Thursday , 22 August 2019
Home » Uncategorized » Resep Burger Mini Keju

Resep Burger Mini Keju

Gambar Burger Mini Keju

MasakanKeluarga.com – Hamburger atau biasa orang menyebut burger bukan berasal dari kata ham atau daging asap dalam bahasa inggris., melainkan berasal dari kota Hamburg di negara Jerman yang menjadi awal mula daging di dalam burger berasal. Jdi dapat disimpulkan kata  Hamburger berarti makanan yang berasal dari Hamburg. Kemudian dari kota kedua terbesar di Jerman ini banyak penduduknya yang bermigrasi ke Amerika dan menyebarkan pembuatan burger disana. Sebelum menyebar ke Eropa daging burger sudah lama menjadi makanan khas bangsa Tartar di Asia Tengah. Makanan tersebut berupa daging yang dicincang dan dimakan mentah- mentah menggunakan air perasan jeruk. Lalu makanan tersebut dibawa ke Benua Eropa, tepatnya ke kota Hamburg. Karena masyarakat disana menolak makan daging yang tidak dimasak lalu daging khas Tartar tersebut mengalami modifikasi dengan dibakar atau digoreng. Sajian daging tersebut disukai banyak orang dengan nama ‘Hamburger Steak’ mulai saat itu hamburger populer di Amerika roti bulat dengan isi daging, berbagai macam sayur dan acar dan dikenal sampai sekarang. Di Indonesia hamburger termasuk makanan yang menjadi favorit banyak orang, dan juga gampang ditemui dari burger kaki lima hingga restoran cepat saji yang sudah terkenal di seluruh dunia, penyajian burger di Indonesia hampir sama dengan burger dari negaranya Amerika, cuma seiring perkembangan zaman isian burger mulai berkembang dan rasa juga semakin bervariasi contoh burger citarasa Indonesia ada yang namanya Burger Rendang, hmm unik ya pasti rasanya. Nah, kali ini masakankeluarga akan membagi membuat burger mini keju yang lezat, ini dia resepnya.

Bahan-bahan :

Burger Bun (roti burger)

  1. Tepung terigu protein tinggi 231 gram gram
  2. Gula pasir 1 ½ sendok makan
  3. Ragi instan 1 sendok teh
  4. Susu cair 125 ml
  5. Telur 1 atau 2 butir
  6. Butter 1 ½ sendok makan (bisa pakai margarine)
  7. Garam 3/4sendok teh
  8. Bahan olesan telur 1 butir+ susu cair 3 sendok makan , wijen untuk taburan

Cara membuat burger bun :

  1. Campurkan tepung terigu, gula pasir dan ragi instan hingga tercampur rata
  2. Masukkan campuran telur dan susu, uleni hingga kalis kemudian tambahkan butter dan garam. Uleni kembali hingga kalis dan elastis.
  3. Bagi adonan @30 gram, diamkan selama 10 menit
  4. Bulatkan adonan , tata adonan di loyang yang sudah dioles tipis margarin atau minyak sayur dan diamkan hingga mengembang 2x lipat.
  5. Olesi dengan bahan olesan, lalu taburi wijen
  6. Panggang dengan oven bersuhu 200’C selama kurang lebih 15 menit untuk ukuran mini, oven dipanaskan terlebih dahulu sebelum memanggang adonan burger.
  7. Setelah matang dan angkat, tunggu sampai hangat lalu olesi dengan margarin.

Ham atau daging burger

  1. Daging giling 250 gram
  2. Tepung panir 25 gram
  3. Susu bubuk 1 sendok makan
  4. Keju parut 25 gram
  5. Garam 1 sendok teh (kalau tidak suka gurih bisa ½ sendok teh )
  6. Gula pasir ½ sendok teh
  7. Merica bubuk ¼ sendok teh
  8. Pala bubuk 1/8 sendok teh
  9. Telur 1 butir
  10. Bawang bombay ½ buah , iris halus

Cara membuat ham atau daging burger :

Campur semua bahan , bentuk bulat pipih, lalu goreng sebentar hingga matang.

Bahan olesan burger :

  • Saus barbeque 1 sendok makan
  • Saus tomat 1 sendok makan
  • Kecap manis 1 sendok makan
  • Semua bahan olesan dicampur rata ya teman- teman

Penyelesaian:

  • Olesi daging burger yang sduah digoreng dengan saus
  • Panggang sebentar hingga kecoklatan di grill pan
  • Sajikan burger dengan selada, keju slice dan tomat, sajikan segera.

Ada tips ya teman- teman supaya daging burgernya tidak amis, pilih daging yang fresh. Bisa daging yang sudah digiling atau beli daging yang segar, kemudian kita cincang atau giling sendiri. Untuk lebih higienis dan amannya sebaiknya kita beli daging segar saja lalu kita cincang atau giling sendiri, biar tahu kualitas daging yang kita beli. Sebenarnya dagingnya bisa juga langsung di grill kalau mau ala- ala luar negeri, tetapi kalau suka yang matang dagingnya digoreng saja sebentar, tapi jangan sampai kering biar masih terasa juicy enak manis. Kalau terlalu kering rasanya keras dan sepo (bahasa jawa yang artinya tawar). Burger ini sudah bergizi isiannya lengkap sekali ada dagingnya, ada keju nya dan ada sayurannya, cocok buat anak yang susah makan sayur, resep ini boleh dicoba. Wah tambah lagi ya teman- teman resep yang oke punya, wajib banget dicoba untuk camilan anak anda, atau bekal kesekolah. Jangan lupa buka resep kita yang lainnya yaitu Resep Simple Beef Bulgogi. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*