3 gelas belimbing. Masukkan ayam yang sudah dibersihkan sebelum kompor dinyalakan. Masukkan daun jeruk dan serai yang sudah digeprek. Gunakan panci biasa atau bisa menggunakan panci presto. Jika menggunakan panci biasa, Anda harus bersabar untuk menunggu ayam matang. Kurang lebih 15-20 menit untuk mematangkan ayam. Jika menggunakan panci presto maksimal 15 menit sudah matang. Hati-hati jika menggunakan panci presto karena panci presto memasak dengan tekanan udara yang tinggi. Jangan membuka secara paksa jika panic presti masih berbunyi dan tertutup rapat. Ingat memasak ayam ini dengan api sedang, tidak terlalu kecil, tidak terlalu besar agar matang sempurna. Biarkan air berkurang karena berarti mumbu sudah terserap oleh ayam.
  4. Sesudah empuk, gorenglah ayam dengan api kecil. Mengapa menggunakan api kecil? Agar matang merata dan tidak gosong. Tuangkan minyak perlahan. Biasanya terdapat minyak kelapa berwarna kuning keputih-putihan. Nyalakan kompor, tunggulah sampai minyak berwarna kuning bening. Minyak dibiarkan terlebih dahulu sampai tenang. Lebih bagus jika dengan teknik deep fry atau benyak menggunakan minyak jadi semua ayam terendam minyak. Perlahan, masukkan ayam. Ini akan menimbulkan percikan-percikan minyak. Jangan takut karena bisa memercik ke badan Anda. Justru jika Anda menaruh dari jauh akan berbahaya dan minyak akan memercik kemana saja. Sesekali balik jika satu sisi sudah berwarna kecoklatan. Seetelah berwarna kecoklatan semua angkat ayam goreng. Perlu diperhatikan alat penggorengan lainnya seperti sutil dan sorok jangan digunaan saat masih basah. Hal ini dapat menimbulkan percikan api dan bisa membahayakan diri sendiri. Angkat perlahan dan ayam goreng siap disajikan.

Mudah bukan untuk mencoba resep ayam goreng ini? Menikmati ayam goreng cocok dengan nasi hangat, sambal terasi ataupun sambal bawang. Bagi yang suka pedas, sambal terasi dan sambal bawang merupakan pasangan yang cocok untuk memenami ayam goreng. Untuk membuat sambal terasi, Anda perlu menyiapkan 8 cabai rawit, 4 cabai merah, 2 bawang merah, 2 bawang putih, gula jawa, garam dan terasi secukupnya, goreng terlebih dahulu semua cabai, bawang dan terasi. Setelah matang, ulek sampai halus. Tambahkan gula jawa dan garam sesuai selera Anda. Sambal terasi siap dinikmati.

Selain sambal terasi, sambal bawang membuat penggila pedas ketagihan. Pedasnya benar-benar nyata karena tidak terbantu oleh bawang merah untuk meredam kadar pedas. Sambal bawang ini terbilang sambal mentah karena bahannya mentah dan tidak perlu digoreng. Pertama siapkan 10 cabai rawit, 2 bawang putih, gula jawa dan garam. Ulek semua bumbu sampa halus. Tambahkan gula jawa dan garam sesuai selera. Setelah matang, siramlah degan minyak panas. Cukup siram dengan minyak panas 2 sendok makan saja. Sambal bawang siap dinikmati.

Untuk lalapan siapkan lalapan favorit untuk melengkapi menu makanan Anda. Misalnya mentimun, kubis, kemangi, terong bundar. Pilihlah sesuai selera Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*