Thursday , 14 November 2019
Home » Uncategorized » Resep Omelet Betawi Legendaris

Resep Omelet Betawi Legendaris

Gambar Omelet Betawi legendaris

MasakanKeluarga.com – Penasaran apa yang apa itu omelet Betawi, yaitu kerak telor. Kenapa kerak telor disebut omelet Betawi atau Batavia ya karena bentuknya seperti omelet. Bahan yan dipakai adalah telur 2 butir bisa telur ayam atau telur bebek. Supaya rasanya makin nikmat, kerak telor juga diberi campuran rempah – rempah sebagai penyedap. Kerak telor dimasak menggunakan wajan, saat kerak telor sudah setengah matang, kerak telor pun dibalik dan dibiarkan terkena bara api sambil dikipasi. Ketika agak kering dan matang, barulah kerak telor disajikan dengan serundeng yang berasal dari kelapa parut dan juga bawang goreng. Kerak telor ternyata sudah ada pada jaman penjajahan Belanda, kerak telor tercipta tidak sengaja oleh sekawanan orang Betawi yang tinggal di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Jakarta yang dulu terkenal bernama Batavia, memiliki banyak pohon kelapa, sehingga para warga memanfaatkan buah kelapa untuk memasak beragam makanan, salah satunya kerak telor. Sekitar tahun 70 an warga Betawi mulai berani menjajakan kerak telor di kawasan tugu Monas. Makanan ini banyak daya tarik dan banyak wisatawan yang datang ke Jakarta. Bahkan, kerak telor menjadi makanan kaum elite. Untuk mendapatkan kerak telor ternyata gampang- gampang susah, soalnya kerak telor hanya muncul setahun sekali, yaitu di bulan juni dan juli dalam rangka merayakan ulang tahun Jakarta. Penasaran dengan rasanya, mungkin anda yang ingin membuat sendiri kerak telor ini bisa disimak resepnya.

Bahan – bahan :

  1. Beras ketan 250 gram
  2. Telur ayam 8 butir bisa ayam atau bebek

 

Bumbu halus :

  1. Kelapa 1 butir diparut , sangrai hingga kering
  2. Kencur 4 cm, sangrai
  3. Jahe 3 cm, sangrai
  4. Merica 1 sendok teh
  5. Cabai merah 4 buah
  6. Garam ½ sendok teh
  7. Gula 4 sendok makan

Taburan :

  • Ebi 50 gram rendam, sangrai dan tumbuk
  • Bawang goreng 5 atau 6 sendok makan
  • Campur ebi dan bawang goreng menjadi satu

Cara membuat :

  • Pertama cuci bersih beras ketan, lalu rendam dalam air sekitar 2 jam atau semalaman juga boleh, agar beras ketan cepat matang saat dimasak. Biarkan beras ketan tetap terendam air.
  • Kedua taruh wajan bertangkai diatas api , tunggu sampai wajan panas. Tiriskan 2 sendok makan ketan, masukkan kedalam wajan panas bersama sedikit air perendamnya. Tekan – tekan dan ratakan sampai ketan melekat pada wajan dan membentuk lingkaran bergris tengah 12 cm, tutup wajan dan diamkan diatas api sedang sampai ketan agak mengering.
  • Ketiga tambahkan 1 sendok makan bumbu halus dan 1 sendok makan taburan, pecah 1 telur butir diatasnya. Aduk hingga bahan tercampur dengan telur dan ketan. Ratakan, lalu tutup lagi wajan dan biarkan hingga matang.
  • Keempat buka tutup wajan, balikkan wajan sehingga permukaan kerak ada diatas api langsung.  Diamkan beberapa menit sampai seluruh bahan cukup matang dan berwarna kecoklatan. Balikkan lagi wajan diatas api.
  • Terakhir lepaskan kerak telur dengan menggunakan sodet. Taburi permukaan kerak dengan bumbu halus, dan bahan taburan hingga merata, lalu pindahkan ke atas piring atau daun pisang, biar lebih sedap dinikmati, sajikan hangat.

Persiapan membuat kerak telor ada juga yang menggunakan metode beras ketannya direndam dulu semalaman, agar saat tahap awal membuat beras ketannya bisa lunak tanpa dimasak. Kalau tidak direndam dahulu beras ketan yang dimasak sebentar akan membuat seperti nasi belum matang. Disarankan menggunakan wajan bertangkai seperti abang-abang penjual kerak telor, biar hasilnya cantik. Betawi memang daerah yang mempunyai kuliner yang unik, dan rasanya juga enak selain kerak telor ada juga nasi uduk betawi, semur jengkol, soto betawi, asinan betawi, karedok, roti buaya, kue cucur, gado – gado betawi, dodol betawi, putu mayang, kue ranggi, kue talam dan masih banyak lagi. Bila anda berencana untuk mlancong ke Jakarta jangan lupa mencoba kuliner kerak telor ini, untuk kerak telor yang terkenal di Jakarta adalah kerak telor pak Yusuf , beliau sudah berjualan kerak telor sejak tahun 1978 berkat dialah kerak telor menjadi populer sekarang ini dan menjadi kuliner khas Betawi. Keren ya artikel kali ini, dimana lagi anda bisa menemukan artikel yang mengupas tuntas soal kuliner dan sejarahnya. Semoga menginspirasi ya teman- teman, jangan lupa coba juga resep yang lainnya seperti resep Iga bakar Madu. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*