Tuesday , 23 July 2019
Home » Camilan » Resep Cilok Ebi Bumbu Kacang

Resep Cilok Ebi Bumbu Kacang

MasakanKeluarga.com – Cilok adalah makanan khas daerah Jawa Barat yang terbuat dari tepung tapioka yang kenyal dengan tambahan bumbu pelengkap, seperti sambal kacang, kecap dan saus. Cilok ini bentuknya bulat-bulat seperti bakso, hanya saja berbeda bahan dasarnya. Terdapat telur dan daging cincang di dalamnya karena terbuat dari bahan dasar tapioka maka cilok terasa kenyal saat dimakan. Cilok adalah singkatan dari aci dicolok, cilok ini ditusuk dengan lidi seperti sate, dinamakan demikian karena bahan utamanya tapioka yang dalam bahasa Sunda disebut aci, dan biasanya dihidangkan dengan cara dicolok.  Jajanan ini berasal dari Tasikmalaya dan dikenalkan di Bandung pada tahun 2001.

Gambar Cilok Ebi bumbu kacang

Makanan ini banyak ditemui di daerahnya Bandung, tetapi cilok semakin tenar hingga di penjuru daerah di Indonesia ada, makanan ini favorit banyak orang, disamping murah dan dapatnya banyak, tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Daripada beli di pinggir jalan yang belum tentu sehat dan aman dikonsumsi. MasakanKeluarga.com akan membagi resepnya untuk Anda, disamping mudah cara membuatnya, cilok ini juga sehat karena bikinan sendiri, jadi bahan-bahan yang digunakan tentu saja pilihan dan berkulitas.

Bahan-bahan:

  1. Tepung terigu 100 gram.
  2. Tepung tapioka 100 gram.
  3. Ebi 1 sendok makan munjung yang sudah disangrai.
  4. Air panas 200 ml secukupnya.
  5. Bawang putih 1 siung.
  6. Daun bawang 2 batang iris halus bagian daunnya saja.
  7. Merica bubuk ¼ sendok teh.
  8. Gula pasir ½ sendok teh.
  9. Bubuk kaldu 1 sendok teh.
  10. Garam secukupnya.

Cara membuat:

  • Pertama, siapkan wadah campurkan terigu dan bumbu-bumbu lain, tuangi air panas secukupnya, sampai adonan basah tetapi tidak cair dan masih bisa dipulung.
  • Kedua, masukkan tepung tapioka aduk rata saja, jangan diuleni terlalu kuat biar tidak terlalu kenyal ciloknya, sampai adonan dapat dibentuk, jika dirasa masih kering bisa ditambah dengan air panas sedikit.
  • Ketiga, tes rasa cicipi adonan sedikit saja, sudah pas apa belum rasanya, jika sudah pas sesuai selera bisa dibentuk bulat-bulat sesuai dengan selera besarnya.
  • Keempat, siapkan panci tambahkan air rebus sampai mendidih, lalu adonan cilok tadi masukkan ke air yang sudah mendidih sampai matang dan mengapung.
  • Terakhir, angkat dan sajikan dengan cara ditusuk menggunakan tusuk sate dengan sambal kacang dan tambahkan saus sambal bila suka.

Bahan sambal kacang:

  1. Kacang tanah 100 gram.
  2. Bawang putih 1 siung.
  3. Cabai merah 3 buah ( sesuai selera ).
  4. Gula merah 25 gram.
  5. Garam secukupnya.
  6. Kecap manis sesuai selera.
  7. Saus sambal jika suka.

Cara membuat sambal kacang:

Siapkan wajan, panaskan minyak lalu goreng kacang, bawang putih dan cabai merah lalu haluskan, tambahkan gula, garam, kecap dan saus. Aduk rata.

Eh ternyata makan cilok ada manfaatnya lho… Apa ya manfaat cilok,ini dia manfaatnya:

  1. Makan cilok dapat menaikkan berat badan, karena mengandung karbohidrat yang cukup banyak.
  2. Bikin tulang kuat karena cilok mengandung kalium yang cukup tinggi yang baik untuk tulang.
  3. Mengandung protein , protein yang terdapat pada cilok akan membantu menjaga kesehatan, dengan cara meningkatkan kekebalan tubuh, meningkatkan kesehatan jantung dan memberikan energi berlebih untuk beraktivitas.

Selain bermanfaat cilok ternyata juga berbahaya kalau dikonsumsi secara berlebihan, bahayanya adalah :

  1. Mengandung lemak yang tinggi 88% cilok mengandung lemak, apabila asupan yang masuk ke dalam tubuh tidak terkontrol maka bisa menyebabkan penyakit diabetes, kanker, sembelit dan meningkatnya kolesterol dalam tubuh.
  2. Menyebabkan diare jika mengkonsumsi cilok terlalu pedas akan sangat mengganggu kesehatan pencernaan, termasuk menjadi diare.
  3. Menyebabkan mual dan muntah, cilok juga dapat menyebabkan mual dan muntah apabila dikonsumsi dalam jumlah yang tidak terkontrol, hali ini terjadi karena beberapa faktor yang terdapat dalam isian cilok, racikan bumbu dan bisa juga karena alergi beberapa makanan yang tercampur dalam cilok.

Gampang sekali ya membuat cilok ini, Anda juga bisa menggunakan resep diatas untuk usaha jualan cilok, usaha cilok modal sedikit tapi untungnya selangit. Terkadang cilok yang dibuat ada yang menggunakan pengawet seperti zat formalin atau borak, jelas-jelas itu sangat berbahaya bila dikonsumsi terus menerus apalagi untuk anak-anak, untuk itu apabila ingin berjualan cilok jangan pernah memakai bahan pengawet.

Untuk cilok bisa dikreasikan ditambah isian bisa telur orak arik, daging sapi cincang, daging ayam cincang atau telur puyuh. Selamat berkreasi ya teman-teman dengan resep dari MasakanKeluarga.com. Jangan lupa coba juga resep-resep kita yang lainnya yang tidak kalah sedap. Selamat mencoba. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*