Tuesday , 15 October 2019
Home » Uncategorized » Resep Coto Makassar

Resep Coto Makassar

Gambar Coto Makassar

MasakanKeluarga.com – Hari ini kita jalan- jalan ke kota Makassar, ngulik makanan khas dari daerah sana, tetapi tidak kesana langsung ya, nguliknya lewat resep masakan yang akan dibahas hari ini. Kali ini masakankeluarga akan membahas Coto Makassar. Coto Makassar adalah makanan tradisional Makassar, Sulawesi Selatan, makanan ini terbuat dari jerohan ( isi perut ) sapi yang direbus dalam waktu yang lama.  Rebusan jerohan bercampur daging sapi ini kemudian diiris- iris lalu dibumbui dengan bumbu yang diracik secara khusus. Coto dihidangkan dalam mangkuk dan dinikmati dengan ketupat dan burasa atau yang dikenal dengan buras, yakni sejenis ketupat yang dibungkus daun pisang. Coto Makassar ini diperkirakan sudah ada sejak masa Kerajaan Gowa di abad- ke 16. Dahulu bagian daging sapi sirloin dan tenderloin hanya disantap dan disajikan untuk keluarga Kerajaan. Sementara bagian jerohan disajikan untuk masyarakat kelas bawah atau abdi dalem pengikut kerajaan. Untuk saat ini Coto sudah tersebar di berbagai wilayah di Indonesia, mulai di warung pinggir jalan hingga restoran. Masyarakat umum juga menyukai bagian daging sapi atau kerbau yang terletah di bagian punggung (sirloin) itu. Sementara beberapa penjual memberi pilihan daging sapi atau jerohan, atau campuran keduanya untuk dihidangkan. Umumnya daging yang digunakan adalah daging sapi, namun ada pula yang menggunakan berbagai macam daging jerohan sapi, lidah, otak, limpa, paru, hati, jantung, babat dan lainnya. Tak usah berlama- lama mari kita catat resepnya dan mencoba dirumah ya teman- teman.

Bahan- bahan :   

  1. Daging sapi 500 gram ( bisa acampur jerohan )
  2. Air cucian beras 2 liter (air cucian kedua dan ketiga)
  3. Biji pala ½ buah
  4. Daun jeruk purut 8 lembar
  5. Kayu manis 2 cm 2 batang
  6. Semua bahan diatas direbus bersamaan dengan api kecil hingga daging empuk

Bahan lain :

  1. Kacang tanah 100 gram , sangrai, bersihkan kulitnya, lalu ulek atau blender kering hingga halus
  2. Sereh 5 batang geprek
  3. Kaldu sapi bubuk 2 sendok teh ( optional )
  4. Garam secukupnya

Pelengkap :

  1. Ketupat secukupnya
  2. Bawang merah goreng untuk taburan, daun bawang iris, sambal rawit rebus/ smabal tauco, kecap dan jeruk nipis secukupnya.

Bumbu halus :

  1. Bawang merah 5 butir
  2. Bawang putih 5 siung
  3. Jahe 5 cm
  4. Lengkuas 3 buah ( ukuran 3 cm )
  5. Ketumbar 3 sendok makan
  6. Merica bulat utuh 1 sendok makan
  7. Jintan 1 sendok teh
  8. Biji pala ½ buah

Cara membuat :

  • Pertama siapka ulegan ,  uleg bumbu- bumbu sampai halus
  • Kedua siapkan wajan tumis bumbu yang sudah dihaluskan sampai harum, masukkan kedalam rebusan daging
  • Ketiga masukkan garam, kacang tanah sangrai, dan bumbu lain. Masak hingga bumbu meresap. Koreksi rasa hingga pas bumbunya
  • Terakhir sajikan coto makassar dengan ketupat dan bahan pelengkap, bisa dimakan dengan nasi hangat.

Tips :

Rebus terlebih dahulu terpisah, jika pakai jerohan agar kuah tidah amis

Di resep tidak pakai gula, bisa ditambah gula sedikit biar makin sedep ( tidak juga tidak apa- apa)

Soto ini beda dengan soto pada umumnya, yang menggunakan santan atau kunyit untuk campuran bumbu kuahnya. Coto Makassar menggunakan kacang tanah sebagai bumbu dasar kuah. Kacang tanah yang digunakan adalah kacang tanah yang digoreng terlebih dahulu lalu dihaluskan dengan cara diblender. Kacang tanah kaya akan lemak dan mengandung protein yang tinggi zat besi, vitamin E dan kalsium. Kandungan protein dalam kacang tanah lebih tinggi dari daging, telur, dan kacang soya, kandungan serat yang tinggi sangat baik untuk kelancaran fungsi usus. Kacang tanah juga bisa membantu menurunkan resiko penyakit kanker usus besar dan melawan pembentukan batu empedu. Manfaat coto makassar adalah menyehatkan otak, baik bagi ibu hamil, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Saran untuk anak- anak, remaja dan orang tua yang menderita anemia sebaiknya mengkonsumsi Coto Makassar karena kualitas gizinya bagus, dan bisa mengatasi anemia, tetapi harus diingat yang berlebih itu tidak baik, maka dari itu jangan mengkonsumsi coto makassar secara berlebihan, apalagi yang sudah lanjut usia, karena daging jerohan yang ada di coto makassar dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Daging jerohan yang ada di coto makassar dapat menyebabkan kolesterol, tetapi coto makassar mempunyai manfaat yang baik. Lengkap sudah pembahasan tentang coto makassar, jangn lupa buka resep kita yang lainnya seperti resep capcay goreng pedas dan yang lainnya, terima kasih sudah setia dengan blog masakankeluarga.com Selamat Mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*