Sunday , 22 September 2019
Home » Uncategorized » Resep Carabikang nan Lembut dan Lezat

Resep Carabikang nan Lembut dan Lezat

MasakanKeluarga.com – Kue tradisional Indonesia berbahan dasar tepung beras dan santan ini memiliki rasa lezat dengan tekstur lembut. Penampilannya sangatlah cantik, menarik, dan unik antara perpaduan warna merah serta hijau dari warna dasar kue, membuat orang ingin segera menyantapnya. Resep kue carabikangpun menjadi salah satu yang dicari para ibu-ibu yang ingin menyajikan kudapan lezat untuk keluarga.

Disamping penampilan yang menggoda, kue carabikang juga memiliki rasa lezat yang bikin ketagihan. Terlebih teksturnya sangat lembut berserat. Inilah yang menjadikan kuliner tradisional satu ini sangat cocok dilidah orang Indonesia, terutama masyarakat Jawa Tengah. Nah, bagi Anda yang berada di kawasan Jawa, Anda bisa menemukan kue ini dengan mudah dipasar, atau penjual jajanan tradisional.

Kue Carabikang : Jajanan Tradisional Indonesia

Saat ini carabikang telah menjadi kuliner tradisional Indonesia. Jajanan pasar ini terbuat dari tepung terigu, gula, dan tepung beras. Dari bahan dasarnya, carabikang mirip dengan kue cucur, namun rasa manis, warna dan bentuknya tentulah tidak seperti kue cucur yang lebih dominan dengan gula jawa. Carabikang penampilannya lebih warna warni.

Kue carabikang awalnya berwarna merah muda, seiring berjalannya waktu banyak orang melakukan eksperimen dengan resep kue carabikang. Saat ini muncul banyak varian baru dari jajanan pasar tersebut. Ada yang berwarna warni, bahkan tidak sedikit penjual menambah toping untuk meningkatkan nilai jual.

Sebenarnya kue tradisional ini bisa dengan mudah ditemukan di pasar ataupun toko kue dengan harga terjangkau. Walaupun begitu, membuat kue carabikang sendiri tentulah lebih aman dan hemat.

Resep Kue Carabikang yang Lembut dan Cepat

Setelah membaca sedikit ulasan diatas, rasanya kurang lengkap bilamana Anda tidak mencoba sendiri membuat jajanan teradisional ini. Berikut ini resep kue carabikang yang bisa anda buat di rumah untuk keluarga tercinta.

Waktu untuk Membuat Resep Kue Carabikang

  • Persiapan 50 – 60 menit
  • Proses memasak 1 – 1 ½ jam
  • Jumlah porsi 22 buah

Bahan Membuat Carabikang

Bahan Bikang

  • Santan 150 ml dari ¼ butir kelapa
  • Tepung beras 2 sendok makan

Bahan Oles

  • Santan 150 ml dari ½ butir kelapa
  • Garam dapur secukupnya

Bahan untuk Kue Carabikang

  • Tepung beras 350 gr
  • Gula pasir 150gr
  • Tepung terigu berprotein sedang 50 gr
  • Pewarna makanan (hijau atau sesuai selera) 2 tetes
  • Pewarna makanan (merah atau sesuai selera) 2 tetes
  • Garam dapur ¾ sendok teh
  • Santan 700 ml dari ½ butir kelapa
  • Kelapa parut secukupnya

Cara Membuat Kue Carabikang

Membuat Bahan Oles

  1. Sediakan panci secukupnya, kemudian masukkan santan yang telah disiapkan dan tambahkan garam secukupnya
  2. Nyalakan kompor dengan api kecil, rebus hingga mendidih sambil terus di aduk-aduk jangan sampai santan pecah
  3. Jika sudah mendidih, angkat dan sisihkan

Membuat Carabikang

  1. Pertama-tama sediakan panci dengan ukuran sedang, kemudian masukkan tepung beras serta santan kedalam panci untuk menjadi biang. Nyalakan kompor dengan api sedang dan tunggu hingga bahan mendidih sambil terus di aduk secara perlahan. Setelah mendidih angkat dan sisihkan
  2. Langkah berikutnya yakni menyiapkan wadah secukupnya untuk mencampurkan tepung beras, tepung terigu, garam dapur, dan gula pasir menjadi satu. Setelah semua tercampur rata, masukkan rebusan tepung beras dan santan sebelumnya dalam keadaan panas. Aduk kembali semua bahan sampai tercampur sempurna
  3. Ketika adonan sudah tidak terlalu panas (hangat), masukkan santan secara perlahan sambil di aduk. Setelah itu kocok adonan kurang lebih 15 – 20 menit.
  4. Setelah itu, ambil adonan yang sudah di kocok sebanyak 4 – 5 sendok makan. Berikan pewarna makanan berwarna hijau dan aduk adonan sampai warna tercampur sempurna.
  5. Panaskan cetakkan untuk membuat kue carabikang dan isi dengan kelapa parut di dalam cetakkan sambil di aduk sesekali. Setelah itu tuangkan adonan yang telah diberi warna ke dalam cetakan sebanyak ¾ ukuran cetakkan. Selanjutnya teteskan pewarna makanan merah dan hijau dibagian yang ingin diberikan warna
  6. Masukkan cetakkan yang sudah berisi adonan sampai timbul lubang-lubang, lalu cukil dibagian tengah dan bawah dari adonan. Tahan posisi ini sampai adonan merekah dan menjadi kue carabikang, kemudian kue bisa diletakkan di wadah penyajian
  7. Untuk proses terakhir, anda oleskan bagian tengah dan bawah kue dengan bahan olesan yang sebelumnya sudah di buat terlebih dahulu. Kue carabikang siap untuk disajikan

Mudah bukan membuat resep kue carabikang? Kue ini akan menjadi lebih nikmat saat disajikan di tengah-tengah keluarga dengan minuman hangat dan disandingkan dengan minuman hangat seperti teh atau kopi. Nikmati hangatnya keluarga dengan sajian tradisional yang lezat, klasik dan lezat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*