Tuesday , 23 July 2019
Home » Uncategorized » Resep Bandeng Presto khas Juwana

Resep Bandeng Presto khas Juwana

Gambar Bandeng Presto khas Juwana

MasakanKeluarga.com – Mendengar bandeng presto pasti sudah tidak asing lagi, untuk bandeng presto ini terkenal merupakan oleh-oleh khas dari kota Semarang. Presto adalah cara memasak dengan uap air yang bertekanan tinggi. Ternyata bandeng presto ini sudah dikenalkan pada era tahun 1977 oleh Hanna Budimulya, bandeng presto ini pertama dikenalkan disambut senang oleh masyarakat karena durinya yang lunak, jadi tidak perlu memilih-milih lagi, semua bagian ikan bandeng bisa dimakan. Semarang adalah ibukota Jawa Tengah, terkenal juga dengan makanan lainnya tidak hanya bandeng presto untuk oleh-oleh, tetapi juga ada wingko babad, lumpia, yangko, kue moci dan masih banyak lagi. Untuk sentra oleh-oleh di Semarang bisa didapatkan di jalan Pandanaran atau sepanjang jalan Mataram. Awal mula sentra bandeng presto ini sebenarnya berada di kecamatan Juwana Pati Jawa Tengah, karena kelezatannya bandeng presto ini tersebar luas hingga menjadi makanan khas Semarang, karena letak Juwana tidak jauh dari kota Semarang. Bukan berarti bandeng bikinan Semarang tidak enak lho ya, untuk bandeng khas Semarang juga sama- sama populer, tetapi memang sentra bandeng yang terkenal kelezatannya dan top berada di Juwana. Supaya tidak penasaran membuatnya pun mudah, mari kita catat resep bandeng presto khas Juwana di bawah ini.

Bahan- bahan :

  1. Ikan bandeng segar 1 kg
  2. Jeruk nipis 1 buah, peras airnya
  3. Daun pisang untuk alas dasar panci
  4. Bumbu-bumbu halus :
  5. Bawang putih 7 siung
  6. Bawang merah 7 butir
  7. Kunyit 1 ruas ibu jari
  8. Lengkuas 1 ruas ibu jari
  9. Jahe 2 cm
  10. Garam secukupnya
  11. Kaldu bubuk secukupnya (optional)

Bahan iris :

  1. Serai 3 batang diiris halus
  2. Daun salam 5 lembar iris
  3. Daun jeruk 5 lembar iris
  4. Daun pandan 2 lembar iris

Cara membuat :

  • Pertama bandeng segar dibuang insang dan jerohannya, cuci bersih dan lumuri dengan air jeruk nipis , biarkan selama 1 jam ( ikan bandeng tidak usah disisik)
  • Kedua haluskan bumbu-bumnu lalu balurkan ke ikan ┬ábadan bandeng sampai merata,sampai dalam-dalamnya juga
  • Ketiga siapkan panci presto, lalu alasi dengan daun pisang pancinya tata ikan bandeng lalu taburi dengan bahan irisan tadi
  • Keempat tambahkan air hingga menutupi ikan bandeng (sampe ikan terendam ),koreksi rasa jika kurang asin bisa ditambahkan garam lagi dan aduk rata bumbu yang ada di dalam panci .
  • Kelima presto bandeng sekitar 45-60 menit, hingga tulang lunak, angkat bandeng setelah agak dingin.
  • Keenam sajikan dengan cara digoreng langsung, atau digoreng menggunakan kocokan telur, sama koq nikmatnya. Bisa juga diolah menjadi masakan lain seperti pindang bandeng kuah, sup bandeng presto dan lain-lain.

Tidak sesulit yang dibayangkan ya teman-teman, nah dibalik kelezatan ikan bandeng presto ini ternyata mempunyai sejuta manfaat, yaitu :

  • Membesarkan otot
  • Menambah berat badan
  • Meningkatkan fungsi otak
  • Menghaluskan kulit
  • Menurunkan lemak trigliserida
  • Menurunkan tekanan darah tinggi
  • Mengencangkan kulit
  • Mengatasi edema

Walaupun ikan bandeng presto ini banyak sekali manfaatnya, tetapi harus dikonsumsi secara wajar, tidak boleh berlebihan, untuk mengkonsumsi ikan bandeng ini sehari 1x atau 2x. Karena apa pun yang dikonsumsi berlebihan tidak baik untuk kesehatan. Untuk membuat bandeng presto ini harus jeli dalam memilih ikan bandeng yang segar, bagaimana ya ciri-ciri ikan bandeng yang segar :

  • Pertama dengan cara dibau kalau ikan bandeng ini segar baunya sangat khas, agak sedikit bau tanah justru itu menandakan ikan ini segar. Banyak koq tips untuk menghilangkan bau tanah pada bandeng, karena tidak semua orang menyukai bau tanah.
  • Kedua periksa sisik , sisik bandeng yang masih segar tidak mudah lepas dari badan bandengnya.
  • Ketiga lihat mata ikan , tidak hanya untuk bandeng, semua ikan bisa dilihat segar atau tidaknya dari matanya, mata ikan yang segar adalah menonjol.
  • Keempat insang masih merah, coba teliti bagian insang kalau merah menandakan bandeng itu segar, tapi apabila insangnya sudah berwarna coklat, berarti sudah tidak segar lagi dan jangan dibeli.
  • Kelima daging elastis dan kulit cemerlang , memeriksa dagingnya dengan cara dipegang, ikan yang segar memiliki daging yang elastis, untuk ciri cemerlang warna daging masih mengkilat dan sisiknya tidak pudar.

Jangan terlena dengan harga murah, apalagi hanya bagian luarnya saja yang kelihatan segar, kita harus jeli dalam membeli supaya bandeng yang akan kita olah enak dan lezat. Resep hari ini komplit sekali ya, disajikan bersama tips dan manfaatnya, jangan lupa contek- contek masakankeluarga yan lain seperti bakwan bala-bala, ca bakso ikan tengiri, semua resep diuji secara prakstis sehingga kita bisa membuatnya dirumah, Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*