Sunday , 8 December 2019
Home » Uncategorized » Resep bandeng presto, Penggugah Selera Makan

Resep bandeng presto, Penggugah Selera Makan

MasakanKeluarga.com – Kebutuhan akan makan harus dipenuhi setiap hari. Dalam sehari harus makan sebanyak 3 kali. Bahkan bisa jadi lebih. Namun pada kenyataannya, terkadang nafsu atau selera makan menjadi berkurang, sehingga kita menjadi tidak makan secara teratur. Maag atau asam lambung tinggi pun akan menyerang. Namun jika sudah mengantongi resep bandeng presto, maka maag tidak akan berani menyerang.

Jika tidak nafsu makan, maka akan ada banyak cara yang kita lakukan. Pergi makan di luar, membeli makanan di luar lalu di makan di rumah, atau membuat makanan sendiri sesuai menu yang diinginkan. Bahkan kita juga sering memiliki stok makanan siap saji di rumah. Jadi untuk mengonsumsinya tinggal menghangatkan saja.

Banyak makanan di luar sana yang menggoda selera. Jika khilaf, kita bisa membeli berbagai jenis menu makanan. Bisa dimakan di tempat atau dimakan di rumah. Kalaupun makan di tempat pun akan membeli lebih untuk oleh-oleh di rumah. Kalau dimakan di rumah, pasti membeli lebih banyak sebagai stok di rumah.

Bandeng presto adalah salah satu jenis makanan yang banyak diminati sebagai makanan instan yang lezat. Rasanya sangat menggoda lidah. Di mana memang bandeng presto ini adalah makanan tradisional yang khas.

Asal muasal Resep bandeng presto

Untuk makan bandeng presto, maka kita harus datang ke kota asalnya. Cita rasa makanan ini sangat khas. Di mana bandeng presto ini adalah makanan khas dari ibukota Jawa Tengah, yakni Semarang.

Untuk asal mula lahirnya menu bandeng presto ini malah bukan dari masyarakat Semarang, melainkan orang Pati. Memang masih dari Jawa Tengah, namun Hanna Budimulya membuat bandeng presto menjadi makna khas Semarang sejak awal kemunculannya di tahun 1977. Makanan ini cukup sederhana dan dijadikan lauk yang lezat, karena bahan utamanya adalah ikan bandeng.

Bahan utama dari bandeng presto ini juga sudah dikenal banyak orang sebagai jenis ikan sering dikonsumsi sebagai lauk setiap hari. Tetapi biasanya ikan bandeng hanya diolah menjadi sayur santan atau digoreng biasa. Untuk itulah Hanna Budimulya membuat hal unik dan berbeda, di mana bandeng ini diolah menjadi menu yang bernama bandeng presto.

Nama bandeng presto ini didapat dari cara mengolah bandengnya, yakni dengan teknik memasak presto. Sebuah teknik memasak menggunakan media uap air. Teknik ini menggunakan api biasa, namun bandeng tidak dimasak dengan direbus atau digoreng. Ada air yang dimasak dengan ditutup rapat. Setelah mendidih,  bandeng dimasukkan. Uap air ini akan memasak bandeng dengan sempurna sampai membuat tulang dan duri-durinya melunak.

Bumbu dasar dari bandeng presto ini adalah bawang putih, garam, dan kunyit saja. Sama dengan bumbu untuk menggoreng tempe. Namun yang membedakan adalah cara memasaknya. Lama memasak bandeng presto ini pun juga memakan waktu yang lama, karena harus menunggu sampai daging dan tulangnya secara keseluruhan lunak sempurna. Dengan lunaknya ini, maka bumbu pun akan meresap sempurna ke dalam daging bandeng presto sehingga rasanya pun khas.

Ketika membeli bandeng presto ini, kita akan mendapatkan bungkus daun pisang. Inilah yang menjadi ciri khas dari bandeng presto ini. Bukan hanya itu saja, tujuan penggunaan daun pisang untuk membungkus bandeng presto ini sudah dipakai sejak Hanna Budimulya menciptakan menu ini. Di mana daun pisang akan membantu bandeng tidak hancur. Apalagi waktu memasak bandeng ini yang cukup lama. Jika dilogika, maka bandeng akan hancur. Padahal niat awal Hanna adalah membuat resep bandeng presto ini menjadi menu praktis yang diperjual belikan.

Mencoba Resep bandeng presto di rumah

Jika ingin makan bandeng presto asli Semarang, dan kita belum ada waktu untuk ke Semarang, maka kita bisa membelinya di toko oleh-oleh dekat rumah atau dalam kota. Kita juga bisa membelinya di rumah makan. Jika kurang puas, maka kita bisa membuatnya sendiri di rumah.

Resep bandeng presto ini sedehana, jadi bisa dibuat di rumah. Berikut adalah tata caranya :

Bahan :

  • Ikan bandeng dengan jumlah sesuai selera
  • Bawang putih secukupnya
  • Kunyit secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Ragi secukupnya, jenisnya adalah ragi instan
  • Bawang merah secukupnya
  • Jahe
  • Kemiri secukupnya
  • Ketumbar
  • Daun salam
  • Lengkuas
  • Serai

Cara memasak resep bandeng presto:

  1. Bersihkan bandeng dengan membuang kotorannya dan juga insangnya. Lalu bersihkan dengan air sampai bersih.
  2. Setelah bersih, lumuri atau olesi bandeng dengan ragi dan garam dengan merata.
  3. Diamkan selama 2 jam lamanya lalu cuci bandeng lagi untuk kedua kalinya.
  4. Haluskan bumbu bandeng presto yang terdiri dari bawang putih, bawang merah, kemiri, ketumbar, jahe, kunyit, dan garam sampai halus.
  5. Masak bumbu dengan cara disangrai. Gunakan sedikit minyak dan tumis sampai kering.
  6. Siapkan panci presto lalu isikan dengan air secukupnya. Masukkan daun salam, lengkuas, dan serai. Pasang alas atasnya lalu letakkan bandeng yang telah dialasi daun pisang. Jangan sampai bandeng terkena air.
  7. Tutup pancinya dan masak sampai 30 menit.
  8. Matikan kompor setelah kompor presto sudah berdesis.
  9. Tapi bandeng jangan langsung dikeluarkan. Tunggu sampai dingin terlebih dahulu.
  10. bandeng presto siap disajikan.

Selesainya aplikasi resep bandeng presto ini, bukan berarti kita harus memakannya langsung. Kita bisa memakannya dengan mengolah bandeng presto ini menjadi banyak olahan lainnya, seperti digoreng crispy, bandeng presto bakar, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*