Friday , 24 May 2019
Home » Uncategorized » Resep Ayam Penyet yang Maknyuss!

Resep Ayam Penyet yang Maknyuss!

MasakanKeluarga.com – Saat ini, bisnis kuliner memang sedang naik daun dan bisa dikatakan menjadi primadona. Kuliner khas Indonesia yang spicy dan pedas memang menjadi makanan favorit di kalangan masyarakat Indonesia. Berbagai resep masakan hasil kreasi olahan daging ayam maupun sapi memang sudah tidak bisa diragukan lagi kelezatannya. Termasuk resep ayam penyet yang memiliki banyak penggemar setia. Anda bisa menemukan menu resep ayam penyet di berbagai rumah makan yang sederhana hingga mewah sekalipun. Resep ayam penyet yang dilengkapi dengan sambal tomat memang merupakan makanan khas Indonesia. Tidak bisa dipungkiri bahwa sambal adalah salah satu pelengkap olahan masakan yang dapat menggugah selera. Untuk masalah harga, masakan berbahan dasar daging ayam juga bisa dikatakan relative murah. Hal itulah yang menjadi alasan mengapa daging ayam merupakan masakan yang selalu diincar oleh banyak orang.   Resep Ayam Penyet Bagi beberapa orang yang tidak terlalu menyukai rasa pedas, pembuatan sambal juga bisa dibuat sesuai dengan selera lidah masing-masing. Namun, pada umumnya ayam penyet selalu disertai sambal tomat yang pedas dan nikmat. Berdasarkan namanya, penyet dapat diartikan tipis atau gepeng. Biasanya, penyajian ayam penyet disajikan pada cobek sekaligus dipenyet dengan sambal yang sudah dibuat. Ingin tahu bagaimana membuat ayam penyet yang maknyus? Bahan – bahan resep ayam penyet:

  • Daging ayam dipotong sesuai selera
  • Jeruk nipis
  • 1 lembar daun salam
  • 1 cm jahe
  • 2 cm lengkuas
  • Minyak goreng secukupnya
  • Air secukupnya

Bahan untuk Bumbu Halus :

  • 5 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • Cabe rawit dan cabe merah sesuai selera
  • Garam dan gula secukupnya

Cara membuat ayam penyet:

  1. Cuci bersih daging ayam. Lumuri dengan jeruk nipis agar tidak berbau amis.
  2. Haluskan bahan-bahan untuk bumbu. Uleg semua bahan hingga benar-benar halus.
  3. Rebus ayam bersama bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan ke dalam panci berisi air.
  4. Masak menggunakan api kecil. Sesekali aduk ayam dan bumbunya agar meresap dengan sempurna. Ungkep dan tunggu daging ayam hingga benar-benar empuk.
  5. Jika daging ayam sudah benar-benar empuk. Sisihkan.
  6. Siapkan minyak goreng pada wajan, kemudian goreng potongan daging ayam yang sudah diungkep dengan bumbu tadi ke dalam minyak.
  7. Goreng daging ayam sampai berwarna kuning kecoklatan.
  8. Jika sudah matang, tiriskan.

Bahan – bahan untuk  Sambal Ayam Penyet :

  • Cabe rawit dan cabe merah sesuai selera
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1 buah tomat
  • Gula merah secukupnya
  • Terasi sesuai selera
  • Daun kemangi secukupnya
  • Gula dan garam secukupnya

Cara Membuat Sambal Ayam Penyet :

  1. Haluskan semua bahan yang sudah disipakan menggunakan uleg hingga benar-benar tercampur.
  2. Masukkan potongan daging ayam yang sudah digoreng ke dalam uleg yang berisi sambal.
  3. Tekan daging ayam menggunakan uleg hingga sambalnya merasuk sebagian ke dalam daging ayam.
  4. Tambahkan lalapan seperti kubis, kacang panjang, dan mentimun untuk menambah selera.

Nah, bagaimana? Mudah bukan? Resep ayam penyet yang maknyus itu bisa Anda praktekkan dengan mudah di rumah. Anda dan keluarga bisa menikmati kelezatan resep ayam penyet yang sederhana namun dengan rasa yang tak kalah sedap dengan masakan restaurant mahal. Untuk membuat olahan masakan daging ayam yang nikmat, Anda harus mengetahui bagaimana ciri daging ayam yang segar.   Tips Memilih Daging Ayam yang Segar

  1. Perhatikan kulit ayam

Jika kulit ayam yang Anda sentuh terasa seperti terlalu kenyal atau bahkan terasa seperti ada lapisan semacam tepung, maka Anda patut waspada. Anda harus memeriksa kulit ayam menggunakan tangan secara langsung. Jangan hanya mengandalkan penampakan mata saja. Ditakutkan, tekstur kulit ayam yang terlalu kenyal, sudah dicuci dengan zat kimia berbahaya.

  1. Cium Aroma Daging Ayam

Daging ayam yang baik memiliki aroma khas daging segar. Bukan hanya berbau amis seperti darah. Jika Anda menjumpai daging ayam yang terlalu amis, maka Anda patut curiga.

  1. Perhatikan Tekstur Daging Ayam

Tekstur daging ayam yang baik kenyal, saat ditekan pasti kembali ke bentuk semula. Daging ayam yang baik juga jarang dihinggapi lalat ataupun hewan lainnya.

  1. Perhatikan Warna Daging Ayam

Daging ayam yang baik akan berwarna putih segar bukan putih pucat. Anda patut berhati-hati saat memilih daging ayam di pasaran. Saat ini, di pasaran sudah banyak dijual berbagai jenis daging ayam. Anda harus jeli dalam memilih manakah daging ayam yang sehat dan segar. Pilihlah daging ayam yang berkualitas agar olahan resep ayam penyet yang Anda hasilkan juga tidak mengecewakan.    

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*