Friday , 20 September 2019
Home » Uncategorized » Resep Dorayaki

Resep Dorayaki

Gambar Dorayaki

MasakanKeluarga.com – Dorayaki siapa yang tidak kenal kue ini. Dorayaki adalah kue khas negara Jepang, kue ini tergolong kue tradisional yang bentuknya bundar sedikit agak tembem, terdiri dari dua lembaran kue yang direkatkan dengan pasta kacang merah. Dorayaki mempunyai arti  yaitu, dora artinya gong dan yaki artinya dimasak dengan panas dan kering. Nama ini diyakini diberikan karena kemiripan bentuknya dengan perkusi piringan logam gong. Dorayaki memiliki tekstur yang lembut mirip dengan kue khas Jepang yang disebut kastela karena adonan mengandung madu. Dorayaki masuk di industri kue di  Tokyo tahun 1914 dan mulai populer di Jepang melalui toko yang bernama Usagia yang terletak di Ueno. Di toko ini ada dua jenis dorayaki yaitu dorayaki pancake dan dorayaki biasa. Bahan yang digunakan untuk membuat pancake dorayaki adalah bahan- bahan khas Jepang seperti mirin ( arak beras yang manis ) sampai dengan kecap sebagai pelengkap. Sedangkan dorayaki biasa sebagai pemanisnya menggunakan gula atau madu dan menggunakan pasta kacang merah yang disebut adzuki. Di Indonesia makanan ini diperkenalkan bersamaan dengan film animasi doraemon. Tokoh doraemon mempunyai kegemaran makan kue dorayaki. Dan semenjak itu kue dorayaki menjadi populer terutama di Indonesia dan banyak orang berlomba- lomba untuk menjualnya, mulai dari homemade sampai dengan outlet besar dorayaki.  Untuk dorayaki di Indonesia sudah banyak dijual di toko kue dengan rasa yang sudah disesuaikan dengan lidah orang Indonesia, dan isiannya sudah divariasi dengan isian coklat dan keju. Dorayaki juga dikenal di Indonesia dengan sebutan Obanyaki.  Sudah tidak sabar ya ingin membuat dorayaki ini, mari kita simak resep dan cara pembuatannya.

Bahan – bahan

Bahan A :

  1. Telur 4 butir
  2. Gula pasir 160 gram
  3. Madu 2 sendok makan ( harus pakai ya jangan di skip )

Bahan B :

  1. Tepung segitiga 260 gram
  2. Soda kue 4 gram ( pastikan yang masih aktif )
  3. Garam halus 4 gram
  4. Vanilla essens/ pasta vanilla ½ sendok teh

Bahan C :

  1. Air putih 100 ml
  2. Filling : selai kacang merah ( bisa diganti selai sesuai selera )

Cara membuat :

  • Pertama mixer bahan A selama 2 sampai 3 menit tidak usah terlalu kental.
  • Kedua masukkan bahan B dan C berselang seling dengan mixer speed terendah kurang lebih 1 menit, matikan mixer.
  • Ketiga lalu diamkan selama 15 menit.
  • Terakhir adonan dorayaki siap dipanggang menggunakan teflon anti lengket, lakukan semuanya sampai adonan dorayaki habis. Setelah dorayaki  matang isi dengan filling sesuai selera lalu tangkupkan, sajikan.

Dorayaki ini cocok untuk sarapan pagi atau bekal anak ke sekolah. Dorayaki juga disebut pancake khas Jepang seiring perkembangan zaman isian dorayaki tidak hanya menggunakan selai kacang merah, bisa menggunakan selai coklat, pasta green tea, atau campuran selai kacang merah dengan cincangan kacang atau mochi. Dorayaki ala barat bahkan diisi dengan pasta kacang merah dicampur whipped cream. Sekedar pengetahuan aja ya teman- teman ada kue di Jepang yang mirip dorayaki yang disebut imagawayaki panganan ini juga berisi dengan pasta kacang merah, bedanya adonan ini lebih tebal dan tidak berbentuk lembaran, isian kue ini juga mengalami penyesuaian ada yang memasukkan custard vanilla, custard buah- buahan, dan bahkan makanan gurih seperti mayonise dan kentang. Resep dorayaki wajib anda coba ya teman- teman, rasanya enak, buatnya juga mudah silahkan dimodifikasi sesuai dengan selera. Tingginya permintaan akan kue dorayaki juga membuka peluang usaha lho teman- teman, memang bisnis makanan Jepang tidak ada matinya dan selalu menjadi favorit di semua kalangan. Siapa tahu resep dari masakankeluarga bisa menginspirasi untuk anda berbisnis dan menjadi peluang usaha untuk anda. Jangan lupa coba resep kita yang lainnya seperti resep brownies coklat kukus, resep blackforest roll, resep cupcake coklat dan masih banyak resep yang lainnya yang wajib anda coba dirumah. Selamat Mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*