Friday , 20 September 2019
Home » Uncategorized » Resep Crispy Crepes

Resep Crispy Crepes

Gambar Crispy Crepes

MasakanKeluarga.com – Crepe atau crepes adalah panekuk tipis yang terbuat dari gandum dan merupakan makanan yang paling digemari di seluruh Eropa dan tempat lainnya. Bahan utamanya crepe adalah terigu, gula, susu, mentega dan garam. Sejarah crepe tercipta alkisah seorang perempuan memasak sepanci bubur, sebagian buburnya tumpah diatas batu di dalam tungku, tak dinyana tumpahan bubur itu matang lebih cepat, mudah digulung, dan lezat. Nah itulah awal lahirnya crepes. Terdapat dua jenis crepes, yaitu crepe manis yang terbuat dari tepung gandum dan crepes asin yang terbuat dari tepung buckwheat. Crepes berasal dari Btretagne, sebuah wilayah di Perancis bagian barat, di mana crepe disebut dengan Kramphouezh. Namun konsumsi crepes sudah meluas di seluruh Perancis. Buckwheat berasal dari Tiongkok, dan setelah menyebar ke Eropa Timur berkembang menjadi makanan yang disebut blintz. Sekarang kita catat resepnya ya teman- teman, siapa tau mau buat camilan untuk keluarga tercinta.

Bahan – bahan :

  1. Tepung terigu serbaguna 150 gram
  2. Tepung beras 120 gram
  3. Tepung kanji 50 gram
  4. Gula pasir 100 gram
  5. Telur 1 butir
  6. Butter 2 sendok makan , lelehkan
  7. Susu cair 500 ml
  8. Baking powder 2 sendok teh
  9. Vanila pasta ½ sendok teh

Cara membuatnya :

  • Pertama siapkan blender, masukkan 400 ml susu cair, gula pasir, dan telur, proses hingga lembut dan tercampur rata.
  • Kedua aduk sisa susu, dengan tepung terigu, tepung beras, kanji dan baking powder.
  • Ketiga tuang adonan tepung ke blender, proses rata.
  • Keempat tuang di wadah, tambah butter cair dan vanilla pasta, aduk rata siap dicetak.
  • Kelima panaskan wajan kuwalik diatas api kecil, celupkan ke adonan crepes, beri isi sesuai selera, masak sampai matang.
  • Sajikan untuk camilan keluarga tercinta.

Untuk crepes diatas toppingnya sesuai selera ya teman- teman, misal crepe pisang dan es krim, crepe jamur untuk versi asinnya, crepe caramel dan resberry, crepe coklat dan nutella, crepe telur dan masih banyak yang lainnya sesuai selera. Nah banyak orang yang sudah sering membuat crepes ini tapi selalu gagal, untuk itu simak tips agar crepes nya tidak gagal saat dibuat :

  • Perhatikan kekentalan adonan crepes : salah satu faktor penting yang mempengaruhi keberhasilan crepes adalah kekentalan adonannya. Karena tekstur crepes sangat renyah dan tipis, anda harus membuat adonan yang encer. Adonan yang terlalu kental akan menghasilkan kulit crepes yang tebal, sehingga teksturnya tidak akan renyah maksimal.
  • Saring adonan crepes : Jika adonan crepes sudah jadi , sebaiknya jangan langsung dicetak. Anda bisa menyaring adonan crepes terlebih dahulu, agar hasil crepes bisa lebih halus, mudah dicetak dan mudah diratakan.
  • Panggang crepes menggunakan wajan kuwalik atau terbalik, yang bentuknya sama seperti teflon terbalik. Wajan kwalik dipanaskan, terlebih dahulu dengan api kecil sampai cukup panas. Suhu dari wajan kwalik ini sangat mempengaruhi hasil crepes. Usahakan agar suhu wajan kwalik pas ya teman- teman.
  • Panggang crepes di wajan anti lengket, jika anda tidak punya wajan kwalik untuk memanggang crepes, anda cukup memakai teflon biasa yang anti lengket. Caranya ambil crepes secukupnya, dan panggang dalam api kecil, agar ketebalan merata anda bisa memutar mutar wajan selama memanggang supaya rata adonan crepesnya dan hasilnya merata.
  • Dalam pembuatan crepes manis bisa menggunakan gula pasir atau gula halus, tetapi penggunaan gulanya jangan terlalu banyak, sedikit saja agar tidak gosong.

Untuk pilihan tepung terigu usahakan menggunakan tepung terigu yang berprotein rendah, karena kadar gluten sekitar 6-8 %. Tepung ini rendah sehingga mempunyai daya serap air dan gula yang rendah juga sehingga mempunyai adonan yang tidak lunak/ tidak kenyal, dan cenderung sulit diuleni karena tidak elastis, lengket dan tidak mengembang. Tepung terigu protein rendah ini cocok untuk segala jenis kue kering, pastel, biskuit, gorengan dan beberapa jenis cake yang tidak membutuhkan proses pengembangan seperti lapis legit, chiffon cake, crepes, pancake, kue cubit, waffle dan pie. Kelebihan tepung protein rendah ini adalah tahan lama, karena itu makanan yang menggunakan tepung terigu protein rendah ini tidak mudah berjamur. Merk yang ada di pasaran untuk jenis tepung protein rendah inia adalah tepung kunci biru dan roda biru. Jika tidak ada tepung protein rendah untuk membuat crepes ini , anda bisa mix tepung terigu protein sedang dengan sedikit tepung maizena. Puas ya teman- teman hari ini membahas tentang crepes, tidak ada salahnya dicoba, ikuti step- stepnya. Jangan lupa coba resep kita yang lainnya seperti resep ogura cake . Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*