Wednesday , 20 November 2019
Home » Uncategorized » Resep Ca Oyong Telur

Resep Ca Oyong Telur

Gambar Ca Oyong Telur

MasakanKeluarga.com – Gambas atau oyong adalah komoditi sayur minor. Oyong mudah hidup dimana saja, tanaman ini termasuk tanaman merambat, yang membutuhkan iklim panas atau tropis, dan tentu saja air yang cukup sepanjang musim. Tidak cuma di Indonesia ternyata oyong juga tersebar di Asia seperti misal di China , Jepang, Korea, Filipina dan India. Sayur oyong biasanya diolah dengan cara dibuat sup, sayur bening dan ditumis. Daging buahnya sangat lembut, dan manis jika masih muda. Namun jika sudah tua rasanya hambar dan sedikit berserat. Harga oyong ini cukup murah dan mudah ditemui di tukang sayur atau pasar tradisional. Manfaat dan gizi sayur oyong bagi kesehatan adalah :

  1. Rendah kalori
  2. Sumber mineral fosfor
  3. Menurunkan kadar gula dalam darah
  4. Membunuh sel kanker
  5. Mengatasi radang tenggorokan
  6. Menjaga kecantikan kulit
  7. Mengobati cacingan pada anak

Ternyata sayur oyong juga baik untuk kesehatan bayi lho teman- teman, ini dia manfaatnya :

  1. Sebagai serebroprotektif yaitu sangat bagus untuk perkembangan otak bayi
  2. Sebagai anti inflamsi yaitu dapat menghilangkan rasa sakit dari gangguan inflamasi tertentu
  3. Sebagai anti mikroba yaitu sebagai pengobatan untuk berbagai kondisi termasuk infeksi jamur, bakteri dan virus
  4. Sebagai perlindungan terhadap alergi dapat meringankan gejala alergi musiman jika digunakan secara teratur paling sedikit 42 hari

Resep yang akan kita bagikan hari ini adalah ca oyong telur, resep sederhana tetapi lezat dan tentunya bergizi. Ini dia resepnya.

Bahan- bahan :

  1. Oyong muda 2 buah kupas dan potong- potong
  2. Telur 2 butir dikocok lepas
  3. Bawang putih 2 siung dicincang halus
  4. Daun bawang 1 batang diiris halus
  5. Saus tiram 1 sendok makan
  6. Kaldu bubuk ½ sendok teh
  7. Merica secukupnya
  8. Kecap asin 1 sendok teh
  9. Gula secukupnya
  10. Minyak goreng untuk menumis

Cara membuat :

  • Pertama  siapkan wajan panaskan minyak goreng, lalu masukkan kocokan telur bikin orak – arik, masukkan bawang putih cincang, tumis hingga harum.
  • Kedua masukkan oyong, beri bumbu- bumbu lainnya, tuang air secukupnya, aduk rata dan tunggu hingga oyong matang, koreksi rasa, masukkan daun bawang , aduk sebentar.
  • Setelah matang angkat dan sajikan dengan nasi hangat.

Mudah sekali ya membuat ca oyong telur ini, bisa untuk sarapan karena membuatnya juga tidak memakan waktu lama. Anda boleh memodifikasi untuk isian ca oyong telur ini, bisa ditambah wortel, udang, ayam atau yang lainnya sesuai selera. Banyak orang yang tidak mengetahui manfaat oyong atau gambas ini, justru oyong atau gambas ini tidak ada dampak negatifnya, jadi seberapa banyak anda makan tidak masalah. Apalagi yang melihat bentuk fisik oyong yang agak seperti kaktus mungkin orang malas memasak dan mengolahnya, karena oyong ini tidak sepopuler sayuran yang lainnya yang biasa dimasak sebagai menu sehari- hari. Untuk di restoran chinese food oyong juga dimasak seperti oyong garlic, capcay oyong kuah dan masih banyak yang lainnya. Tips memasak oyong agar tidak hancur, yaitu jangan mengupas kulit oyong sampai habis, jadi cukup bagian yang tajam saja yang dikupas, agar  waktu proses memasak sayur oyong ini tidak hancur. Proses memasak sayur oyong ini juga jangan terlalu lama, pakai api kecil atau sedang saja, kalau sudah sampai layu memasaknya nutrisi yang terkandung pada oyong hilang dan tidak segar lagi. Untuk menyimpan oyong tidak perlu dimasukkan di dalam kulkas, cukup diletakkan di tempat yang tidak lembab, oyong punya daya tahan suhu yang baik, hingga mampu bertahan 1 minggu di suhu ruangan, asalkan tidak ada bagian oyong yang terbuka, hanya saja oyong akan keriput dan keras bila disimpan terlalu lama. Tidak ada salahnya mencoba resep ca oyong telur ini, dan intip juga resep masakankeluarga yang lainnya  seperti resep ca kangkung saus tiram, resep ca kangkung belacan dan masih banyak lagi. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*