Thursday , 14 November 2019
Home » Uncategorized » Resep Ca Bakso Ikan Tengiri

Resep Ca Bakso Ikan Tengiri

Gambar Ca Bakso Ikan Tengiri

MasakanKeluarga.com – Bakso, makanan yang identik dengan daging sapi atau ayam. Siapa yang tidak suka bakso, hampir semua orang mengidolakan makanan ini. Tidak hanya rasa baksonya yang enak tetapi kuah kaldunya segar. Kali ini pengen membahas bakso tetapi dari ikan, ikannya kita pilih ikan tengiri. Ikan tengiri biasanya sering diolah menjadi pempek khas kota Palembang, selain pempek tengiri juga diolah menjadi siomay dan kerupuk. Ikan tengiri tenyata punya manfaat bagi kesehatan, diantaranya

  • Mengandung omega 3 yang mampu membantu pertumbuhan dan perkembangan anak, omega 3 juga bermanfaat menurunkan tekanan darah dan menyehatkan jantung
  • Mengandung protein protein ikan tengiri memiliki asam amino yang tinggi yang bermanfaat meningkatkan fungsi pada otak.
  • Mengandung mineral yang membantu mencegah anemia karena mengandung zat besi, dan yodium yang mencegah penyakit gondok.
  • Mengandung kalori ikan tengiri memiliki kalori yang rendah sehingga cocok untuk diet
  • Mengandung kolesterol yang rendah, tetapi walaupun kolesterol rendah harus dikonsumsi dalam jumlah yang wajar tidak boleh berlebihan.
  • Untuk itu masakankeluarga.com akan memberikan resep ikan tengiri yang diolah menjadi bakso dan dimasak ca, silahkan dicatat ya teman-teman.

Bahan-bahan bakso ikan :

  1. Ikan tengiri 175 gram difillet lalu dicincang halus
  2. Tepung bakso 65 gram
  3. Putih telur 1 butir (pilih telur yang kecil)
  4. Air es 25 ml
  5. Bawang putih 2 siung, haluskan
  6. Garam ½ sendok teh
  7. Gula pasir ½ sendok teh
  8. Merica ¼ sendok teh

Cara membuat bakso:

  • Pertama siapkan ikan yang sudah dicincang tadi, masukkan food processor kalau tidak punya pake blender boleh masukkan juga air es, putih telu dan semua bumbu- bumbu yang lainnya, hingga adonan menjadi lembut dan tercampur rata.
  • Kedua masukkan tepung bakso, giling sebentar hingga tercampur rata. Jangan lupa tes rasa supaya rasanya pas apabila kurang asin bisa ditambah garam. Kalau sudah pas buat bulatan kecil lalu masukkan ke air hangat, lakukan sampai adonan ikan habis.
  • Ketiga juga sudah semua adonan masuk ke air hangat, lalu nyalakan api sedang dan rebus hingga bakso mengapung.
  • Keempat angkat bakso dan sisihkan terlebih dahulu.

Bahan-bahan ca bakso ikan :

  1. Bakso ikan yang kita buat tadi 10 buah
  2. Sawi 3 ikat
  3. Bawang bombay 1 buah
  4. Bawang putih 2 siung geprek
  5. Jahe 2 cm geprek
  6. Saus tiram 1 sachet (merk apa saja)
  7. Gula ¼ sendok teh
  8. Merica ¼ sendok teh
  9. Garam secukupnya
  10. Air 200 ml
  11. Tepung maizena 1 sendok teh

Cara membuatnya:

  1. Pertama siapkan wajan atau teflon tumis bawang bombay, bawang putih, jahe hingga harum, tumis hingga harum dan layu, masukkan bakso ikan, air , dan bumbu- bumbu yang lainnya.
  2. Kedua tunggu hingga mendidih masukkan sawi ,aduk rata hingga sawi layu,.
  3. Ketiga masukkan tepung maizena yang dicampur sedikit air ,lalu masukkan ke dalam tumisan bakso tadi aduk hingga mengental, koreksi rasa jangan lupa.
  4. Terakhir matikan api dan sajikan. Ca bakso ikan tengiri siap disantap bersama nasi hangat.

Untuk anda yang bosan makan ikan digoreng, atau dibakar ca bakso ikan tengiri ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Untuk anda yang punya alergi terhadap ikan bisa diganti dengan bakso ayam atau bakso daging sapi. Ciri-ciri orang yang alergi terhadap ikan adalah

  1. Timbul ruam kemerahan pada kulit atau bentol-bentol
  2. Keram perut atau kembung
  3. Mual, muntah dan diare
  4. Batuk dan bersin-bersin
  5. Sulit bernafas dan jantung berdebar-debar
  6. Sakit kepala

Nah sudah tahu ya manfaat ikan dan juga ciri orang yang alergi terhadap ikan.  Sebenarnya ikan adalah bahan makanan yang sehat, tetapi kita harus berhati-hati dalam membeli ikan,usahakan beli ikan yang segar, karena sekarang ini banyak pedagang nakal yang mengawetkan ikan menggunakan formalin. Ciri-ciri ikan segar yaitu :

  1. Mata jernih,bersih dan menonjol keluar
  2. Ingsang berwarna merah darah segar
  3. Daging ikan elastis
  4. Kulit atau sisik tidak mudah rusak
  5. Beraroma khas daging ikan

Ciri-ciri ikan yang tidak segar :

Beraroma busuk dan ikan mudah hancur

Jangan membeli ikan yang kelihatannya segar tetapi tidak dihinggapi lalat. Justru ikan yang masih segar itu lalat mau menempel.

Membeli ikan di pasar tradisional dan supermarket sama saja , kita harus jeli dalam memiih dan membeli ikan. Demikian ya informasi yang sudah kita sampaikan. Semoga selalu bermanfaat, dan jangan bosan- bosan buka resep kita yang lain yang tidak kalah sedap seperti abon sapi spesial, ayam pop citarasa minang, bakso komplit arek malang. Sealamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*