Friday , 20 September 2019
Home » Uncategorized » Resep Bika Ambon yang Manis dan Legit

Resep Bika Ambon yang Manis dan Legit

MasakanKeluarga.com – Resep bika Ambon mungkin sebagian masyarakat sudah mengetahuinya karena kue yang satu ini merupakan kue yang sudah melegenda serta banyak dikenal masyarakat Indonesia. Ciri khas kue ini dari bentuknya yang pipih serta berwarna kuning dan bagian permukaanya terdapat pori-pori tetapi keras dibagian bawahnya. Biasanya bika Ambon disajikan dengan cara dipotong-potong persegi. Ketika dimakan, rasa legit, kenyal dan manis akan memanjakan lidah. Selain itu resep bika Ambon menghasilkan kue dengan aroma pandan yang harum.

Mendengar nama kue bika Ambon, mungkin yang langsung terlintas dalam pikiran Anda adalah kue ini mungkin berasal dari Ambon. Tetapi siapa sangka justru asal kue yang satu ini sama sekali tidak berkaitan dengan Ambon Provinsi Maluku. Justru asal bika Ambon adalah dari Medan, Sumatera Utara. Kue yang satu ini kini semakin dikenal sebagai salah satu makanan nusantara yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia.

Mengenal Sejarah Kue Bika Ambon

Dibalik namanya kue yang ternyata tidak berasal dari Ambon, ternyata kue bika ini mempunyai sejarah tersendiri. Sebetulnya nama bika berasal dari nama kue khas Melayu yang disebut sebagai bingka atau bika. Selanjutnya resep bika Ambon tersebut mengalami modifikasi dengan menambahkan bahan pengembang yang berasal dari Nira atau tuak enau. Hal ini akan menjadikan sajian bika terasa berbeda dibandingkan dengan bika khas Melayu.

Sedangkan untuk nama kue bika Ambon memang mengundang rasa penasaran banyak orang. Bahkan ada sebuah buku yang berjudul Bunga Angin Portugis di Nusantara yang merupakan karya dari Paramita R. Abdurrahman menjelaskan bahwa Portugis meninggalkan tradisi kuliner di Maluku salah satunya adalah kue bika.

Selain itu masih terdapat banyak cerita tentang asal muasal bika Ambon yang hingga saat ini masih menjadi pertanyaan para penikmat bika Ambon. Menurut cerita penamaan bika Ambon karena terdapat sebuah tempat di Medan yang pertama kali menjual bika Ambon yaitu di Jalan Ambon Sei Kera Medan.

Tetapi ada sumber lain yang menceritakan bahwa ada seorang warga Ambon yang pergi merantau ke Malaysia lalu membawa kue bika. Setelah mencicipi kue bikanya yang ternyata enak, orang tersebut tak kembali ke Ambon tetapi singgah ke Medan.

Masih banyak cerita sejarah asal kue bika Ambon tetapi hingga saat ini belum diketahui mana cerita yang benar. Hal tersebut sama sekali tidak mengurangi minat masyarakat terhadap bika Ambon. Meskipun sempat menuai kontroversi tetapi sajian makanan yang satu ini selalu populer di Medan serta menjadi buruan wisatawan yang berkunjung ke Medan.

Seiring berkembangnya zaman, sajian bika Ambon dibuat lebih bervariasi. Jika biasanya resep bika Ambon menghasilkan kue bika berwarna kuning, kini sajian kue dibuat dengan variasi pandan, keju, durian, cokelat sehingga lebih menggugah selera.

Cara Membuat Resep Bika Ambon

Kue bika Ambon memang memiliki cita rasa yang khas serta rasa legit yang menggugah selera. Untuk menikmati kue bika Ambon, Anda tak perlu jauh-jauh ke Medan karena kini Anda bisa mencoba resep bika Ambon. Perlu Anda ketahui bahwa proses pemanggangan bika Ambon memiliki teknik tersendiri yaitu buka tutup oven agar kue bika mengembang dan berongga.

Perlu diperhatikan pula dalam pemilihan bahan resep bika Ambon gunakan santan kelapa yang masih segar dari buah kelapa tua agar kue bika bisa berminyak tetapi tidak bantat. Bagi Anda yang penasaran dengan cara pembuatannya berikut ini akan dijelaskan resep bika Ambon yang bisa Anda praktikkan sendiri di rumah.

Bahan bika Ambon :

  • 300 gram Tepung Sagu
  • 100 gram Tepung terigu protein sedang
  • 200 ml air kelapa segar
  • 11 gram ragi instan sebagai pengembang
  • 600 ml Santan
  • 15 -18 butir telur ayam pisahkan bagian kuning telur dan putih telur
  • 1 sendok teh vanili
  • 1 sendok teh garam
  • 450 gram gula pasir berwarna putih bersih

Cara membuat bika Ambon :

  1. Resep bika Ambon dimulai dengan menyiapkan wadah berukuran sedang lalu campur tepung terigu degan ragi instan hingga merata.
  2. Secara perlahan masukkan air kelapa pada campuran tepung sambil diaduk agar menjadi adonan yang rata. Pastikan tidak terdapat gumpalan pada adonan tersebut lalu diamkan sekitar 15 menit.
  3. Ambil wadah lain dengan ukuran lebih besar lalu masukkan gula pasir, vanili dan garam lalu campur hingga merata. Kemudian masukkan telur satu persatu ke dalam wadah besar tersebut sambil diaduk.
  4. Campurkan adonan wadah pertama ke wadah kedua lalu aduk hingga tercampur dan tambahkan tepung sagu sambil terus diaduk. Tambahkan santan kelapa pastikan adonan tak ada yang menggumpal.
  5. Siapkan oven yang dipanaskan lalu masukkan adonan bika Ambon pada Loyang yang sudah diolesi minyak.
  6. Masukkan loyang ke dalam oven api sedang tetapi pintu oven sedikit terbuka. Panggang selama 13 menit hingga kecoklatan dan bika Ambon siap dihidangkan.

Resep bika Ambon yang sudah dijelaskan diatas bisa Anda praktikkan dengan mudah di rumah. Selain tak perlu jauh-jauh ke Medan, Anda bisa menyajikan sendiri bika Ambon untuk keluarga dengan cita rasa yang dijamin enak dan legit.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*