Tuesday , 23 July 2019
Home » Uncategorized » Resep Bistik Bola-Bola Daging Sapi

Resep Bistik Bola-Bola Daging Sapi

Gambar Bistik bola-bola daging sapi

MasakanKeluarga.com – Bistik atau steak makanan ini tidak asing lagi di lidah kita semua. Bahan yang diolah menjadi bistik atau steak  adalah daging ayam atau daging sapi pada umumnya. Arti kata bistik atau steak adalah potongan daging besar, untuk cara memasaknya steak biasanya dipanggang atau di grill. Ada tingkat kematangan steak dari yang mentah sampai yang matang yaitu :

  1. Mentah atau belum dimasak, tidak ada yang pesan steak dalam keadaan mentah
  2. Dimasak dengan cepat, luarnya terbakar tetapi dalamnya masih merah
  3. Steak dengan tingkat matang luarnya abu-abu dan bagian tengah dagingnya berwarna merah, antara luar dan dalam berwarna merah muda.

Masakankeluarga kali ini akan membagi resep bistik khas kota Solo , ini dia resepnya.

Bahan- bahan :

  1. Daging sapi kualitas bagus 250 gram (dicincang)
  2. Garam 1 sendok teh
  3. Putih telur 1 butir

Bumbu- bumbu :

  • Bawang merah 6 butir
  • Bawang putih 2 siung
  • Merica butiran 10 butir
  • Bawang bombay ½
  • Garam ½ sendok teh
  • Kaldu bubuk rasa sapi 1 sendok teh
  • Pala bubuk ¼ sendok teh
  • Gula pasir 2 sendok teh
  • Kecap manis 4 sendok makan
  • Tomat besar segar 2 buah
  • Air 1500 ml
  • Margarin 2 sendok makan

Cara membuat :

  • Pertama siapkan wadah , masukkan daging sapi cincang, putih telur dan garam, bagi menjadi 10 bulatan, rebus di air mendidih sampai matang.
  • Kedua haluskan bawang merah, bawang putih dan merica.
  • Ketiga siapkan wajan , panaskan margarin, tumis bawang bombay sampai harum, masukkan bumbu halus, tumis hingga bumbu matang.
  • Keempat masukkan air dan bumbu-bumbu lain, pala, garam dan bumbu kaldu, gula dan kecap manis.
  • Kelima setelah mendidih masukkan bola- bola daging dan parutan tomat.
  • Keenam masak hingga meresap dan kuah menyusut setengahnya.
  • Setelah matang angkat dan sajikan bersama nasi hangat, mudah kan untuk membuatnya, silahkan dicoba untuk keluarga tercinta dirumah.

Mari sedikit kita ulas tentang kuliner di kota Solo ya teman- teman , bistik di kota Solo ini termasuk makanan favorit,  warung- warung bistik di Solo tidak pernah sepi pengunjung biasanya warung bistik di Solo mangkal di kaki lima pinggir jalan, salah satu warung bistik yang terkenal di kota Solo adalah bistik Darmo, bistik ini citarasa Solo sekali dan sangat enak, tipe bistik Solo adalah kuahnya manis dan gurih ,mirip seperti semur. Untuk resep diatas kita variasi membentuk bola-bola dari daging yang dicincang terlebih dahulu, supaya empuk dan bumbunya meresap didagingnya, apabila tidak suka daging daging sapi bisa diganti dengan daging ayam yang dicincang juga terlebih dahulu. Bistik ini bisa disajikan ditambah sayur wortel atau bisa ditambah kentang. Tips untuk memilih daging sapi yang segar :

  1. Perhatikan warna daging untuk daging yang segar berwarna merah.
  2. Cium aroma daging untuk daging sapi segar  tidak akan tercium daging sapi yang tidak beraroma busuk dan amis
  3. Lihat tekstur daging sapi tekstur daging sapi yang segar apabila ditekan akan kembali semula
  4. Hindari membeli daging sapi dalam keadaan beku, karena daging dalam keadaan beku tidak akan terlihat dan tercium apakah daging itu masih segar atau tidak,dan apabila mengandung bakteri juga tidak akan terlihat, berbahaya bagi kesehatan.
  5. Hindari memilih daging yang berair, karena biasanya kalau daging sapi yang berair adalah daging sapi glonggongan.

Demi kesehatan kita harus jeli ya teman-teamn dalam memilih daging sapi, karena akan berakibat fatal kalo membeli daging yang sudah tidak segar. Jangan mudah tertipu dengan penjual, alangkah baiknya kita cek terlebih dahulu. Daging sapi juga sangat bermanfaat bagi tubuh kita apabila dikonsumsi dalam jumlah yang wajar, diantaranya :

  1. Mengandung protein
  2. Mengandung zat besi
  3. Mengandung vitamin B kompleks
  4. Mengandung omega 3
  5. Mengandung lemak

Selain manfaat daging sapi juga perlu diwaspadai ya teman- teman, daging sapi juga bisa mengakibatkan peradangan apabila dikonsumsi pada usia lebih dini, peradangan bisa mengakibatkan amandel,  nyeri sendi otot, dan bisul. Daging sapi juga bisa menyebabkan kanker karena dagin sapi terdapat sejumlah zat kimia yang disedut dioxin, dan kondisi lainnya selain kanker adalah obesitas. Keracunan , daging sapi mengandung bakteri e-coli, yang dapat mengakibatkan keracunan makanan. Dapat menyebabkan penyakit jantung karena mengandung lebih banyak omega sapai dengan 6.

Demikian tips dan resep dari masakankeluarga.com semoga selalu bermanfaat , dan menambah referensi kuliner nusantara. Jangan lupa praktekkan resep kita yang lainnya seperti resep ayam suwir bumbu bali sambal matah, resep abon sapi spesial dan resep-resep yang lainnya. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*