Thursday , 27 June 2019
Home » Uncategorized » Resep Kebab Turki

Resep Kebab Turki

Gambar Kebab Turki

MasakanKeluarga.com – Kebab adalah sebutan untuk berbagai hidangan daging bakar atau panggang yang ditusuk menggunakan tusukan atau batang besi. Hidangan ini umum dijumpai dalam masakan Laut Tengah, masakan kaukasus, masakan Asia Tengah, masakan Asia Selatan, dan masakan di beberapa negara Afrika. Daging yang umum digunakan untuk kebab adalah daging domba dan daging sapi atau kadang- kadang daging kambing, daging ayam, ikan, atau kerang dan babi. Kebab sendiri makanan yang terbuat dari daging sapi yang digiling kasar, lantas diolah dengan bumbu- bumbu khusus. Diproses melalui tiga tahapan yaitu pencampuran bumbu, pencetakan, dan pemasakan. Menjelang disajikan, daging kebab dengan ketebalan kurang lebih 1 cm dipotong memanjang ukuran 3×17 cm, lantas dipanggang pada wajan anti lengket. Disajikan dengan tortila, roti khas Meksiko, dicampur dengan sayuran dan aneka saus pilihan, lantas digulung dan dipanggang kembali. Makanan khas Timur Tengah ini , menurut sejarahnya berasal dari Turki. Namun ada juga yang mengatakan dari Arab yang dikenal dengan Kabbeh. Makanan khas ini mulai meluas ketika para pedagang Turki mengadakan kontak dengan masyarakat kota Berlin, Jerman sekitar abad ke -18. Aslinya daging kebab dipanggang, disajikan dengan roti pita, paprika dan saus. Dalam perkembangannya mengalami penyesuaian dan pencampuran dengan kebiasaan masyarakat Jerman. Dimana kebab disajikan dengan aneka roti dan salad. Pola pemanggangan daging kebab pun mulai berkembang dari tradisional ke modern menggunakan pemanggangan elektrik maupun gas.  Di Jerman sendiri ternyata kebab mampu menyaingi hamburger yang sudah lama mereka kenal. Kebab turki juga bisa anda buat sendiri dirumah, berikut resepnya.

Bahan – bahan :

Kulit tortila

  1. Tepung terigu 2 gelas belimbing
  2. Garam halus ½  sendok teh
  3. Baking powder ½ sendok teh
  4. Gula halus ½ sendok makan
  5. Minyak goreng 50 ml
  6. Air hangat 100 ml (secukupnya)

Isi kebab

  1. Daging sapi 300 gram yang sudah dicincang
  2. Bawang putih 3 siung cincang
  3. Bawang bombay 1 buah besar cincang
  4. Garam secukupnya
  5. Lada bubuk 1 sendok teh
  6. Cabai bubuk 1 sendok teh
  7. Kecap manis secukupnya

Topping

  1. Mentimun 1 buah potong dadu kecil
  2. Tomat 1 buah potong dadu kecil
  3. Daun selada 7 lembar
  4. Saus tomat dan mayonise secukupnya

Cara membuat :

  • Tortilla : campur semua bahan tortilla dalam satu wadah kecuali air. Tuangkan 50 ml air hangat, uleni sambil ditambah air lagi secukupnya hingga kalis. Istirahatkan 30 menit. Bagi menjadi 7 bagian. Pipihkan masing- masing menggunakan rolling pin atau botol kaca. Hingga cukup lebar dan tipis (seperti kulit lumpia).
  • Selanjutnya panaskan teflon dengan api sedang, panggang 1 lembar kulit tortilla hingga timbul gelembung, segera balik. Panggang hingga kedua sisi tampak sedikit kecoklatan. Ingat jangan terlalu lama saat memanggang, karena kulit akan menjadi kaku, keras dan pecah saat dilipat.
  • Isian kebab : siapkan wajan, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum. Masukkan daging cincang. Tutup 5 menit, gunakan api sedang. Tambahkan lada dan garam. Tutup lagi hingga air menyusut habis. Tambahkan bubuk cabai dan kecap. Aduk rata, koreksi rasa dan biarkan kecap meresap, lalu angkat dan sisihkan.
  • Langkah selanjutnya ambil selembar kulit tortilla, tata diatasnya selembar selada dan isian secukupnya, mentimun juga tomat. Tambahkan saus dan mayonise, lipat serapat mungkin, tusuk dengan tusuk gigi pada ujung lipatan biar rapi.
  • Lakukan hingga selesai, lalu hidangkan keab turki ini, rasanya nikmat sekali.

 

Kebab di Indonesia sudah dimodifikasi dengan standar lidahnya orang Indonesia, banyak yang bilang ternyata kebab Indonesia lebih enak daripada kebab di Turki, karena bumbuya dan rempahnya lebih terasa. Indonesia sendiri sebagai penghasil rempah- rempah (unutk inilah dulu Indonesia dijajah Belanda dan Portugis), karena Indonesia memiliki bumbu terlengkap di dunia. Semua bumbu racikan masakan Indonesia menjadikan masakan lezat dan nikmat, contohnya kebab khas Indonesia ini. Bumbu – bumbu ini tidak ada di negara- negara Barat, termasuk Turki. Sehingga kalau kebab dibuat oleh orang Indonesia, makanya bumbunya jauh lebih sedap dan citarasanya lebih nikmat. Fakta menarik lagi ternyata kebab di Turki tidak menggunakan saus, mengingat kebab Turki tidak memakai saus tomat dan saus sambal, bagi yang sudah biasa menyantap kebab dengan saus akan menjadi aneh rasanya. Untuk rasa pedas di Turki tidak memakai cabai tetapi memakai paprika dan lada. Bukan karna orang Turki tidak menyukai pedas, tetapi karena tidak ada tanaman cabai disana. Berbahagialah ya bagi kita tinggal di Indonesia, bumbu rempahnya komplit dan masakannya lezat- lezat. Demikian pembahasan kita soal kebab, semoga menginspirasi. Selamat Mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*