Wednesday , 26 June 2019
Home » Uncategorized » Resep Empal Gentong khas Cirebon

Resep Empal Gentong khas Cirebon

Gambar Empal Gentong khas Cirebon

MasakanKeluarga.com – Empal siapa yang tidak tahu makanan ini, berasal dari daging sapi yang diiris tipis- tipis dan dibumbui lalu digoreng. Ternyata ada empal yang beda dari yang lainnya yaitu empal gentong yang berasal dari Cirebon. Empal gentong ini makanan khas  masyarakat cirebon, makanan ini mirip dengan gulai dan dimasak menggunakan kayu bakar dimasak di dalam gentong ( periuk dari tanah liat ). Daging yang digunakan adalah usus, babat dan daging sapi. Selain menggunakan kayu bakar dan gentong, makanan ini disajikan menggunakan kucai dan sambal berupa cabai kering giling.  Empal gentong dapat disajikan dengan nasi atau juga lontong. Lontong menurut orang Cirebon hanyalah beras yang dimasukkan kedalam daun pisang yang sudah dibentuk silinder, tidak ada campuran lainnya, kemudian direbus selama 4 jam. Di kota Kesultanan ini empal gentong banyak dicari wisatawan, tetapi banyak warung- warung atau restoran yang menyediakan makanan khas Cirebon ini.  Soal rasa empal gentong ini mempunyai citarasa yang segar dan gurih karena kuah santan dan perasan jeruk nipis. Empal gentong ternyata punya perjalanan yang cukup panjang tidak hanya namanya saja yang unik tetapi rasanya yang lezat dan patut anda coba. Empal gentong ternyata bukan makanan murni khas kota Cirebon, tetapi dari Timur Tengah yang sudah ada di Cirebon sejak abad 18- 19. Kota Cirebon sendiri ada bermacam- macam suku, seperti suku jawa, suku sunda, suku india, suku arab dan suku cina. Makanan ini dibawa dari Timur tengah ke kota Cirebon oleh sultan- sultan pada masa lalu dan dilestarikan oleh orang- orang Cirebon sendiri. Kenapa dinamakan empal gentong karena zaman dahulu belum ada panci dan dimasak menggunakan gentong atau periuk dari tanah liat, dengan bara api dari kayu bakar karena pada zaman dahulu belum ada kompor. Cara membuatnya juga mudah, bahan- bahan juga mudah ditemui di pasar tradisional, mari kita catat resepnya.

Bahan- bahan :

  1. Daging sandung lamur 250 gram, potong kotak
  2. Jerohan sapi iso, limpa, babat, hati (sesuai selera saja) 250 gram rebus sampai empuk, iris
  3. Kayu manis 1 cm
  4. Cengkih 2 butir
  5. Kapulaga 2 butir
  6. Serai 2 batang
  7. Daun salam 2 lembar
  8. Daun jeruk 3 lembar
  9. Air 750 ml
  10. Santan 500 ml
  11. Minyak goreng 2 sendok makan untuk menumis
  12. Kucai 3 tangkai, iris halus
  13. Bawang merah secukupnya untuk taburan
  14. Gula pasir 1 sendok teh
  15. Kaldu bubuk rasa sapi 1 sendok teh
  16. Garam secukupnya

Bumbu halus :

  1. Bawang putih 2 siung
  2. Bawang merah 6 butir
  3. Kunyit 2 cm, bakar
  4. Lengkuas 1 cm
  5. Jahe 1 cm
  6. Ketumbar 1 sendok teh
  7. Jintan ¼ sendok teh

Cara membuat :

  • Pertama siapkan panci panaskan minyak untuk menumis, tumis bumbu halus hingga harum, tambahkan kayu manis, cengkih, kapulaga, serai, daun salam, dan daun jeruk, tumis hingga harum.
  • Kedua masukkan daging aduk rata, hingga daging berubah warna, lalu masukkan air dan semua bumbu lain, lalu rebus dengan api kecil, hingga daging matang, empuk dan bumbunya meresap sempurna.
  • Ketiga masukkan santan dan jerohan yang sebelumnya sudah direbus sampai empuk. Masak lagi hingga bumbu meresap, koreksi rasa.
  • Terakhir sajikan hangat dengan lontong atau nasi dan taburan bawang merah goreng dan kucai, serta sambal dan kecap jika suka.

Tips : kalau di Cirebon aslinya tidak pakai sambal, tetapi pakainya cabai kering.

Nyesel lho teman- teman kalau tidak mencoba resep empal gentong khas cirebon ini, rasanya enak segar. Rasanya hampir seperti gulai atau soto daging bersantan pokoknya lezat deh.

Kalau anda sedang travelling atau jalan- jalan ke cirebon ada 3 tempat legendaris yang menyediakan empal gentong yaitu :

  • Empal gentong Ibu Dharma
  • Empal gentong Amarta
  • Empal gentong Apud

Untuk harganya juga tidak terlalu mahal sekitar 27rb saja per porsi, sepadan dengan rasanya yang lezat. Untuk yang belum bisa jalan- jalan ke Cirebon tidak usah kuatir yang penasaran rasanya bisa mencoba resep empal gentong khas cirebon ya teman- teman. Ada juga makanan  lainnya khas cirebon seperti tahu gejrot, empal asam, nasi lengko, mie koclok, docang dan lain- lainnya. Jangan lupa juga coba resep yang lainnya seperti resep bubur khas manado, resep cumi saus padang, resep coto makassar yang tidak kalah enak dengan resep empal gentong khas cirebon ini. Semoga masakankeluarga.com selalu memberikan inspirasi untuk menyajikan resep- resep masakan khas Indonesia, selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*