Friday , 20 September 2019
Home » Uncategorized » Resep Bika Ambon Klasik

Resep Bika Ambon Klasik

Gambar Bika Ambon Klasik

MasakanKeluarga.com – Hari ini kita traveling ke kota ┬áMedan ya teman- teman, tema kali ini mengupas tuntas jajanan khas Medan Sumatera utara. Siapa yang tidak kenal bika ambon, kuenya pipih dan berpori- pori, tengahnya empuk, tapi bagian atasnya agak keras. Terkadang orang berpikir bika ambon itu asalnya dari Ambon bukan Medan, kue bika ini awalnya adalah kue khas melayu yaitu Bika atau Bikang dan pada akhirnya dimodifikasi dengan cara menambahkan pengembang dari bahan nira atau tuak enau agar berbeda dengan kue Bika atau Bikang khas melayu. Seiring perkembangan zaman bika ambon tidak lagi berwarna kuning original, ada yang berwarna hijau dari pasta pandan, dan bermacam-macam rasa seperti rasa coklat, rasa pandan, dan rasa keju. Daerah yang menjual bika ambon ini adalah daerah Majapahit. Daerah Majapahit sendiri adalah kawasan penjual bika ambon sejak tahun 1980, dan menjadi penjualan bika ambon di Medan.Pada tahun 1970 bika ambon kudapan disajikan untuk menemani makan es krim. Kue khas medan ini pembuatannya tenyata memakan waktu yang cukup panjang lho hingga satu malam atau sekitar 12 jam, tetapi semua terbayar dengan kelegitan dan kelezatan kue ini. Bika ambon sendiri juga dijadikan suguhan pas hari raya untuk para tamu. Di medan banyak kok toko yang menjual kue bika ambon ini versinya ada yang dipanggang atau oven dan di kukus, yang terkenal di Medan adalah bika ambon Zulaikha, bika ambon Zulaikha ini tidak pernah sepi pengunjung, mungkin dibanding toko yang lain kue bika ambon disini yang paling enak. Jangan lupa mampir membeli oleh-oleh bika ambon ini ya kalau sedang berlibur ke Medan, untuk harga cukup terjangkau mulai 40 rb smpe 150 rban. Kali ini resep kita adalah bika ambon klasik, kita simak ya resepnya.

Bahan-bahan :

  1. Tepung sagu 300 gram
  2. Tepung terigu 100 gram
  3. Air kelapa 200 ml
  4. Ragi instan 11 gram ( fermipan )
  5. Santan 600 ml ( ambil santan kentalnya )
  6. Telur ayam 15 butir ( pisahkan putel dan kutelnya , yang dipakai kuning telurnya saja )
  7. Vanili 1 sendok teh
  8. Garam 1 sendok teh
  9. Gula pasir 450 gram

Cara membuatnya :

  • Pertama ambil wadah ukuran sedang, ┬ácampurkan tepung terigu dan ragi instan, aduk sampai kedua bahan tercampur sempurna.
  • Kedua masukkan sedikit demi sedikit air kelapa segar kedalam adonan pertama, sambil tetap diaduk tetapi pelan- pelan. Pastikan adonan rata dan tidak ada tepung yang menggumpal atau bergerindil diamkan sekitar 15 menit.
  • Ketiga siapkan wadah berukuran besar, masukkan 400 gram gula pasir, garam dan vanili, campur rata menggunakan spatula. Lalu masukkan kuning telur sebanyak 15 butir, aduk sampai tercampur semua.
  • Keempat ambil adonan wadah pertama yang didiamkan 15 menit tadi, lalu campurkan kewadah kedua tadi, aduk rata sambil tambahkan tepung sagu sedikit demi sedikit, sambil tetap diaduk ya supaya rata.
  • Kelima ambil santan lalu masukkan ke wadah tadi sedikit demi sedikit sambil tetap diaduk supaya rata tercampur.
  • Keenam apabila bahan sudah tercampur sempurna lalu saring ya , supaya adonannya halus dan tidak bergerindil.
  • Ketujuh diamkan kurang lebih 2 jam supaya bika ambonnya mengembang dan bersarang.
  • Kedelapan panaskan oven.
  • Kesembilan ambil loyang, olesi dengan mentega, agar kue bika ambon tidak lengket saat matang.
  • Kesepuluh masukkan adonan tadi ke dalam cetakan, lalu masukkan kedalam oven yang sudah dipanaskan, gunakan api sedang, oven selama 7 smpe 13 menit, setelah kuning kecoklatan tandanya bika ambon sudah matang, matikan oven dan angkat. Tunggu sampai dingin dulu baru keluarkan dari cetakan, Bika ambon siap disajikan untuk teman minum teh atau kopi.

Tinggal diikuti step- stepnya kue khas Medan ini bisa dibuat sendiri dirumah. Untuk bika ambon tanpa pengawet ini bisa bertahan sekitar 3 hari dalam ruangan. Kalau sudah keras tandanya bika ambon sudah tidak layak dimakan. Walaupun resep ini rumayan panjang ya perjalanan untuk membuatnya, dan butuh kesabaran , tetapi tidak usah kuatir semua akan terbayar apabila kue bika ambon ini matang dan lezat, apalagi anggota keluarga semua suka. Tidak ada salahnya mencoba, semoga bisa menginspirasi dan menambah wawasan kita tentang kuliner Indonesia, jangan lupa coba juga resep kita yang lain seperti resep bakpao coklat karakter, resep bakwan bala- bala, resep agar- agar santan gula merah, Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*