Friday , 20 September 2019
Home » Uncategorized » Resep Garang Asem Ayam Sari Rasa Kudus

Resep Garang Asem Ayam Sari Rasa Kudus

Gambar Garang Asem Ayam Sari Rasa Kudus

MasakanKeluarga.com – Garang asem makanan asli Jawa Tengah ini sudah tidak asing lagi di dunia kuliner tanah air. Garang asem adalah masakan olahan ayam yang dimasak menggunakan daun pisang dan didominasi rasa asam dan pedas. Garang asem berasal dari Grobogan namun kini garang asem populer di kudus, bahkan kini garang asem ada di beberapa kota di provinsi Jawa Tengah yang memiliki makanan tradisional ini. Antara lain Semarang, Demak, Kudus, Pati dan Pekalongan. Garang asem biasa disajikan bersama lauk pendamping nasi, ditambah dengan tusukan ayam asam manis, tempe goreng dan perkedel. Hampir setiap warung makan di Jawa Tengah pasti menyediakan menu kuliner ini. Apabila anda jalan- jalan ke kota Kudus cobalah mampir ke warung makan sari rasa. Disana sudah tersedia menu garang asem yang segar dan nikmat. Untuk harga juga tidak mahal hanya 20 rb per porsi untuk bisa menikmati garang aem yang nikmat ini. Nama garang asem sendiri sebenarnya merujuk pada cara memasak dan rasa pada masakan tersebut. Garang asem dimasak dengan cara dipanaskan atau bahasa jawa disebut dengan digarang. Karena masakan ini memiliki rasa segar dan sedikit asam, maka dinamakan garang asem (asam). Dibungkus dan dimasak dalam daun pisang pisang, aroma dari kuliner satu ini ketika tercium sangatlah harum sekali. Setiap daerah di jawa tengah memiliki ciri khas masing- masing, sebagai contoh garang asem Pekalongan tidak dibungkus dengan menggunakan daun pisang, tetapi penyajiannya langsung dengan piring atau mangkuk beserta dengan kuahnya. Beda daerah juga beda juga proses pembuatannya, seperti contoh resep garang asem ayam  khas Kudus biasanya menggunakan bumbu dan rempah yang diiris- iris tipis dan tidak dihaluskan. Mari kita simak resep garang asem ayam khas Kudus ini ya teman- teman.

Bahan- bahan :

  1. Ayam kampung 1 ekor yang telah dibersihkan dan dipotong menjadi 15- 20 bagian
  2. Santan kental sebanyak 20 ml
  3. Air matang 1 liter

Bumbu irisan :

  1. Cabai rawit merah 20 buah
  2. Bawang merah 10 butir
  3. Bawang putih 8 siung cincang halus
  4. Serai 3 batang , cukup diambil putihnya saja
  5. Bonggol lengkuas muda 1 saja diiris tipis
  6. Rimpang jahe 2 ruas jari diiris tipis

Bumbu dan bahan lainnya :

  1. Daun salam 10 lembar
  2. Daun jeruk purut 10 lembar
  3. Belimbing wuluh 20 buah potong
  4. Tomat merah 3 buah diiris tipis
  5. Gula pasir 1 ½ sendok makan
  6. Kaldu instan 2 sendok teh
  7. Garam 2 sendok teh
  8. Daun pisang secukupnya saja, usahakan yang bersih dan lebar
  9. Tusuk lidi untuk menyemat daun pisang secukupnya saja
  10. Minyak goreng untuk menumis secukupnya

Cara membuat garang asem :

  • Langkah pertama siapkan sebuah wajan, lalu masukkan minyak goreng sebanyak 3 sendok makan dan panaskan. Setelah panas tumislah bumbu/ bahan yang telah diiris tipis sampai layu. Jika sudah harum, masukkan daging ayam kampung tadi, lalu masak sampai bumbu meresap sempurna dan daging ayam berubah warna.
  • Langkah kedua selanjutnya tuangkan 500 ml air matang ke dalam panci dan masukkan juga bumbu tumisan sekaligus daging ayamnya. Masaklah sampai air tersebut habis atau menyusut. Setelah itu masukkan 500 ml air lagi, lalu masak sampai air habis atau meresap.
  • Langkah ketiga pastikan pula daging ayam tadi sudah benar- benar empuk. Selanjutnya tuang santan kental ke dalam masakan tersebut, tambahkan gula , kaldu instan dan garam. Masaklah sampai semua bahan meresap sempurna.
  • Langkah keempat siapkan daun pisang yang tebal dan lebar, ini bertujuan agar daun pisang tidak mudah sobek pada saat dibungkus dan dikukus. Layukan daun pisang tersebut menggunakan uap panas. Lalu letakkan daun salam dan daun jeruk di dasar atau pangkal daun pisang tadi.
  • Terakhir masukkan pula potongan tomat, daging ayam , kaldu dan bahan lainnya. Kemudian sematkan lidi pada bagian ujung agar tidak mudah sobek. Lalu siapkan kukusan, lalu kukus garang asem tersebut selama kurang lebih 20 menit. Setelah matang , sajikan garang asem yang lezat ini bersama nasi hangat.

Garang asem akan nikmat bila disajikan ketika masih hangat, terutama ketika diambil dari kukusan. Aroma daun pisang dan kuah yang segar dari garang asem, akan membuat selera makan kita menjadi meningkat. Tips mencegah agar daun pisang tidak bocor lapisi dua daun pisang agar lebih tebal, atau anda juga bisa melapisi daun pisang dengan plastik di dalamnya. Jika merasa sulit anda bisa langsung menyajikan ke dalam piring secara langsung tanpa harus membungkus daun pisang. Garang asem ini juga menjadi favorit mantan presiden RI Bapak Susilo Bambang Yudhoyono. Sekian ya teman- teman resep garang asem ayam sari rasa Kudus, semoga bisa menambah wawasan kuliner tanah air. Coba juga resep kita yang lainnya seperti resep gado-gado, selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*