Thursday , 22 August 2019
Home » Uncategorized » Resep Cumi Goreng Crispy

Resep Cumi Goreng Crispy

Gambar Cumi Goreng Crispy

MasakanKeluarga.com – Seperti jenis protein hewani yang lain yang bergizi tinggi, ada banyak cara menikmati seporsi cumi yang lezat. Hampir setiap daerah bahkan punya beraneka ragam untuk mengolah makanan yang satu ini. Sekarang banyak dijumpai olahan seafood di berbagai daerah, banyak yang menjual seperti di warung kaki lima, restoran atau tempat yang khusus menyajikan makanan seafood, akan tetapi semua tempat bersantap mempunyai citarasa yang berbeda tetapi pasti tidak usah diragukan lagi, rasanya lezat. Untuk mendapatkan citarasa yang enak dan tekstur yang kenyal dari daging tentakel cumi ada tatacara memasak yang harus diperhatikan. Belum lagi untuk menghilangkan aroma amis, dari kantong tinta hitam yang dimiliki. Dan tidak semua orang bisa melakukannya. Untuk harga seporsi cumi goreng crispy rumayan mahal harganya, wah daripada beli masakankeluarga akan membagikan resep cumi goreng crispy untuk anda.

Bahan- bahan :

  1. Cumi 500 gram, bersihkan kulit luar dan isi tubuhnya, cuci bersih dan potong bulat- bulat
  2. Garam secukupnya
  3. Jahe geprek 2 cm
  4. Merica ¼ sendok teh
  5. Bawang putih halus ¼ sendok teh
  6. Rendam cumi dengan bumbu diatas sekitar 15 menit lalu tiriskan

Bahan adonan tepung pencelup :

  1. Tepung terigu protein sedang 100 gram
  2. Bawang putih bubuk ½ sendok teh
  3. Air es 150 ml
  4. Baking powder ½ sendok teh
  5. Garam ½ sendok teh
  6. Merica ¼ sendok teh
  7. Gula pasir ¼ sendok teh
  8. Aduk rata semua bahan pencelup hingga jadi adonan halus kekentalan sedang

Bahan tepung lapisan , ayak bersama :

  1. Tepung terigu protein tinggi 200 gram
  2. Tepung maizena 2 sendok makan
  3. Bawang putih bubuk 1 sendok teh
  4. Kaldu bubuk 1 sendok teh
  5. Garam ¼ sendok teh (sesuai selera)
  6. Merica bubuk ¼ sendok teh
  7. Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

Cara membuat :

  • Pertama celup potongan cumi satu persatu ke dalam adonan pencelup basah, angkat dan gulingkan ke bahan tepung pelapis kering sambil dicubit- cubit hingga keriting.
  • Kedua siapkan wajan panaskan minyak sampai panas, setelah panas segera masukkan cumi, goreng sampai cumi keemasan.
  • Setelah matang angkat dan tiriskan.Sajikan dengan nasi hangat atau boleh dicocol saus sambal.

Ada tips menggoreng cumi crispy ini :

Api waktu menggoreng cumi ini agak besar gak papa, asal jangan kebesaran nanti langsung gosong, jadi kalau api besar cumi yang digoreng luarnya crispy dan kering kulitnya, tetapi dalamnya masih empuk dan tidak alot. Kalau digoreng dengan api kecil atau sedang terlalu lama, hasilnya cumi alot., kalau dimakan kayak makan permen karet hehehe

Tepung terigu untuk pelapis kering gunakan tepung terigu protein tinggi,  itu yang menghasilkan lapisan tepung yang renyah dan crispy banget. Tetapi jika tidak adaboleh pakai tepung terigu protein rendah.

Note :

Untuk resep diatas menggunakan bawang putih bubuk bumbunya, karena lebih praktis dan tidak perlu uleg- uleg bawang, tetapi jika mau boleh menggunakan bawang putih segar yang dihaluskan.

Cumi goreng crispy ini ada manfaatnya lho teman- teman yaitu :

Cumi kaya akan nutrisi , cumi adalah moluska milik keluarga kerang- kerangan , cumi sangat tinggi protein, mineral, dan renadh kalori sehingga menjadikannya makanan yang pnuh gizi.

Cumi rendak kalori , setiap 100 gram cumi hanya memiliki kalori sekitar 75- 85 kkal. Namun cumi akan jadi lebih tinggi kalorijika kamu memasaknya dengan cara digoreng. Jadi , bijaklah dalam memiliki cara memasak cumi.

Cumi menjadi sumber protein yang bagus, protein dalam cumi juga sangatlah tinggi.

Cumi tidak mengandung karbohidrat cumi sangat cocok dikonsumsi sebagai menu diet sebab tidak mengandung karbohidrat di dalamnya.

Cumi mengandung vitamin B6 dan B12, tubuh memerlukan vitamin B6 untuk melindungi kesehatan jantung dari ancaman stroke.

Selain punya manfaat untuk tubuh ternyata mengkonsumsi cumi juga ada bahayanya, apa saja bahayanya :

Mengandung zat merkuri

Kolesterol, dampak kolesterol bisa mengakibatkan diabetes melitus, penyakit jantung koroner, stroke, asam urat, minimnya suplai oksigen, lemak yang menumpuk, dan penyumbatan pembuluh darah.

Menyebabkan alergi, gejalanya seperti pusing, mual, muntah, wajah memerah, kulit terasa panas, kelelahan, dan gatal- gatal pada lidah. Biasanya gejala yang ringan pada tubuh apabila memiliki alergi terhadap cumi- cumi adalah merasakan gatal pada bagian lidah, yang mengalami kontak langsung dengan cumi- cumi. Cumi- cumi kaya akan manfaat, untuk kesehatan juga akan membahayakan tubuh jika dikonsumsi dengan jumlah yang sangat banyak. Maka dari itu, untuk menghindari bahaya yang timbul maka konsumsilah cumi- cumi sesuai dengan kebutuhan sehari- hari.

Lengkap sudah pembahasan kita kali ini ya, semoga selalu menginspirasi ya teman- teman. Jangan lupa coba resep kita yang lainnya seperti resep ca kangkung saus tiram. Selamat Mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*