Friday , 13 December 2019
Home » Uncategorized » Resep Cupcake Coklat

Resep Cupcake Coklat

Gambar cupcake coklat

MasakanKeluarga.com – Siapa sich yang tidak kenal cupcake, cake mungil dalam cup, dihiasi butter cream dan toping warna warni ternyata sudah ada sejak abad ke-19. Cupcake sangat terkenal di Amerika, bahkan tanggal 15 diperingati sebagai hari cupcake nasional. Di Inggris dan Australia kue ini dikenal dengan nama fairy cake karena ukurannya yang mungil. Awal cupcake berkembang di Amerika, ternyata ukuran cupcake tak selamanya mini lho teman- teman, namun karena bahan- bahan yang digunakan di takar dalam ukuran cup ( mangkok ), bukan ditimbang, akhirnya kue ini dijuluki cupcake. Resep cupcake sendiri sudah ada sejak 1828, zaman dahulu cupcake dipanggang menggunakan cangkir teh sebelum menemukan cup pan. Seiring berkembangnya zaman, akhirnya terciptalah cetakan yang terbuat dari kaleng yang dinamakan muffin tins. Resep cupcake juga beragam ya teman- teman, meskipun memakai bahan dasar yang sama seperti tepung terigu, butter, gula dan telur namun sekarang cupcake sudah punya variasi rasa yang cukup banyak. Dan tentu saja supaya lebih menarik cupcake dihiasi dengan berbagai macam topping. Cupcake sekarang sudah mempunyai tempat dimasyarakat Indonesia, ada yang sebagian orang menggunakan cupcake untuk pengganti cake ulang tahun, atau pesta. Untuk kue ulang tahun biasanya cupcake disusun bertingat dengan dekorasi ulang tahun karakter anak- anak. Penasaran pengen mencoba resep cupcake ala masakankeluarga ini dia resepnya.

Bahan- bahan :

  1. Tepung terigu 170 gram
  2. Margarine atau mentega 120 gram
  3. Gula pasir 200 gram
  4. Telur 2 butir
  5. Coklat bubuk 30 gram ( merk sesuai selera )
  6. Baking powder 1 sendok teh
  7. Susu cair coklat 150 ml ( merk sesuai selera )
  8. Butter cream untuk menghias

Cara membuat:

  • Pertama ayak tepung terigu, baking powder, dan coklat bubuk , sisihkan.
  • Kedua mixer margarin dan gula sampai pucat dan mengembang.
  • Ketiga masukkan telur, mixer sampai mengembang.
  • Keempat masukkan campuran tepung, dan susu cair secara bergantian, sambil diaduk rata.
  • Kelima tuangkan adonan ke dalam cup setinggi ¾ cup, taburi dengan choco cips.
  • Keenam masukkan ke dalam oven, yang telah dipanaskan terlebih dahulu selama 10 menit, panggang selama 30 menit dengan suhu 180’c.
  • Terakhir setelah 30 menit tes tusuk, jika sudah tidak menempel di tusukan berarti cupcake sudah matang, jika sudah matang keluarkan dari oven, tunggu dingin dulu baru cupcake bisa dihias dengan butter cream sesuai selera.

Tips supaya tidak gagal membuat cupcake :

  • Hindari mengocok adonan dengan kecepatan yang cukup tinggi, gunakan saja kecepatan rendah supaya adonan tercampur rata, kalau menggunakan kecepatan tinggi adonan cupcake akan terlalu mengembang dan teksturnya akan ringan.
  • Jangan sering buka tutup oven membuka oven karena akan membuat adonan cupcake menjadi bantat, biarkan adonan cupcake mengembang dalam oven beberapa menit, untuk mengetahui matang atau belum bisa diintip di pintu kaca oven.
  • Memperkirakan adonan cupcake, adonan cupcake yang sudah siap tinggal dimasukkan dalam loyang, jangan mengisi loyang atau papercup hingga terlalu penuh, isi ¾ bagian saja agar cupcake mengembang sempurna.
  • Apabila tidak menggunakan paper cup, olesi loyang dengan margarin dahulu supaya cupcake tidak lengket saat sudah matang, dan gampang untuk diangkat.

Mudah bukan membuat cupcake, cupcake sendiri menpunyai variaan rasa yang cukup banyak bisa cupcake coklat, cupcake vanila, cupcake mocca, cupcake red velvet dan juga bisa dihiasi banyak variasi seperti buttercream atau fondant. Bagi yang belum tahu fondant, apa sih fondant? Fondant adalah plastic icing atau disebut pasta gula banyak dijual di toko bahan kue, biasa nya yang dijual berwarna putih lalu apabila mau digunakan berwarna bisa menambahkan pewarna makanan agar lebih colorfull. Fondant ini bentuknya elastis, atau seperti mainan anak- anak malam namanya. Ada juga yang bertanya apa sih perbedaan cupcake dan muffin? Sama- sama berbentuk dalam cup tetapi untuk cupcake cake nya berjenis butter cake atau brownies, untuk cupcake bisa disajikan polosan atau dihias dengan buttercream. Muffin cakenya permukaan tidak rata atau merekah, dan tidak beraturan, cenderung lebih berat rasanya dan mengenyangkan. Tapi cupcake dan muffin sama- sama enak ya teman- teman cuma tekstur kuenya saja yang membedakan. Nah tambah lagi pengetahuan kita soal cupcake, jangan lupa dipraktekkan dirumah untuk camilan anak anda, atau juga bisa untuk bekal ke sekolah. Terima kasih ya sudah setia dengan blog masakankeluraga.com semoga selalu menginspirasi para ibu- ibu muda untuk selalu berkreasi di dapurnya. Coba juga resep kita yang lainnya seperti resep banana cake simple, resep ogura chocolate dan masih banyak lagi yang lainnya. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*