Saturday , 7 December 2019
Home » Uncategorized » Resep Bakso Ikan – Bakso Gurih yang Hanya Ada di Indonesia

Resep Bakso Ikan – Bakso Gurih yang Hanya Ada di Indonesia

MasakanKeluarga.com – Bakso adalah jenis makanan asli Indonesia. Belum pernah ada negara yang membuatnya terlebih dahulu dibanding Indonesia. Sebuah makanan unik yang menarik dan membuat siapa saja ingin segera memakannya. Adapun berbagai macam jenis resep bakso yang bisa kita nikmati, salah satunya adalah resep bakso ikan.

Sejarah tentang bakso, termasuk didalamnya mencakup Resep Bakso Ikan

Bakso adalah makanan Indonesia asli. Namun dari namanya, ternyata diambil dari bahasa China, yakni pada fase ‘Bak’ yang berarti daging yang digulung. Seperti halnya bakwan. Namun orang China menggunakan daging babi untuk membuat bakso. Kalau orang Indonesia menggunakan daging sapi.

Sama-sama berbentuk bulat antara bakso China dan Indonesia, namun penyajiannya berbeda. Bakso China tidak disantap bersama kuah yang banyak. Kalau di Indonesia identik menyantap bakso dengan kuah yang banyak.

Selang berjalannya waktu, macam bakso di Indonesia bukan hanya bakso daging saja melainkan juga ada bakso ayam, bakso udang, dan bakso ikan. Kita bisa melihat perbedaannya dari warna bakso.

Bakso daging berwarna abu-abu pekat, sedangkan untuk bakso ikan berwarna putih. Ini dikarenakan resep bakso ikan berbeda dengan bakso daging. Berbeda pada jenis bahan dasarnya dan teksturnya. Saat di makan, bakso ikan akan terasa sangat lembut daripada daging sapi. Ini dikarenakan daging sapi memiliki banyak urat.

Jenis Bakso Favorit di Indonesia

Rasa bakso sangat khas, di mana rasanya gurih dan kenyal. Gurihnya berasal dari bumbu bakso, dan kenyalnya berasal dari daging yang dicampur tepung. Untuk penyajiannya, bakso ini di makan dengan kuah berkaldu yang sudah ditaburi seledri dan bawang goreng. Biasanya juga ditambah dengan mie, bisa mie biasa atau bihun. Begitupun dengan penyajian resep bakso ikan.

Sebelum mengetahui resep bakso ikan, terlebih dahulu mari berwisata dengan beragam jenis bakso yang ada di Indonesia. Beberapa jenis bakso yang kita kenal selama ini akan dibedakan berdasarkan bahannya, variasinya, bentuknya, dan juga asalnya.

  1. Berdasarkan bahan dasarnya
    Dari bahannya, bakso terbagi menjadi banyak jenis. Ada bakso daging, bakso urat, bakso kikil, bakso udang, dan banyak jenis lainnya. bakso daging dibuat dari bahan dasar daging sapi, bakso ikan, bakso urat memiliki bahan dasar dari daging yang diambil bagian yang banyak uratnya, bakso kikil terbuat dari bakso yang berbahan dasar kikil, bakso udang terbuat dari bahan dasar udang, bakso ikan pun juga berbahan dasar ikan. berbagai macam bakso berdasarkan bahannya tersebut full dengan bahan dasar sesuai dengan namanya.
  2. Berdasarkan bentuknya
    Dari bentuknya, ada bakso bola dunia, bakso bola tenis, bakso gepeng, bakso kerikil, bakso unyil, bakso menara, dan masih banyak lagi yang lainnya. Berbagai nama bakso tersebut adalah didasarkan pada bentuk bakso.
    Di mana untuk bakso menara bentuknya akan seperti kerucut, bakso gepeng adalah bakso yang berbentuk bulat tetapi gepeng, bakso unyil berbentuk bulatan kecil layaknya badan tokoh kartun Si Unyil, dan bakso bola dunia yang bulatannya besar memenuhi mangkuk bakso.
  3. Berdasarkan variasinya
    Ragam variasi disini ada bakso mercon, bakso gledek, bakso keju, bakso telur ayam, bakso telur puyuh, dan lain-lain. Variasi bakso ini ditambahkan pada bagian dalam bakso. Seperti pada bakso mercon dan bakso gledek yang diisi cabe yang banyak sehingga rasanya pedas. Selain itu, bakso keju yang didalamnya diisi keju, begitu juga dengan bakso telur ayam dan telur puyuh.
  4. Berdasarkan nama asalnya
    Ada juga bakso bernama bakso Malang, bakso Solo, dan bakso Wonogiri. Ketiga nama kota di Jawa Timur tersebut dipilih sebagai nama bakso karena keberadaan bakso di sana sangatlah khas. Setiap daerah tersebut memiliki cita rasa sendiri-sendiri. Bahkan di luar ketiga kota tersebut, banyak juga penjual bakso Malang, bakso Wonogiri, dan Bakso Solo. Untuk bakso Malang terkenal dengan penjajanya yang berjualan keliling.

Namun pada dasarnya sebenarnya bentuk bakso adalah bulat. Bulatannya berukuran standart, tidak besar dan tidak kecil. Kira-kira besar bulatannya adalah seperti bulatan yang dibentuk jari jempol dan telunjuk.

Bahan dan Resep Bakso Ikan

Banyak jenis ikan yang bisa dijadikan bakso, salah satunya adalah ikan tenggiri. Berikut adalah resepnya :

Bahan :

  • ¼ kg ikan tenggiri yang sudah dibersihkan, dicuci, dan dikerik kulitnya serta dibuang tulangnya. Jadi hanya dagingnya saja yang akan dipakai. Tetapi bekukan dulu di dalam freezer sebelum dimasak
  • Telur 1 butir. Diambil bagian putih telurnya saja.
  • Air es sebanyak 100 ml
  • Kaldu ayam berbentuk bubuk 1 sdt
  • Gula pasir 1 sdm
  • Merica 1 sdt
  • Garam secukupnya
  • Tepung sagu atau tepung tapioka sebanyak 3 sdm

Cara pembuatan:

  1. Blender daging ikan yang sudah beku bersama dengan putih telur dan air es.
  2. Setelah lembut dan tercampur, tuangkan pada loyang dan tambahkan adonan dengan tepung sagu, merica, gula, garam, dan kaldu bubuk. Campurkan dengan merata dengan mengaduk-aduknya.
  3. Sementara itu, masak air di dalam panci. Biarkan sampai mendidih.
  4. Bentuk adonan yang sudah kalis menjadi bulatan-bulatan dna masukkan ke dalam air yang sudah mendidih. Tetapi saat memasukkan. Adonan, matikan api dulu. Setelah selesai, baru nyalakan api lagi
  5. Masak bakso sampai matang. Tandanya adalah bakso sudha mengapung di permukaan air.
  6. Angkat dan tiriskan bakso yang sudah masak.
  7. Bakso pun siap saji. Tinggal kita sendiri yang akan membuatnya menjadi bakso kuah atau bakso goreng atau bakso bakar. Bisa juga dijadikan stok yang sewaktu-waktu dimasak.

Cara membuat bakso ikan dengan resep bakso ikan tersebut dijamin sangat mudah. Tidak perlu bingung lagi jika ingin bakso ikan dan malas keluar rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*