Friday , 13 December 2019
Home » Uncategorized » Resep Gudeg Kering Yogya Legit

Resep Gudeg Kering Yogya Legit

MasakanKeluarga.com – Gudeg telah dikenal oleh masyarakat Indonesia khususnya sebagai makanan tradisional kota Yogyakarta. Popularitas gudeg juga membuat kota Yogyakarta dikenal dengan sebutan kota gudeg. Gudeg adalah makanan tradisional yang terbuat dari nangka muda yang direbus selama beberapa jam dengan gula kelapa dan santan. Dan dilengkapi dengan berbagai macam bumbu tambahan membuat gudeg menjadi terasa manis dilidah dan memiliki rasa yang khas dan enak sesuai dengan selera masyarakat Jawa pada umumnya. Untuk penyajiannya gudeg biasa disajikan dengan nasi putih, ayam, telur rebus, tahu dan tempe atau rebusan terbuat dari kulit sapi segar atau lebih dikenal dengan nama sambel goreng krecek.

Gambar Gudeg Kering Yogya Legit

Ada beberapa jenis gudeg yang dikenal saat ini yaitu jenis gudeg basah dan gudeg kering. Gudeg kering hanya memiliki sedikit santan, sedangkan gudeg basah mencakup lebih banyak susu kelapa atau santan. Jenis-jenis gudeg tersebut juga mempengaruhi rasa yang dimiliki oleh gudeg. Meskipun biasanya manis, gudeg kadang juga memiliki rasa yang pedas seperti yang terdapat pada wilayah Jawa Timur. Awalnya gudeg yang dikenal masyarakat Yogyakarta pada zaman dahulu adalah gudeg basah. Seiring perkembangan zaman, kebutuhan gudeg untuk oleh-oleh yang semakin berkembang juga seirama dengan munculnya gudeg kering.

Gudeg kering baru ditemukan sekitar enam dasawarsa yang lalu. Sifatnya yang kering membuat gudeg tersebut tahan lama dan sering dimanfaatkan sebagai oleh-oleh yang tentu saja berdampak dengan munculnya industri rumahan yang menyajikan oleh- oleh gudeg khas kota Yogyakarta. Keunikan yang lain adalah kemasan gudeg, apabila anda belanja gudeg untuk oleh-oleh tidak jarang gudeg dikemas dengan menggunakan besek.

Besek adalah bungkus dari anyaman bambu yang dibentuk sedemikian rupa, berbentuk segi empat dan dapat digunakan sebagai tempat makanan. Selain besek gudeg juga ditempatkan pada kendil dari tanah liat. Untuk resep gudeg kering yogya legit bisa kita catat resepnya ya teman-teman.

Bahan-bahan:

Nangka muda 1 kg potong kecil-kecil

Bumbu-bumbu halus:

  1. Bawang merah 50 gram.
  2. Bawang putih 4 siung.
  3. Kemiri 8 butir.
  4. Ketumbar 1 sendok teh.
  5. Daun salam 6 lembar.
  6. Lengkuas 3 cm.
  7. Serai 3 batang memarkan.
  8. Daun jeruk purut 3 lembar sobek-sobek.
  9. Garam secukupnya.
  10. Gula merah 150 gram.
  11. Daun jati 1-2 lembar (optional).
  12. Santan dari 1 butir kelapa.

Cara membuat:

  • Pertama, haluskan bumbu sampai halus, cara menghaluskannya haluskan dulu ketumbar, dikasih sedikit garam, setelah halus masukkan bawang putih, haluskan lagi , lalu masukkan kemiri, setalah halus semua baru masukkan bawang merah dan haluskan juga.
  • Kedua, siapkan kuali dari tanah liat atau panci biasa juga boleh, letakkan daun salam, lengkuas, serai dan daun jeruk purut di dasar panci atau kuali, taruh juga garam secukupnya dan gula merah.
  • Ketiga, masukkan juga bumbu hakus di dasar panci atau kuali untuk yang senang warna merah kayak yang beli bisa ditambah 1 atau 2 lembar daun jati, tapi tidak pakai daun jati tidak apa- apa.
  • Keempat, masukkan nangka mudanya dan tambahkan santan dari 1 butir kelapa sampai setinggi nangka mudanya ya. Tutup rapat lalu masak dengan slow cooking  dengan api kecil lalu ditinggal saja  kira- kira 4 sampai 5 jam. Tetapi jangan lupa setiap 1 jam ditengok dan diaduk serta dicicipi rasanya.
  • Terakhir, setelah 4 sampai 5 jam dan kering gudegnya dan sudah tidak ada kuahnya  lagi, apabila ada yang lebih suka gudeg masih ada kuahnya tinggal kurangi saja waktu memasaknya. Untuk warna sudah pas ya teman- teman matang pucat tetapi rasanya legit, tetapi nanti satu atau dua hari bakalan coklat warnanya selama proses penghangatan. Sajikan dengan pelengkapnya yaitu sambal goreng krecek, besengek ayam , telur pindang atau opor ayam putih.

Mudah bukan membuat gudeg kering yogya legit, untuk membuatnya memang butuh kesabaran yang ekstra ya teman- teman. Gudeg kering ini bisa agak tahan lama jadi bisa dipanaskan untuk lauk besoknya. Untuk gudeg sendiri ternyata sudah ada pada zaman Sultan Agung walaupun masih simpang siur tentang kebenarannya. Gudeg sendiri dapat dsimpulkan bahwa gudeg adalah makanan zaman dulu karena bahan bakunya yaitu nangka muda yang mudah ditemukan di pekarangan sekitar rumah warga.

Nangka tersebut kemudian diolah dan dikembangkan sehingga menjadi gudeg makanan khas masyarakat Yogyakarta sampai saat ini. Komplit sudah pembahasan kita kali ini tentang resep gudeg kering Yogya legit , jangan lupa buka resep kita yang lainnya yang tidak kalah enaknya seperti resep gulai ayam jawa. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*