Tuesday , 15 October 2019
Home » Camilan » Resep Cireng Istimewa

Resep Cireng Istimewa

MasakanKeluarga.com – Cireng singkatan dari aci digoreng, jajanan khas Sunda ini sudah ada dari era 90-an. Dibuat dengan cara menggoreng campuran adonan yang berbahan utama tepung kanji atau tapioka. Makanan ini sangat populer di daerah Priangan dan dijual dalam bentuk variasi rasa. Seiring perkembangan zaman, cireng telah terinovasi hingga variasi rasa yang ada mencakup daging ayam, sapi, sosis, baso, keju dan ayam teriyaki. Sekarang cireng tidak hanya di Bandung saja tetapi sudah populer tersebar di penjuru tanah air. Zaman dahulu cireng dijual dengan sepeda keliling, sekarang cireng sudah lebih praktis dijual secara online atau dijual secara rumah tangga (homemade). Cireng di kota Bandung yang terkenal di daerah Cipaganti, nah yang terkenal cireng buatan Abah Radja hingga sekarang cireng buatannya masih diserbu penggemarnya.

Gambar Cireng istimewa

Katanya cireng buatannya terkenal dengan saus kacangnya yang lembut dan gurih, saat Anda menggigit cirengnya sensasi saus kacangnya lumer di mulut hmmm tidak kebayang ya lezatnya. Nah dari pada penasaran tidak usah jauh-jauh pergi ke kota Bandung, MasakanKeluarga.com akan membagi resep cireng untuk anda.

Bahan-bahan:

  1. Tepung tapioka 150 gram.
  2. Daun bawang 2 batang iris tipis.
  3. Daging ikan tengiri yang sudah difillet 50 gram ( kalau tidak pakai ikan tengiri bisa di skip ).
  4. Putih telur 1 buah.

Bahan biang:

  1. Tepung tapioka 50 gram.
  2. Tepung terigu protein sedang 2 sendok makan.
  3. Air 100 ml.
  4. Bawang putih 2 siung haluskan.
  5. Kaldu ayam bubuk 1 sendok teh.
  6. Garam secukupnya.
  7. Merica bubuk ¼ sendok teh.
  8. Gula pasir ¼ sendok teh.
  9. Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng.

Cara mengolah biang:

  • Siapkan panci berisi air, didihkan air,masukkan semua bahan dan bumbu-bumbu, aduk rata hingga menggumpal dan menjadi adonan yang matang.
  • Kedua, campurkan adonan dengan daging ikan tengiri dan 1 butir putih telur, lalu proses di food prossecor hingga menjadi adonan yang halus ( kalau tidak ada bisa pakai mixer).
  • Ketiga, campur adonan dengan tepung tapioka dan daun bawang, uleni rata.
  • Keempat, olesi tangan dengan minyak goreng, lalu bentuk cireng sesuai selera, lalu ambil sedikit adonan lalu dijereng jereng atau dipipihkan gitu, jadi bentuk bulat tipis.
  • Kelima siapkan wajan, tuang minyak goreng secukupnya, panaskan dahulu minyaknya, setelah minyak panas goreng cireng hingga matang dan renyah bagian luarnya, dengan api sedang saja jangan menggunakan api yang besar.
  • Terakhir sajikan dengan cabai rawit atau saus sesuai selera.

Apa yang istimewa dari cireng ini, untuk cireng biasanya bahannya tidak menggunakan ikan tengiri, kalau resep ini menggunakan ikan tengiri, wah tambah nikmat ya rasanya. Dan tips membuat cireng ini pakai telur yang putihnya saja, jangan menggunakan kuningnya, karena kalau menggunakan kuning telur, adonan cirengnya tidak bisa putih bersih, pasti cirengnya agak kekuning-kuningan warnanya.

Tanpa disadari mengkonsumsi cemilan cireng ada manfaatnya lho teman-teman, mungkin orang menganggap makan cireng ini sepele tapi ternyata banyak manfaatnya. Manfaat dari cireng adalah:

  1. Mengendalikan sirkulasi dan tekanan darah.
  2. Mengembangkan otot.
  3. Menaikkan berat badan.
  4. Menguatkan tulang.
  5. Meningkatkan energi tubuh.
  6. Menyehatkan sistem pencernaan.
  7. Mencegah pengeroposan tulang.
  8. Mengobati sakit maag.
  9. Menjaga kesehatan jantung.

Tips memilih cireng yang aman:

  • Pilih cireng yang memiliki aroma khas bumbu dan kenyal khas sagu / aci.
  • Cireng yang berbahaya lebih cepat kering sementara cireng yang alami lebih cenderung berminyak.
  • Cireng yang berbahaya meninggalkan rasa pahit atau getir di lidah setelah dikonsumsi.

Tips supaya cireng tetap renyah walaupun sudah keadaan tidak panas yaitu:

  • Pilihlah tepung sagu atau tapioka yang masih fresh dan baru.
  • Ayak terlebih dahulu tepung tapioka atau tepung sagu supaya tidak menggumpal kalau dicampur dengan bahan lain.
  • Jangan menggoreng cireng dengan minyak yang terlalu panas, karena cireng mudah gosong luarnya tetapi dalamnya belum matang.

Wah komplit sekali ya teman-teman pembahasan tentang cireng, resep, manfaat dan tips-tipsnya sangat menarik untuk disimak dan dicoba. Untuk resep diatas bisa teman-teman modifikasi lagi, bisa dengan isian sesuai selera, untuk bahan-bahan juga mudah sekali di dapat di pasar tradisional atau toko terdekat.

Jangan lupa juga mencoba resep yang lainnya seperti resep cilok bumbu kacang, resep chicken katsu pedas dan masih banyak yang lainnya. Terima kasih ya telah setia berkunjung di blog MasakanKeluarga.com, semoga selalu menginspirasi ibu-ibu muda untuk menyajikan masakan yang tidak cuma lezat tetapi juga sehat untuk keluarga tercinta. Selamat mencoba. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*