Tuesday , 23 July 2019
Home » Uncategorized » Resep Bubur Ayam ala Bandung

Resep Bubur Ayam ala Bandung

Gambar Bubur Ayam ala Bandung

MasakanKeluarga.com – Bubur ayam adalah makanan bubur dari Indonesia, bubur nasi adalah beras yang dimasak denagn air banyak sehingga mempunyai tekstur lembut dan berair. Bubur ayam disajikan dengan suwiran ayam, dan beberapa bumbu seperti kecap manis, kecap asin, merica, garam dan ada yang menambahkan air kaldu, disajikan pada saat panas atau hangat. Bubur dilengkapi dengan taburan daun bawang cincang, bawang goreng, seledri, tongcai (sayur asin), kedelai goreng,  cakwe dan kerupuk. Bubur ayam kerap menjadi menu untuk sarapan, tetapi sebenarnya bubur ayam cocok dinikmati kapan saja tidak hanya pada pagi hari. Makan bubur ayam ternyata memiliki kandungan yang bermanfaat lho seperti :

Energi : Kalori dibutuhkan setiap hari untuk menjalankan fungsi tubuh dan beraktivitas sepanjang hari. Kalori berasal dari pembakaran asupan karbohidrat, lemak dan protein. Kalori dalm bubur ayam bervariasi sesuai dengan bahan utamanya apakah terbuat dari nasi, gandum atau oat.

Protein : Daging ayam mempunyai kandungan protein hewani sehat yang cukup tinggi. Protein ini sangat dibutuhkan untuk tubuh untuk membentuk dan memperbaiki jaringan tubuh.

Serat : Serat dibutuhkan untuk melancarkan percenaan dan membuat anda merasa kenyang lebih lama. Semangkuk bubur ayam mengandung 1 gram serat atau 4 persen dari kebutuhan harian.

Masakankeluarga akan membagikan resep bubur ayam ala Bandung, ini dia resepnya :

Bahan- bahan :

  1. Beras 100 gram
  2. Air kaldu ayam 1500 ml
  3. Garam 1 sendok teh

Cara membuat bubur :

  1. Pertama siapkan panci masak semua bahan, sambil diaduk hingga menjadi bubur yang lembut.
  2. Kedua Koreksi rasa untuk gurihnya sudah pas atau belum.
  3. Ada tips jika mau praktis dan mudah, masukkan saja di Rice Cooker. Untuk yang memaki kompor usahakan api kecil supaya bubur matang dan lembut.

Bahan tumisan :

  1. Ati ampela 5 pasang
  2. Kecap manis 2 sendok makan
  3. Kaldu ayam bubuk ¼ sendok teh
  4. Air 500 ml

Bumbu halus :

  1. Bawang merah 4 buah
  2. Bawang putih 2 siung
  3. Merica butiran 1/8 sendok teh

Cara membuat tumisan :

  1. Pertama haluskan bawang merah, bawang putih dan merica butiran, haluskan sampai halus lalu tumis sampai harum dan matang.
  2. Kedua masukkan air dan semua bahan, tutup panci.
  3. Masak hingga meresap dan mengering kuahnya.

Bahan telur, semur dan kuah :

  1. Telur rebus 3 butir
  2. Kecap manis 3 sendok makan
  3. Air kaldu 700 ml ( atau air biasa )

Bumbu halus :

  1. Bawang merah 4 butir
  2. Bawang putih 2 siung
  3. Merica 1/8 butiran

Cara membuat semur :

  1. Pertama tumis bumbu halus sampai harum dan matang, lalu masukkan air kaldu
  2. Lalu masukkan telur dan semua bumbu
  3. Masak hingga telur kecoklatan, tapi kuah jangan sampai habis.

Pelengkap bubur :

  1. Cakwe
  2. Bawang merah goreng
  3. Daun bawang dan seledri cincang
  4. Kerupuk dan sambal rawit

Penyelesaian :

  • Tata bubur dan tumisan ati ampela dipiring/ mangkuk.
  • Sajikan dengan telur semur dan pelengkap lain.

Mudah sekali ya teman- teman membuat bubur ayam ala bandung, rasanya enak dan tentu saja bergizi, untuk telur bisa dibikin semur atau cuma direbus saja tidak masalah, tergantung selera. Selain bubur ayam khas Bandung, ada lagi bubur ayam khas Indonesia yang tidak boleh dilewatkan, antara lain :

  • Bubur sumsum
  • Bubur sagu
  • Bubur ketan hitam
  • Bubur candil
  • Bubur baro- baro
  • Bubur Jali- jali
  • Bubur suji ayu
  • Bubur cacah talas
  • Bubur ase
  • Bubur kacang hijau
  • Bubur manado
  • Bubur manggul
  • Bubur mutiara
  • Bubur kanji rumbi

Itu dia bubur- bubur khas Indonesia, siapa tau anda mau mencobanya. Tips yang mungkin males membuat bubur ayam karena lama ya teman- teman, ada alternatif lain yaitu memasak bubur ayam menggunakan rice cooker, masaknya lambat tapi matang dengan sempurna, untuk membuat bubur ayam usahakan menggunakan air kaldu supaya buburnya enak dan lezat, daripada menggunakan air biasa tetapi apabila menggunakan kaldu blok bubur ayam juga sama- sama gurih kok teman- teman. Untuk yang mau memasak menggunakan kompor, untuk api kompor jangan terlalu besar, supaya air kaldunya tidak cepat menyusut tetapi buburnya belum matang. Bubur ayam ini jika ingin praktis, bisa juga dengan tumisan udang atau semur tahu, tidak harus dengan suwiran ayam, silahkan berkreasi ya teman- teman. Sekian ya resep dari masakankeluarga.com, semoga selalu menginspirasi dan selalu menyajikan resep- resep makanan yang lezat dan sehat. Jangan lupa buka juga resep masakan yang lainnya. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*